Jakarta Hidden Tour Dan Urbandung Legend - Pariwisata Unik

Kenapa saya bilang karena obyek yang dijadikan pariwisata adalah sesuatu yang unik. Ok, mari kita bahas lebih lanjut.

1. Jakarta Hidden Tour
Alamat blog realjakarta.blogspot.com
Pemrakarsa Rony Poluan


Skip the usual attractions, and embark on a fact findings tour of the
kampungs to discover the real Jakarta.

the journey
in this experience, you are not a tourist, because
you are participants of interkultur development project
entittled

'hidden jakarta tour'
Kalimat di atas saya copy dari blognya langsung. Yang disebut-sebut wisata ini mengeksploitasi kemiskinan di Jakarta. Saya bilang itu omongan orang iri dan tidak senang saja, dan pastilah yang bicara seperti itu tidak pernah ikut tour hidden jakarta secara langsung tapi hanya mendengar dan melihat dari luarnya saja. Toh masyarakat yang berinteraksi langsung dengan wisata ini tidak merasa keberatan dan malah merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut. Jakarta Hidden Tour sudah diadakan sejak tahun 2007. Ada 5 daerah tour yang dijadikan wisata yaitu Luar Batang, Gembrong Gaplok, Ciliwung, Tanah Abang, dan daerah Papango serta Bantar Gebang.

Peminatnya kebanyakan adalah wisatawan asing yang ingin mengetahui tentang kehidupan yang sebenarnya di Jakarta. Dan pasti blusukan kampung-kampung, naik angkot mikrolet, panas-panas, dll. Jakarta sebagai ibukota negara tidak identik dengan kemegahan kota metropolitan yang indah-indah saja. Tapi ada dimana sudut masyarakat kampung yang terpinggirkan yang menjadi tour, dimana segmennya adalah wisatawan asing dimana mereka bertemu dengan budaya yang berbeda dan mereka dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat di tempat tersebut. Mungkin di daerah asal mereka pasti ada kemiskinan tapi beda dengan kemiskinan di Indonesia, dimana di dalamnya ada pengalaman lebih yang bisa digali. Kalau pemerintah merasa tercoreng mukanya karena daerah kemiskinan dijadikan salah satu daerah tour, tanya aja kenapa ? Apakah mereka malu dengan kemiskinan Jakarta ?

Lebih lanjut bisa langsung ke blognya.

2. Urbandung Legend
Alamat Blog bandungtrails.blog.com
Pemrakarsa Teguh Amor Patria

Gedung SMA 5 Bandung, konon ada hantu Nancy noni Belanda

Bagi Anda yang mungkin bosan dengan wisata yang bersifat konvensional, mungkin bisa mencoba wisata yang satu ini. Wisata tempat historic/legenda pada malam hari.
Wisata ini memang unik, berbeda dengan wisata biasanya yang menyajikan pemandangan indah, pantai ataupun pegunungan. Hanya saja, wisata ini mirip -dengan wisata tempat-tempat bersejarah, bedanya wisata ini menitikberatkan kepada tempat bersejarah yang memiliki cerita-cerita mistik. Di luar negeri biasa disebut spooky tour dan haunted walks.

Sebut saja seperti Lawang Sewu, di Semarang ataupun hantu ‘Nancy’ di SMA 5, Bandung Jawa Barat. Wisata ini mereka namakan Urbandung Legend.

"Urbandung Legend sudah dimulai sejak April 2008. Konsepnya, mengangkat tema atau gosip tempat mistik yang jadi perbincangan masyarakat luas. Jadi kita datangi tempat yang konon memiliki cerita mistis atau angker,” ujar Pendiri Komunitas Bandung Trails, Teguh Amor Patria, saat dihubungi okezone, belum lama ini.

Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar pada wisata ini karena di berbagai daerah banyak tempat yang mempunyai cerita legenda atau asal-usul yang juga mempunyai mistik. Tetapi inti dari wisata Urbandung Legend adalah mengetahui dan mengenal tempat-tempat bersejarah di Bandung.

Anda tertarik ?

Baca Artikel Terkait

Comments

2 Responses to "Jakarta Hidden Tour Dan Urbandung Legend - Pariwisata Unik"

ronny mengatakan... 3 Februari 2012 pukul 05.42

menarik tulisannya singkat dan informatip

bayu mengatakan... 21 Februari 2012 pukul 04.30

Terimakasih sudah berkunjung pak, nanti kalau saya mau ikut jangan lupa diberi diskon ya pak (ngarep), hehehe ...

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit