Isi Bensin Mobil Dibatasi 2,7 Liter, dan Motor 0,7 Liter? Pemerintah Try And Error, Rakyat Jadi Korban

 

Isi Bensin Mobil Dibatasi 2,7 Liter, dan Motor 0,7 Liter?

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo harus siap dikeroyok pengguna sepeda motor dan mobil, jika membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi hanya 0,7 liter dan mobil 2,7 hingga 3 liter/hari. Silakan saja dibatasi. Harus siap dikeroyok pengguna sepeda motor dan mobil,” kata pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, Jumat (10/5).

Dengan dibatasi pembelian BBM subsidi bakal banyak kendaraan yang mogok di jalan. Sehingga Wamen ESDM harus banyak menyediakan mobil derek, karena banyak mobil yang mogok di belantara lalu lintas Jakarta yang kian semrawut dan macet. Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengungkapkan pembelian BBM subsidi akan dibatasi, ketika semua kendaraan sudah dipasang radio frequency identification (RFID). Berdasarkan kebutuhan itu, ia mengemukakan sepeda motor kira-kira 0,7 liter/hari atau satu 4,9 liter maksimal satu minggu.

Untuk konsumsi kendaraan roda empat (mobil) angkutan sekitar 2,7 liter hingga 3 liter/hari. “Jadi kalau dikalikan seminggu (antara 18,9 liter sampai 21 liter),” ucapnya. Pembatasan ini agar tidak ada BBM subsidi yang disalahgunakan. (setiawan/d)

Sumber : Pos Kota News

Pembatasan BBM, DPR Tak Tahu Rencana Gunakan RFID

TEMPO.CO, Jakarta - Anggota Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat, Ismayatun, menyatakan belum mengetahui rencana pemerintah untuk memasang 'radio frequency identification" (RFID) pada kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi. "Kami di DPR belum tahu rencana itu, makanya saya belum bisa katakan dari mana pendanaannya," ucapnya saat dihubungi Tempo, Minggu, 7 April 2013.

Ia menjelaskan, yang diketahui Komisi Energi sejauh ini adalah kuota bahan bakar minyak (BBM). Meski demikian, Ismayatung mengatakan RFID bukan lah hal baru. Pemerintah sebelumnya pernah melaksanakan uji coba pemasangan RFID untuk angkutan umum di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

"Untuk pembatasan per 30 liter bensin," kata Ismayatun. Ia pun tidak mengetahui kelanjutan program tersebut. Mengenai sumber pendanaan RFID, ia menuturkan, kemungkinan diajukan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013.

Pertamina meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menerbitkan payung hukum untuk mengatur pemasangan radio frequency identification (RFID) di kendaraan pribadi. Namun Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Umi Asngadah mengatakan pengaturan ini adalah kewenangan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

"IT (teknologi informasi) kan tujuannya untuk pengaturan, mana yang berhak, mana yang tidak berhak. Harusnya BPH Migas, dalam melaksanakan Peraturan Menteri ESDM No 1 tahun 2013 yang mengatur juklaknya," kata Umi, ketika ditemui wartawan di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 5 April 2013.

Umi mengatakan Kementerian Energi telah menerbitkan dasar hukum untuk pembatasan penggunaan BBM bersubsidi. Umi menyebutkan aturan yang sudah ada di antaranya Peraturan Menteri ESDM No 1 tahun 2013 tentang Pengendalian Penggunaan Bahan Bakar Minyak.

Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas Djoko Siswanto mengatakan BPH Migas telah mendapat tembusan surat Pertamina kepada Menteri ESDM terkait permohonan pengaturan pemasangan RFID. Djoko mengatakan mungkin saja jika BPH Migas yang membuat aturan pemasangan RFID. "Kami menunggu Pertamina mengirim surat ke BPH Migas. Namun BPH sedang menyiapkan semua aspek legal yang dibutuhkan oleh Pertamina," kata Djoko.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan pihaknya tak masalah jika aturan diterbitkan oleh kementerian maupun BPH Migas. Yang penting, menurut Hanung, Pertamina memiliki dasar hukum untuk memasang alat dalam rangka monitoring dan pengendalian BBM bersubsidi.

MARIA YUNIAR I BERNADETTE CHRISTINA

 Sumber : TEMPO

 

Saya sudah pernah menulis pembatasan BBM disini, dan kalau tidak salah itu setengah tahun yang lalu, dan momen tersebut tidak diteruskan pemerintah untuk menaikkan harga BBM tetapi seperti didiamkan saja, menunggu untuk membengkak dan meluap mungkin nanti suatu saat meletus. Berlomba-lomba dengan penjualan otomotif kendaraan bermotor yang terus meningkat setiap tahunnya, baik itu sepeda motor ataupun mobil, pembangunan pabrik, dan lain-lain.

Intinya pada pembatasan BBM akan mempunyai dampak lebih negatif daripada kenaikan harga BBM, itu artinya pemerintah membatasi gerak ekonomi rakyat, terutama rakyat kecil.

INTINYA PEMERINTAH TIDAK ADA KESERIUSAN DALAM PENANGANAN MASALAH BBM, HANYA TRY DAN ERROR, MENCLA MENCLE BUAT BINGUNG.

Sebagai rakyat kecil saya melihat masalah ini malah dijadikan isu politik para penguasa negara ini. Baik nanti  harga dinaikkan itu saya tetap tidak setuju, kenapa tidak dari dulu dulu saja dinaikkan, apalagi mendekati Hari Lebaran dan Pemilihan Presiden, pasti ada udang di balik batu ini ....

Buat Bingung Masyarakat (BBM) 

Apalagi dengan pembatasan BBM tersebut, pemerintah berarti juga membatasi gerak ekonomi rakyat, dan dipastikan semua harga-harga ikut-ikutan naik dan susah cari BBM karena dibatasi, teori gampang, prakteknya susah. Tidak tahu darimana analisis yang mengambil kebijakan seperti itu ???!!!

Dimana yang katanya proses konversi BBM ke BBG (Bahan Bakar Gas), itu hanya berlaku untuk LPG 3 kg yang ada di rumahan, tidak untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Itupun kemarin juga dibarengi dengan banyak LPG 3 Kg yang meledak karena bocor ada juga yang salah pemakaian.
Yang jelas infrastruktur BBG di Indonesia masih terbatas, saya kira masih ada di Jakarta saja, itupun untuk Busway Transjakarta.

Jika pemerintah serius untuk masalah BBM :
  • Pemerintah membuat kebijakan kenaikan harga BBM secepatnya
  • Tarif parkir khusus roda 4 atau mobil mewah diberikan tarif progresif
  •  Konversi BBM ke Bahan Bakar Gas, pembangunan Infrastruktur harus merata di setiap daerah, bukannya seperti skema kenaikan harga BBM diberi kompensasi BLT ke masyarakat, kurang mendidik dan tidak tepat sasaran.
  • Peraturan Pemerintah untuk syarat pembelian kendaraan bermotor baru ataupun bekas, bukan asal syarat untuk menggenjot pajak
  • Memperbanyak produksi minyak, pembangunan kilang minyak baru dan lebih banyak mengambil mengutamakan perusahaan negara sendiri untuk pengelolaan minyak.
  • Membangun transportasi massal yang murah dan aman, dan berintegrasi. Itulah salah satu faktor kenapa masyarakat lebih banyak memilih memiliki kendaraan pribadi sendiri daripada menggunakkan kendaraan umum yang lebih ribet dan lama, kurang praktis. Ataupun malah tidak ada karena tidak tersedia, bisa juga lebih mahal.

 

Tips Rahasia Menang Main Monopoly Modoo Marble


Yang lagi ciyus maen modoo marble, coba tips saya ini semoga tambah beruntung, hehehe ...

Modoo Marble adalah boardgame yang dikembangkan oleh N2Play Studio dan diterbitkan oleh CJ Internet Indonesia di Indonesia. Game ini dimainkan oleh semua kalangan usia dan lagi ngetrend soalnya baru launching dan tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang besar untuk bisa memainkannya, selain itu, ukuran client Modoo Marble pun tidak besar yaitu di bawah 70 MB.

Selain itu game ini gratis, bisa melakukan free recharge dengan meng-klik tombol 'Gratis' yang berada di bagian profil kalian di kanan atas. Setelah itu kamu bisa langsung klik 'Recharge Marble' dan Marble kamu akan bertambah 5M. Dalam 1 hari kita dapat jatah 5 kali recharge.

Saya tidak mengajari untuk curang karena sangat tidak menyenangkan jika banyak pemain curang dan merugikan teman-teman lain yang bermain sehingga selalu kalah. Disini saya mengajarkan tentang strategi yang mungkin sudah ada sekilas di panduan Monopoly Modoo Marble.

Tips Strategi Menang Main Monopoly Marble :

  1. Jangan terlalu cepat memutuskan untuk mengambil alih kawasan lawan jika uang marble terbatas, sebaiknya simpan untuk pembelian kawasan kota yang belum terlewati.
  2. Utamakan untuk mengunci kawasan yang penting dan bernilai mahal dengan membuat Landmark. Sehingga kawasan terproteksi dan tidak bisa diambil alih pihak lawan.
  3. Jangan membuat bangunan lengkap sebelum landmark pada Zona 1 yaitu dari kawasan Bangkok Sampai Kairo karena harga kawasan yang murah maka nanti akan mudah diambil alih pihak lawan sehingga yang membangun landmark malahan pihak lawan.
  4. Ketika putaran pertama game baru di mulai usahakan jangan dulu membeli banyak rumah, beli lah jika kamu berada di zona 3 yaitu dari kawasan Lisbon Sampai Roma, Atau di Zona 4 Dari Tokyo Sampai Seoul.
  5. Bangunlah kawasan kota yang mempunyai warna yang sama, sehingga akan membentuk monopoly, harga sewa akan menjadi 2 kali lipat pada warna kota yang sama.
  6. Jika beruntung incarlah kota festival yang berada di zona 3 dan 4. Baik itu dengan jalan menggunakan roket atau dengan dadu.
  7. Jangan serakah jika main di Game Center, karena pola history koin tidaklah selalu bisa ditebak, itu keberuntungan pilihan kamu. Kamu bisa stop jika sudah merasa cukup.
  8. Buatlah Monopoly Tourism jika tidak memungkinkan kamu menang dengan cara sewa kawasan kota. Walaupun kita hanya membeli tanah saja, tetap menang.
  9. Jika kamu ahli dadu, buat tiga daerah monopoly atau Triple Monopoly maka kamu akan menang  dengan hadiah marble juga dikalikan tiga.
  10. Jadikan character Monopoly kamu lebih tangguh dengan melakukan fusion kombinasi pada kartu sehingga keberuntungan karakter bertambah. Level keberuntungan bisa dilihat pada info kartu, semakin banyak bintang semakin jago. Keterangan pada level keberuntungan yaitu :
  • Escape - Pulau terpencil dadu dobel meningkat
  • Game - Kesempatan meningkat
  • Pajak - Pembayaran Pajak Diskon 0%
  • Special - Pembayaran Khusus 5%
  • Chance - Kesempatan dapat kartu emas meningkat
  • Harga Jual - Pajak Penjualan Diskon 0%
  • Bangunan - Biaya Pembangunan diskon 1%
  • Dadu - Manipulasi Dadu Rendah (2) - Tinggi(12)
Level Keberuntungan Pada Kartu

Kombinasikan Kartu Untuk Menambah Level Keberuntungan
Oiya yang sangat penting, pergunakan dengan baik kartu kesempatan yang kamu dapatkan. Antara lain ada kartu attack dan kartu defense. Pergunakan pada waktu dan tujuan kawasan kota yang tepat.



Kartu Attack adalah kartu yang berfungsi untuk menyerang lawan dan harus dilakukan saat itu juga atau tidak bisa disimpan. Menurut kru KotGa, Kartu Attack yang paling menyebalkan adalah Pemadaman Listrik karena kartu itu membuat sewa tidak berfungsi selama 5 turn atau sampai ada lawan yang mampir kesana.

1. Badai Pasir
MoMania bisa mengirimkan Badai Pasir ke satu kota lawan, durasi adalah 5 turn. Jika ada MoMania lain yang berhenti di kota itu, harga sewa akan dipotong sebesar 50%. Efek akan hilang setelah durasi habis atau ada MoMania yang berhenti di kota itu (pemilik kota ataupun MoMania lain).

2. Barter Kota
MoMania dapat menukar kota yang dimiliki dengan kota milik lawan. Klik kota milik MoMania yang ingin ditukarkan, lalu klik dengan kota milik lawan yang ingin ditukarkan.

Namun, kota dengan Landmark tidak dapat ditukar. Triknya, pilihlah kota dengan sewa terkecil kemudian tukar dengan kota dengan sewa yang paling besar.

3. Gempa Bumi
Menyerang satu kota lain dengan Gempa Bumi yang mengakibatkan kota itu kehilangan satu bangunannya yang paling mahal. Kota dengan Landmark tidak dapat diserang. Sayang banget jika kota MoMania mendapat seranagn ini karena harga sewanya pasti menurutn drastis.

4. Invasi Alien
Mengirimkan alien ke kota lain yang dapat menghilangkan 1 buah bangunan pada semua kota yang berada di 1 warna. Kota dengan Landmark tidak dapat diserang. Kartu yang sangat menysahkan lagi, setipe dengan Gempa Bumi, namun lebih berbahaya.

5. Jual Paksa
MoMania bisa menjual paksa satu kota lawan. Klik pada kota lawan yang ingin dijual paksa. Kota akan dijual dan uang akan dikembalikan ke pemilik kota sesuai dengan harga jual kota itu. Kota dengan Landmark tidak dapat diserang.

Berdasarkan informasi yang didapat, kru KotGa menarik kesimbpulan bahwa Landmark adalah bangunan yang snagat penting di Modoo Marble. Selain menaikkan harga sewa dengan sangat drastis, Landmark juga bisa menjadi pelindung dari beberapa Kartu Attack.

6. Pemadaman Listrik
MoMania bisa memadamkan listrik saru kota lawan. Pemilik kota yang listriknya dipadamkan tidak akan menerima sewa jika pemain lain berhenti di kota itu. Efek Pemadaman Listrik bertahan selama 5 turn. Efek akan hilang jika durasi telah habis atau ada MoMania yang berhenti di kota tersebut.

Kru KotGa pernah diserang oleh kartu ini sehingga menyebabkan Landmark yang sudah dibangun tidak menghasilkan apapun. Sampai sedih banget, rasanya ingin nangis.

7. Epidemi
MoMania bisa mengirimkan wabah gas beracun ke kota lawan. Efek berpengaruh pada seluruh kota yang berada di warna yang sama. Jika bukan pemilik dari kota target berhenti di kota itu, sewa akan dipotong sebesar 50%. Durasi efek akan bertahan selama 5 turn. Efek akan hilang jika durasi habis atau ada MoMania yang berhenti di kota tersebut.

Kartu Defense adalah kartu yang bisa disimpan. Namun, gamers hanya bisa menyimpan satu kartu saja pada satu waktu. Jika digunakan, maka kartu itu akan hilang. Setelah itu, gamers bisa menyimpan Kartu Defense lain jika mendapatkannya lagi. Jadi, simpan dan gunakanlah Kartu Defense sebaik-baiknya. Terdapat dua pilihan ketika gamers mendapatkan kartu jenis ini yaitu "Simpan" untuk menyimpan dan "Buang" untuk tidak menyimpannya.

1. Angel
Kartu ini melindungi MoMania dari Kartu Attack dan membebaskan MoMania dari biaya sewa saat berhenti di kota lawan. Kartu ini hanya bisa digunakan satu kali, jadi gunakanlah dengan bijak. Dalam satu waktu, MoMania hanya diizinkan untuk menyimpan satu Kartu Defense.


2. Perisai
Melindungi kota MoMania dari kartu serangan lawan. MoMania bisa mengaktifkan kartu ini saat salah satu kota diserang. Kartu ini hanya bisa digunakan satu kali, jadi gunakanlah dengan bijak.

3. Kartu Escape
Digunakan untuk membantu MoMania keluar dari Pulau Terpencil.

4. Kupon Diskon
Ini adalah kartu yang sangat membantu ketika MoMania berhenti di kota lawan, karena dengan kartu ini, harga sewa kota akan dikurangi sebesar 50%. Sangat menolong ketika MoMania terjebak di kota dengan harga sewa yang sangat tinggi, khususnya yang sudah ada Landmark-nya.


Yang perlu dihindari pada Game Monopoly Modoo Marble :
  • Janganlah terlalu lama bermain Monopoly Modoo Marble, maksimal 2 jam kemudian istirahatkan tubuh Anda, rawan pusing.
  • Bermain secara fair dan jangan mengeluarkan kata-kata yang kurang sopan apalagi mengumpat dan yang tidak mendidik. Karena di tempat tersebut hanya bermain, berbesar hatilah jika kalah karena masih banyak kesempatan.
  • Jangan boros pulsa ya :P
Semoga bermanfaat dan semoga keberuntungan ada di pihak kamu.

Pengalaman Naik Kereta Kahuripan, Bandung - Kediri, Tarif Baru Penumpang Sepi

Kereta Kahuripan adalah kereta ekonomi yang mempunyai rute Kediri ke Bandung dan sebaliknya Bandung ke Kediri. Baru saya tahu kalau tiket kereta sudah naik sampai 110%, yang dulunya untuk pembelian dari Stasiun Kediri ke Bandung adalah 38ribu sekarang sudah menjadi 100ribu. Bedanya sekarang keretanya pakai AC. Itupun bukan AC central, karena kereta jenis ekonomi ini tidak bisa dimodifikasi sistem central, jadi menggunakkan AC split yang dimodifikasi menggantikan kipas angin yang dulunya terpasang.

AC Split Yang Terpasang Pada Kereta Ekonomi

Tempat Kipas Angin Yang Kosong Tergantikan AC


Saya bilang sekarang ini PT.KAI (Persero) tambah mahal dan tidak merakyat. Kereta api bukan lagi untuk golongan ekonomi bawah, maaf saja kalau saya bilang begitu. Nah lanjut cerita..... 
Kalau dibanding-bandingkan dengan bus kota perjalanan antar propinsi harganya selisih sedikit dan memang lebih mahal bus ekonomi. Kalau disuruh memilih memang kebanyakan lebih memilih kereta api tapi hanya yang melakukan perjalanan jauh sekali, misalnya jakarta - banyuwangi :P


Memang demi kenyamanan pengguna jasa kereta api, penambahan AC memang baik, tetapi penambahan harga tarif tiket menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan, kereta api dikenal dengan angkutan transportasi massal yang terkenal murah merakyat, sekarang mungkin tidak lagi seperti itu.

Saya juga tidak tahu kenapa memilih AC Split untuk hal tersebut, apalagi menghilangkan kipas angin yang terpasang, pada kereta ekonomi semua jendela kaca disetting tertutup supaya tidak ada udara yang keluar, tetapi tetap saja panas. Dan saya pernah melihat beberapa AC yang sudah bocor karena rusak, jika hal itu terjadi sebaiknya Anda minta dengan tegas pada petugas untuk pindah tempat duduk kalau penuh, karena tidak mungkin AC tersebut tidak bisa diperbaiki di tempat. AC Split untuk pemakaian kantor dan rumah tangga, usia efektif kurang lebih hanya 2 tahun pasti ganti baru, kalau tidak pasti AC tersebut sudah tidak dingin atau sudah bocor, apalagi itu hanya didesign untuk lokasi diam dan tidak bergerak seperti kereta api.

Penumpang kereta api sejak kenaikan tiket kereta api juga sepi, menurut saya banyak yang beralih ke bus ekonomi walaupun sama-sama pakai AC.

Yang ribet sejak kenaikan Tarif Kereta Api Per 1 April 2013
  • Lebih mahal, jika Anda tidak memesan tiket lebih awal, jangan harap dapat harga murah atau malahan tidak dapat tiket karena kehabisan, karena di stasiun sudah tidak tercantum lagi harga tiket kereta api seperti dulu, jika anda memesan tiket pada hari keberangkatan berarti anda mendapatkan harga tiket maksimal atau yang paling mahal.
  • Biaya pembatalan, perubahan jam dan waktu keberangkatan adalah sebesar 25% dari tiket Anda, pikirkan dengan baik jadwal keberangkatan Anda
  • Harga tiket kereta ekonomi jarak dekat mahal dibandingkan dengan bus ekonomi dengan fasilitas AC yang sama, perkecualian yang mudah mabuk naik bus.
Tetapi saya tetap tidak kapok kalau naik kereta api, karena lebih "senang" naik kereta daripada bus.


Pengikut

Let's Talk

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit