ACFTA dan AFTA di Indonesia

Segitiga Ekonomi ASEAN

Judul di atas hanya sepenggal saja dari agreement yang sudah diteken kontraknya oleh negara kita ini .....

Mulai di tahun 2010 di tahun Macan Logam ini, Free Trade Area untuk perdagangan bebas negara ASEAN dan ASIA sudah dimulai. Semua negara berlomba-lomba dan bersaing dengan perekonomian dan industri yang mereka punyai.

Kita akan menemui istilah :
- AFTA (ASEAN Free Trade Area)
- ACFTA (ASEAN– China Free Trade Area)
- AANZFTA (ASEAN - Australia – New Zealand Free Trade Area)
- AIFTA (ASEAN–India Free Trade Area)
- AJCEP (ASEAN–Japan Comprehensive Economic Partnership)
- AKFTA (ASEAN–Korea Free Trade Area )

Anda bisa mencari keterangan tentang singkatan di atas di Wikipedia atau di Google

Dan kita bangsa Indonesia, siap atau tidak siap tidak bisa membendung hal tersebut, kita juga termasuk dari anggota ASEAN, dan perjanjian tersebut sudah diikat secara internasional tahun 2002 silam. Masa setelah 8 tahun, baru bilang tidak siap sekarang ???

Dan Indonesia berada di tengah, jalur yang paling strategis dan paling menguntungkan dengan gaya hidup rakyatnya yang konsumtif, SDM yang pas-pasan ditambah dengan sumber daya alam yang melimpah tidak ada yang mengeksplorasi, aparatnya banyak yang korup pisan, pass dehh !!! Ampun .............

Tahukah Anda, saya pernah terbersit dan terkaget-kaget kalau Free Agreement Trade ini adalah salah satu indikator munculnya perang dunia ke III ??? Loh koq bisa ...
Ya itu menurut perkiraan saya, adalah bagian negara ketiga dimana dengan terbentuknya Free Trade Area yang sangat luas dari China sampai dengan Australia dan kita ada di tengah, dimungkinkan adanya Asia Unifikasi seperti yang sudah terjadi pada Eropa. Pertanyaannya kapan hal itu akan terjadi ???

Kalau sekiranya saya bisa memetakan menurut gambar di atas, Segitiga Ekonomi ASEAN.

Indonesia–Malaysia–Thailand Triangle

Adalah suatu kekuatan besar ekonomi ASEAN yang sedang tumbuh dan mempunyai posisi yang sangat strategis di mata Asia. Saya tidak memasukkan Singapura dan Filipina maupun Australia karena kita tahu sebelumnya mereka adalah sekutu Amerika.

Dan ingat dan selalu ingat dalam setiga ini, Indonesia ada di tengah. Dan ingat Free Trade Area ini awal dari cerita ini dimulai ....


Dan ceritanya masih sangat panjaaaaang sekali ........................... tapi Anda semua pasti berandai-andai bagaimana hasil akhirnya bukan.

Bagaimana bila ???


Jika semua komoditi dan sumber alam sudah menipis semua akan bersaing dan berebut untuk mendapatkannya, dan bila Unifikasi ASIA atau ASIA Bersatu dan pada akhirnya akan terjadi perang dengan pihak barat. Dimanakah Indonesia akan berdiri, menjadi jajahan ataukah ikut di dalamnya ???

Indonesia harus berubah !!!

Baca Artikel Terkait

Comments

3 Responses to "ACFTA dan AFTA di Indonesia"

tagskie mengatakan... 17 Januari 2010 22.30

hi.. just dropping by here... have a nice day! http://kantahanan.blogspot.com/

kikiyaqub mengatakan... 8 Februari 2010 08.42

hahahahaaaaaaaa, kamu pengecut amat jadi orang ! Mau acfta kek, mau afta kek, mau beca kek, emang gua pikirin! Mereka manusia, kita juga manusia. Kan ada lagunya, rocker juga manusia! Tinggal bagaimana kejelian dan kejeniusan kita! Jangan khawatir bro, Allah beserta orang2 yg jujur! Dulu Nazi sesumbar mau nguasai dunia, akhirnya? Dulu Soviet sesumbar mau nguasai dunia, akhirnya?
Amrik yg adidaya aja, sekarang giliran kegencet! Semoa ada gilirannya bro! Don't worry men ! Peace ah !

Anonim mengatakan... 5 Januari 2012 19.08

penulis benar juga, BBM sama batubara kalau sudah langka, indonesia negara terakhir yang punya. Indonesia di tengah-tengah dan paling mudah diserang, apalagi sekarang pengelolaannya paling besar dikuasai asing.

Tapi kalau perang dunia nunggu kiamat atau korsel luncurkan nuklir saja

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini
This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit