Polemik Ujian Akhir Nasional



Saya sangat tidak setuju apabila UAN (Ujian Akhir Nasional) dihapuskan !!!

Hal ini sama saja dengan lebih memperbodoh lagi pendidikan di Indonesia, UNAS merupakan standarisasi nasional yang tepat bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Memang akhir-akhir ini banyak disorot akan hasil dari UNAS yang kurang memuaskan karena tingkat kelulusan yang rendah, banyak yang bunuh diri, harus mengulang, kebocoran soal, dll.

Semua murid di seluruh Indonesia berpacu, belajar dan berikhtiar agar supaya dimudahkan dalam Ujian Nasional tahun ini, sehingga mereka bisa lulus dengan nilai yang memuaskan dan bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi yang mereka impikan.

Bagi saya UNAS menjadi persaingan bagi kita antar teman sekolah, teman pelajar seluruh Indonesia dan juga menjajal kemampuan diri sendiri. Dimana kemampuan akademis dan kemampuan mental kita sama-sama dicoba.

Tentang jumlah kelulusan yang rendah, berarti siapa yang salah, gurunya, UNASnya, atau muridnya ??? Yang jelas pasti muridnya sebagai obyek pelaku. Kalau harus mengulang itu wajib. Untuk kebocoran soal, nah itu pasti ada oknum atau joki yang lagi cari kesempatan dalam kesempitan, tinggal si murid mau cari jalan yang lurus ikut jujur atau curang. Proses pelaksanaan UNAS selalu diperbaiki tiap tahun menjadi lebih baik dan lebih rapi.

Bunuh diri karena UNAS itu adalah hal terbodoh yang pernah saya dengar, karena suatu kegagalan hanylah awal, bukanlah jalan buntu, karena kita masih diberi kesempatan untuk mengulang dan berusaha lebih baik. Disini pendidikan mental seseorang bisa ketahuan untuk menjadi lebih dewasa dalam menyikapi suatu keadaan.

Ujian memang hal yang menjadi momok bagi dunia pendidikan maupun dunia kerja tapi disitu kita dipacu untuk menjadi lebih baik dan lebih tangguh. Tidak hanya dalam SD, SMP atau SMU saja tapi dalam Perguruan Tinggi dan dunia pekerjaan pasti ada ujian yang dilakukan untuk menghasilkan keputusan kelulusan nasib seseorang. Semua orang menjadi pejuang yang berjuang untuk nasibnya.

Tips saya :
  1. Ikhtiar dan selalu berserah pada Tuhan YME untuk nasib kita menjelang UAN
  2. Berlatih kisi-kisi Ujian Nasional yang bisa kita dapatkan download dari internet atau buku-buku. Ikut bimbingan belajar menjelang UAN atau ikut try out.
  3. Berlatih dan berlatih
  4. Jujur
  5. Jangan mudah menyerah
  6. Percaya pada diri sendiri
  7. Jaga kesehatan
Maju pendidikan Indonesia !!!

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Polemik Ujian Akhir Nasional"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit