Learning To See Imperfect Person Perfectly


No Body Perfect

Hal itu sudah menjadi kodrat dari Tuhan kepada manusia, tidak pada wujud fisik, tetapi pada jiwa dan sikap manusia itu sendiri. Dimana mereka berjalan, hal itu menjadi pilihan mereka sendiri.

Mungkin hal itu yang saya mau omongkan, kita semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan terkadang kita merasa kekurangan orang lain lebih jelek dan menjadi suatu hal yang salah, padahal kekurangan yang ada pada diri kita juga mungkin lebih parah.

Penilaian bukan datang dari diri kita sendiri tetapi datang dari orang lain. Dan hal itu akan berdampak pada pergaulan kita karena kita adalah makhluk sosial yang tidak hidup sendiri.

Belajar untuk menerima kekurangan orang lain adalah adalah hal yang agak susah, prakteknya di paling mudah di saat kita mempunyai teman, pacar atau malahan saudara sendiri.

Tetapi bila kita mau menerima dan mengerti, saling melengkapi kekurangan itu dan membantu, akan menjadi hal yang indah tentunya.

Kekurangan bukan berarti pada hal fisik tetapi juga pada sikap, dan hal tersebut bisa kita asah untuk lebih baik dan lebih baik lagi. Kembali pada orangnya masing-masing.

Penulis pun juga manusia yang masih belajar untuk mengerti akan perbedaan itu, tetapi dengan perbedaan itu kita berusaha untuk maju. Semua butuh proses untuk menjadi manis.

Pertama bisa kita mulai dengan saling mengingatkan atau menasehati .... memberi saran atau share ... hal itu lebih membantu.

Semua bisa dirubah, asal kita sendiri juga mau berubah, karena perubahan itu selalu terjadi asalkan kita menghendakinya terwujud.


Hati-hati dengan security password Anda


Mungkin ini adalah gambar warning dari browser yang mengingatkan untuk kita bahwa kita sedang mengakses halaman yang khusus terenskripsi, sehingga lebih sedikit aman. Biasanya keluar sebelum kita memasukkan nama login dan password.

Pernahkah Anda bingung dan lupa dengan login dan password Anda, jangan panik, saya juga pernah, alhasil baru seminggu saya ingat lagi, sampai sekarang saya catet di private book saya

Karena internet adalah media komunikasi yang mudah diakses oleh siapa saja, maka oleh itu keamanan data sangat diperlukan, apalagi kalau kita transaksi di bank secara online atau memasukkan pin kartu kredit, pokoknya yang berhubungan dengan duit dan akses ke inbox mail kita, itu haruslah secret.

Dengan teknologi yang sangat canggih sekarang ini, banyak orang yang mengambil kesempatan dengan celah keamanan yang ada, maka dari itu kita harus berbenah ikut mengantisipasi.

Caranya :
- Minimalisasi bugs dan virus pada komputer anda, baik itu pada Operation System ataupun antivirus yang terupdate
- Rahasiakan identitas login dan password Anda
- Update selalu ID anda
- Back up selalu data Anda
- Jangan ceroboh dengan memberikan nomor kartu kredit atau no penting lain

Semoga bermanfaat

Mall Juga Ada Copet

Lanjutan dari yang saya tulis di Premanisme ...

"Kejahatan Bisa Terjadi Dimana Saja, selama masih ada kesempatan dan ketidakwaspadaan"

Mall atau pusat perbelanjaan yang menjadi pasar bagi orang kota, transaksi jual beli dan tempat berkumpulnya banyak orang tiap akhir pekan atau waktu awal gajian, he 3

Tidak jaminan bebas tindak kriminal bagi suatu Mall walaupun dilengkapi dengan kamera CCTV, kamera pengaman, security sensor, staff pengaman security, dll.

Penjahat juga tambah canggih, masa kalah sama polisinya. Salah satu ceritanya, ini kejadian bener terjadi sama Ibu saya sendiri yang kehilangan Handphone dengan surat-surat berharga yang ditaruh dalam tas kecil. Sebenarnya Ibu saya berbelanja dengan adik saya di Malang Town Square (MATOS Mall), kalau saya sih orang Surabaya yang lihat Mall Malang yang cuma beberapa lantai aja, jadi kurang seneng ke Mall waktu ke Malang, tapi kalau lihat cewek-cewek, boleh juga, he3 ..

Sebenarnya hal tersebut karena kelengahan dari Ibu yang berjalan sendirian tidak dengan adik saya, jadi si copet dengan mudah mengambil barang tersebut.
Setelah saya interogasi di rumah, Ibu tidak merasakan kalau dia sudah kecopetan atau ditabrak seseorang waktu di mall trus kapan hilangnya juga ndak tahu.
Adik dengan Ibu saya sih langsung pulang tidak melapor pada pihak keamanan Mall, karena merasa percuma dan waktu yang sudah menjelang malam.

Alhasil, beberapa hari ada contact dari seseorang yang mengaku menemukan surat-surat seperti KTP, STNK, SIM dan surat penting lainnya. Dia menelepon dari nomor handphone, setelah ditanyakan alamatnya ada di daerah dampit yang arahnya lumayan jauh dari kota Malang. Saudara saya yang di Turen, Mas Ndudut lah yang berbaik hati menguruskan untuk mengambilnya, tapi dia juga agak takut dengan daerah yang kita berikan dari telepon orang tersebut karena saudara saya tahu daera tersebut rawan dengan preman. Usut punya usut, orang tersebut tanpa mau diberitahukan identitasnya tidak mau asal memberikan surat-surat yang hilang tersebut, malahan dia minta biaya ongkos sekitar 500rb untuk itu, saudara saya pun menawar lebih rendah lagi 300rb. Wah kalau orang baik pasti langsung diserahkan lho ya, kita pun pasti akan tanggap akan keteledoran kita dan pasti akan merespon niat baiknya, tapi koq malah dia yang nodong duluan
Kalau habis segitu banyak, ya sama saja dengan biaya mengurus surat baru, cape deh.

Akhirnya dengan penawaran yang ulet dan tidak pada waktu sehari saja hal tersebut selesai, karena saudara saya harus bolak-balik ke tempat dia untuk menanyakan kembali harga yang disepakati. Akhirnya setuju 250rb, surat-surat itu pun kembali.

Piuuuh .... lega dan kapok untuk tidak waspada waktu belanja di Mall, dasar copet !

Saran untuk Anda, jangan percaya dengan penampilan seseorang di Mall, bisa juga dia seorang pencopet tidak mengenal itu pria atau wanita. Mungkin copet di mall berpenampilan parlente dengan berjaz ... siapapun Anda bisa jadi target jika tidak waspada.

Hama di Kota Besar

Karena manusia dan kehidupannya merupakan salah satu bagian dari ekosistem yang ada. Maka saat kita hidup di kota, pada got di depan rumah kita, saluran pembuangan kloset ataupun di atas plavon rumah adalah tempat hewan-hewan untuk tinggal dan berkembang biak, tetapi ada aktifitas dan kehadiran mereka yang mengganggu manusia, untuk itu jasa pembasmi hama sangat diperlukan dalam hal ini.

Dan Jasa Pest Control di kota-kota besar sangat membantu serta laris manis dibooking oleh banyak pihak, baik itu pabrik, perkantoran, gedung-gedung besar, hotel, rumah sakit, perumahan, dll.

Pembangunan secara besar-besaran dengan berdirinya gedung-gedung pencakar langit, perumahan, jalan-jalan, dll sudah menggeser ekosistem awal tempat hewan-hewan ini tinggal. Ya kalau dilihat di gambar atas, tidak semuanya adalah hama, semut, laba-laba dan jangkrik tidak mengganggu kalau mereka ada di halaman belakang rumah kita.
Tapi saya sangat benci jika ada kecoa di dapur atau di kamar mandi
apalagi tikus

Karena itu keseimbangan ekosistem di kota besar memang haruslah dijaga, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi tentang hama kota ini. Saya misalkan saja, saya pernah menemui rumah di kawasan perumahan yang elit, bagus banget deh rumahnya, tapi ada keluhan dari pemilik rumah yang listriknya sering padam sendiri tanpa sebab yang jelas walaupun dia sudah melapor kepihak PLN tetapi setelah dicek gardu dan tegangannya baik-baik saja.

Usut punya usut, rupanya kabel listrik yang ada di atas plavon rumah selalu ter grounding ke dinding, jadi sudah diganti MCB bolak-balik juga percuma, lha wong kayu rumahnya pangkon bangunan sudah hampir habis dimakan rayap sekalian sama kabel-kabelnya juga, rayapnya nggragas (jawa: rakus)

Wah, bahaya juga tuh. Rumah tersebut kalau terus-menerus seperti itu 3-5 tahun atap rumahnya semuanya pasti ambrol jatuh ke bawah kalau dibiarkan seperti itu, apalagi beban atap rumah sangat berat dengan genteng cor yang banyak.

Secara detail lebih digali, rumah mereka tidak ada semut merahnya. Lho apa hubungannya ya ? Ya ada lah, rayap khan makanannya semut merah, jad kalau ada mereka pasti tidak akan ada rayap di rumah kita .... begitu lho ....
Jadi hubungan rantai makanan dalam ilmu biologi juga sangat membantu kalau kita tahu.

Musuh utama yang bikin mangkel yaitu nyamuk dan lalat, karena kalau sudah musim pasti akan merajalela dan akan membawa penyakit yang merugikan manusia.


Premanisme di Indonesia sudah parah !

Keamanan adalah hal yang sangat diperlukan oleh setiap orang, dan kejahatan pun bisa terjadi di mana saja kita berada. Preman adalah suatu tindakan kejahatan yang dilakukan seseorang atau berkelompok dengan cara pemaksaan dan disertai dengan ancaman atau tindak kejahatan. Dalam dunia preman, hukum hutan yang dipakai, siapa yang kuat dia yang menang. Makanya kalau sama Polisi aja mereka lari, soalnya Polisinya pegang pistol, mereka cuma bawa pisau he3 cuma becanda.

Bagaimanakah penilaian Anda dengan artikel yang saya tulis ini ? Apakah sudah mencerminkan tentang hal sebenarnya yang Anda temui sehari-hari di luar ?

Banyak pengalaman yang saya tahu tentang premanisme :
Mulai dari tukang palak yang gayanya tukang parkir, copet, tukang asongan yang juga nyambi njambret, tukang nodong waktu di angkot atau di pasar, dll.
Banyak modus dan aksi yang para preman lakukan untuk mengambil keuntungan dari korban dan membuatnya takut untuk melaporkannya ke pihak berwajib. Tapi yang jelas sangat mengganggu dan meresahkan !

Kejahatan tidak bisa diberantas tapi khan bisa dikurangi
Di kota-kota besar yang banyak didatangi kaum urban, merupakan lahan subur bagi tindak premanisme yang seringkali kita temui di tempat-tempat keramaian baik itu dilakukan oleh para preman sendiri maupun oleh para oknum.

Biasanya kejahatan premanisme dilakukan secara berkelompok dan terencana baik itu pemilihan lokasi dan target korbannya. Sistematis untuk kelompoknya juga loh, dan mereka biasanya pasti punya tetua yang mereka segani, dan biasanya kegiatan mereka berhubungan dengan tindak kejahatan lain yang lebih besar yang biasanya didekengi (dibantu) oleh oknum polisi. Yah, kalau di film-film itu seperti Mafia yang ada gank-ganknya.

Saya juga kurang tahu apakah tindakan petugas setempat yang kurang tegas dengan premanisme ataukah anggota keamanan yang kurang sigap dengan hal tersebut ?


Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, dll. Keberadaan preman seperti mendapat angin segar dan bertumbuh subur, dikarenakan kurangnya kewaspadaan dan mungkin saja tindakan premanisme mereka sengaja dibiarkan

Pernahkah Anda mengalami :
- Dipalak ma tukang ngamen waktu di bus, kalau tidak memberi mereka todong pisau lho.
- Dicopet di Mall
- Modus hipnotis di dalam angkot atau di terminal
- Dibius lewat makanan atau minuman
- Dijambret waktu berhenti di lampu merah
- Mobil atau sepeda motor Anda lecet atau ada bagian yang hilang waktu parkir
- Ditodong waktu ban kita bocor
- dll

Wuih ... banyak lagi pengalaman yang saya denger dari teman-teman saya yang juga membantu saya untuk lebih waspada dan lebih care waktu di tempat umum atau perjalanan jauh. Jadi tidak menyesal waktu sudah kejadian.

Kalau saya sih bisa beri saran untuk Kepolisian RI Indonesia, berantaslah premanisme supaya generasi-generasi premanisme tidak tumbuh .... pak Polisi khan juga punya Intelkam, jadi kalau tahu pentolan-pentolannya preman, ya comot aja biar nggak bikin ulah.

Kalau saya lihat, tindakan yang berkelompok pada premanisme menunjukkan bahwa ada tindakan pembelajaran untuk melakukan kejahatan seperti, yang sistemastis dari geng mereka, pasti mereka mengambil anak-anak jalanan ataupun para pengangguran untuk bergabung bersama mereka.

Akhir kata, dengan keamanan yang lebih baik, baik itu di tempat umum, di pusat perbelanjaan, di kota, dll akan memberikan citra dan rasa aman yang baik bagi semua orang. Fuck premanisme !

Bahasa Gaul bikin bingung


Jadi bingung kalau tidak tahu tentang kosakata bahasa gaul, kaya orang bodoh sendiri.
Padahal menuru tatanan bahasa Indonesia yang baik dabenar menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) belum tentu bahasa gaul itu benar.

Lagu-lagu yang hits pada musik pop Indonesia yang setiap hari dinyanyikan langsung tanpa teks oleh anak tetangga yang baru 8 tahun, karena dia sudah hafal di luar kepala, kebanyakan juga menggunakan bahasa gaul yang belum tentu dia sendiri tahu artinya.

Dan makna ambigue dari bahasa gaul terkadang juga membingungkan orang yang baru pertama kali mendengarnya.

Jadi kalau saya karena belum tahu artinya kata gaul dari temen saya, saya hanya menganggukan kepala tanda bingung dan nanti saya akan cari di internet untuk lebih jelasnya.

Lekong : Banci kaleng
Mawar : mau
Sangs : kepengen
Suamsuam kuku : Suamiku
Ngemeng : Ngomong/bicara
Titi Dj : aTi aTi Di Jalan
ToMingSe :Tolong Mingkem Sedikit (Halah..!!)
Tayamul : Lumayan
HandyCam : Makan pake tangan
Gancet : Ngesex
JabLuk : Jablay Buluk

Kongkow : Nongkrong (dipakai untuk melakukan aktifitas kumpul-kumpul bareng temen-temen)
Ngastik : Nggak asik (dipake buat mengungkapkan sesuatu yang tidak enak dirasa, didengar, dan diliat)
Poskul : Pulang sekolah (kadang juga berlaku buat menyatakan pulang kantor)

Dagadu: matamu
Udin petot: udara dingin pengen ng**tot
Sokam: Rokok 234
Jokul: Jual
Dokat: duit
Gara: Kaga/ngga/tidak
Dae: Ada
Mokad: ma*pus/mod4r/mati
Kobam: Mabok

Ngelonjor : ngelamun jorok
Sekwilda : sekitar wilayah dada
Boker : Buang air besar

Meneketehe : Mana Aku tau
Kemsi : Kemek siang (makan siang)
Parno : Paranoid
Sherina : Serius na
Marsyanda : Masa oloh serius na
Tp : tebar pesona
Gaptek : gagap teknologi
Neting : Negatif Thinking
Doror : Double eror
Tajir : Orkay (orang kaya)
jadul : jaman dulu
Ciamik : bagus
Cingcay lah : lumayan lah
Jarpul : jarang pulang
SMP : sehabis makan pulang
Capcus : cabut (pulang/pergi)
Macacci : masa sih
Makaci : terimakasih
Bapuk : jelek/buluk
Caur : ancur
Gazebo : Gak zelas bo
Nembak : menyatakan cinta
Jadian : pacaran
pet cang tai : capek (halah...)
Tase : bermesraan
Tababmerematahua : (udah yang palng jelek!)
AA Gym GTL : agak agak gimana gitu loh!
OMG : oh my god!
Siting sob (giting, alias sinting sob!)
Bokis : bohong
Jorki : Joker (jorok)
Pewe : Posisi (Wu)enak
Songong : belagu
Pecun : perek culun
Jancok : Bajingan

Banyak bahasa gaul yang mempunyai model di antaranya :
- Kosakata yang dibalik
- Kalimat yang ditambahi atau dikurangi sisipan kalimat lain
- Dicampur dengan bahasa daerah atau bahasa asing
- Singkatan atau kepanjangan suatu kalimat
- Arti lain, kiasan
- Arti jorok
- dll

Kalau kamu bagaimana ?



Waspada, kekurangan gizi juga bisa gejala AIDS

AIDS (Aquired Immune Deficiency Syndrome) sekarang menjadi penyakit yang diam-diam nan mematikan dengan asal muasal penyakit yang rumit

Bagaimana tidak, sekarang dunia belum menemukan obat bagi penyakit ini, yang dibarengi dengan jumlah suspect dan penderita yang terus bertambah setiap harinya.

AIDS adalah suatu kumpulan gejala yang disebabkan oleh infeksi HIV(Human Immunodeficiency Virus) yang menyebabkan hilangnya kekebalan tubuh sehingga penderita mudah terjangkit penyakit infeksi. Dan pada kenyataannya ditemukan bahwa yang menyebabkan penderita AIDS meninggal adalah karena penyakit infeksi oportunistik dan bukan oleh karena infeksi HIV itu sendiri.

Imunodefisiensi adalah keadaan dimana terjadi penurunan atau ketiadaan respon imun normal. Keadaan ini dapat terjadi secara primer, yang pada umumnya disebabkan oleh kelainan genetik yang diturunkan, serta secara sekunder akibat penyakit utama lain seperti infeksi, pengobatan kemoterapi, sitostatika, radiasi, obat-obatan imunosupresan (menekan sistem kekebalan tubuh) atau pada usia lanjut dan malnutrisi (Kekurangan gizi). AIDS, acquired immunodeciency syndrome terjadi imunodefisiensi sekunder yang disebabkan oleh infeksi HIV. Kekurangan imunitas tubuh dapat dilihat dari kadar CD4 (kurang dari 200) dalam tubuh.

Gejala dan Tanda

Perjalanan klinik infeksi HIV terbagi atas tiga tahap yaitu, tahap akut yang berlangsung selama 3-12 minggu, tahap laten/kronik yang berlangsung antara tahun pertama hingga ke tujuh, dan tahap krisis yang terjadi pada tahun ke delapan hingga ke sebelas.

Seseorang dikatakan telah menderita AIDS apabila menunjukkan tes HIV positif dengan pemeriksaan yang sesuai dan sekurang-kurangnya didapatkan dua gejala mayor dan satu gejala minor, dan gejala-gejala ini bukan disebabkan oleh keadaan lain yang berkaitan dengan infeksi HIV
Gejala mayor :

  • Berat badan menurun lebih dari 10% dalam 1 bulan
  • Diare berkepanjangan yang berlangsung lebih dari satu bulan
  • Demam berkepanjangan lebih dari satu bulan
  • Penurunan kesadaran dan gangguan neurologis (saraf)
  • Demensia (penurunan ingatan/memori) /HIV ensefalopati

Gejala minor :

  • Batuk menetap lebih dari satu bulan
  • Dermatitis generalisata yang gatal
  • Adanya penyakit herpes zoster dibeberapa tempat dan atau berulang
  • Kandidiasis orofaringeal - Penyakit jamur pada rongga mulut dan kerongkongan
  • Limfadenopati generalisata – Pembesaran di semua kelenjar limfe
  • Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita

Pemeriksaan Tambahan

Untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi HIV, dapat dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan yang saat ini sering digunakan adalah tes antibodi, tes ini mudah dilaksanakan dan biayanya murah. Bila pada tes antibodi ditemukan hasil yang positif, maka pemeriksaan harus diulang dan bila masih positif dilakukan tes konfirmasi dengan tes Western Blot. Bila Western Blot tidak tersedia, maka hasil dinyatakan positif bila tes antibodi menunjukkan tiga kali hasil yang positif. Sebaliknya, hasil yang negatif dapat berarti seseorang tidak terinfeksi HIV atau masih berada dalam periode jendela.


Tapi tidak usah khawatir, AIDS hanya bisa menular melalui cairan tubuh penderita/carier.

Pengalaman dari cerita bibi saya yang bekerja di rumah sakit, menemui pasien anak kecil yang sudah dengan kondisi kritis karena kekurangan gizi, kondisi anak tersebut sangat memprihatinkan, lagipula asal daerah pasien dari desa yang notabene jauh dari kota, menurut bibi saya hal tersebut kekurangan gizi biasa.

Tetapi setelah melihat status pasien, wkwkwkkwk .... ternyata si anak adalah HIV positif, yang rupanya setelah ditelusuri melalui analisis laboratorium, penyakit tersebut sudah diturunkan oleh orang tuanya. Padahal orang tuanya sendiri yang mengantarkan tidak tahu menahu bahwa mereka juga HIV positif ????

Usut punya usut, karena ibu si anak adalah ibu rumah tangga biasa yang hanya di rumah, dan ayahnya yang bekerja di kota dan hanya pulang beberapa hari setiap minggu, rupanya si ayah lah yang membawa virus tersebut dari jajan waktu di kota. Siapa sangka, mereka tidak sadar hal tersebut membawa bencana untuk anaknya ???

Maka dari itu, kewaspadaan kita akan penyakit ini harus lebih tanggap dan timbulnya dari kesadaran diri kita masing-masing untuk tahu dan menghindari penyebabnya.


Membawa Bekal Makanan

Bekal makanan atau mbontot untuk sarapan atau makan siang sangatlah nikmat dan hemat.


Jadi ingat masa kecil dulu saat TK ketika saya disuruh oleh ibu untuk membawa bekal makanan dan minuman ke sekolah, dan memang hal tersebut diharuskan oleh ibu guru.
Saya dibawakan nasi goreng dengan telor ceplok dan minumnya es jeruk

Walaupun begitu kadang bekalku tidak habis, bagian teman-teman lain yang menghabiskan, atau malahan kita saling mencoba bekal makanan teman satu dengan yang lainnya, mencicipi begitulah ...

Sekarang ini membawa bekal ke tempat kerja, waktu berlibur, perjalanan jauh, ataupun ke sekolah menjadi hal yang lumrah, selain karena yang pertama misi hemat ngirit juga karena kita sendiri sadar akan kesehatan kita. Dengan menyiapkan bekal baik bagi anak-anak kita maupun bagi diri kita sendiri, kita tahu isi, gizi dan bobot bekal makanan kita. Karena sekarang ini membeli makanan di sembarang tempat tidaklah selalu sehat dan baik. Bisa dilihat pada anak-anak sekolah supaya tidak terbiasa untuk jajan dan sarapan sendiri menunjang aktifitas mereka di sekolah dengan baik.

Selain itu bekal makanan yang khusus dibuat oleh orang tua kita atau orang yang kita sayangi, membuat keharmonisan semakin erat, sebagai bukti kasih sayang dan perhatian akan kesehatan kita.
Gengsi karena bawa bekal sekarang sudah tidak jamannya, kalau ngebayangin nasibnya jadi anak kost, mau makan harus beli atau masak dulu
susah deh.

Wah, apalagi kalau punya ibu atau istri yang pintar masak, pasti temen-temen yang lain jadi ngiri .... hi hi hi ...
Menu bekal pun bervariasi supaya tidak bosan, dan tidak harus melulu daging atau ayam, bisa juga menu sayuran ataupun malah roti dan jajanan pasar, yang penting suplemen tambahan tersebut bisa menjadi energi baru untuk melakukan aktifitas yang padat hari ini.

Met makan

Facebook Haram ?

Gambar disamping bukanlah foto saya tetapi foto Mark Elliot Zuckerberg yang merupakan pendiri situs Facebook yang saat ini lagi trend digandrungi semua orang.

Tadi lihat TV sih, terus koq denger berita katanya sih bahwa MUI rencananya mau mengeluarkan fatwa tentang FaceBook Haram, wuiiih seru lagi nih

Trus aku search nang mbah Google lihat artikelnya bang Adinoto, Tempo Interaktif dan Liputan6 dengan kata kunci "FaceBook Haram"

Ndak habis pikir koq sampai segitunya sih, "What's Wrong ?"

Apakah karena latar belakang Zuckerberg yang seorang Yahudi Amerika, atau karena layanan situs Facebook yang telah disalahgunakan ?

Sejauh ini, saya menggunakkan Facebook dan telah menemukan teman-teman saya masa dulu SMA yang telah hilang, juga bisa chat dikala mereka online, very helpfull.

Ya, ditunggu aja penjelasannya lebih lanjut, semoga lebih jelas dan gamblang

Sekolah Gratis - Tidak semuanya Gratis


Sekolah gratis adalah harapan baru bagi anak-anak miskin yang sebelumnya tidak memiliki harapan dan tidak berani bermimpi bisa mengenyam pendidikan. Saya sangat senang dengan adanya program dari pemerintah yang mulai menilik dunia pendidikan dimana saat ini biaya pendidikan sangatlah mahal. Di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, untuk masuk SD saja bisa habis dana 5 juta atau lebih.

Kita sebagai orang tua selalu mengharapkan yang terbaik bagi anak-anak kita, dan pendidikan adalah warisan yang tidak ternilai yang kita bisa berikan pada anak-anak kita selain harta duniawi.

Indonesia sebagai negara berkembang patutlah melirik negara tetangga yang sedang giat-giatnya meningkatkan SDM mereka di tengah krisis yang sedang melanda dunia. Di luar negeri negara tetangga kita, sekolah gratis sudah menjadi agenda tetap yang harus dilaksanakan.

Dengan adanya Komite Sekolah yang independen beranggotakan para orang tua murid dan para guru, menjadi pengawas bagi adanya dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang sudah dikucurkan pemerintah untuk membantu anak-anak yang putus sekolah karena faktor biaya menjadikan monitoring lebih efektif. Sangat disayangkan apabila ada penyimpangan dana BOS hanya untuk kepentingan pribadi semata

Sekolah gratis yang dirilis mulai Januari 2009 memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia usia SD dan SMP dapat menikmati Sekolah bebas SPP. Sebuah harapan yang sudah lama diidam-idamkan , Sekolah Indonesia bebas biaya. Para orang tua bisa bernafas lega karena Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan kebijakan yang memberlakukan sekolah gratis, terutama pada sekolah negeri tingkat pendidikan dasa mulai SD sampai SMP. *)Kecuali RSBI dan SBI

Saya lebih setuju pendidikan di Indonesia semua digratiskan, mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi Universitas !


Sekolahnya memang gratis tetapi kebutuhan akan fasilitas penunjang untuk sekolah tentu tidaklah gratis, bagaimana dengan seragam, buku teks tulis, buku LKS, perlengkapan sekolah, dll... (hal tersebut masih jadi pertanyaan bagi beberapa orang tua).
Bayangkan bagaimana dengan biaya-biaya lain seperti biaya praktek, kaos olahraga, iuran-iuran, dll.


Hal tersebut sebenarnya juga harus dipertegas dengan adanya pengecualian terhadap tarikan biaya bagi siswa sekolah gratis dan option beasiswa yang juga membantu siswa dan tidak terlalu memberi beban pada orang tua murid. Mungkin hal tersebut yang harus lebih dipikirkan lagi oleh pemerintah atau mungkin lebih bagus ada swadaya sendiri dari pihak sekolah untuk menampung aspirasi tersebut, dengan mendirikan suatu yayasan atau lembaga tersendiri.

Note :
Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)
Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)

Bayar Hutang Itu Wajib !

"Anda Punya Hutang, Cepatlah Bayar"

Membayar hutang itu adalah suatu kewajiban apabila kita sanggup untuk membayarnya, tetapi kalau tidak mampu untuk membayar janganlah berhutang.

Terkadang kepada teman atau saudara kita sering dimintai pertolongan untuk memberikan pinjaman dana segar yang dalam waktu ke depan akan dijanjikan untuk dilunasi. Tetapi tidak sering janji itu mbleset, mundur dan mundur lagi, padahal lho pada temen atau saudara sendiri kita memberikan pinjaman duit itu tidak memakai bunga (kita bukan bank berjalan ataupun rentenir).

Saya punya banyak pengalaman dengan hal tersebut dan kalau sudah ngomong namanya duit yang bikin mata semua orang hijau, apapun bisa terjadi. Kepercayaan itu memang sangat diperlukan dan tanggung jawab adalah hal yang harus kita pegang.

Kalau misalnya kita akan meminjam, maka kita akan memasang muka seperti malaikat bagai bayi tanpa dosa yang meminta belas untuk dipinjami duit diberi kesempatan untuk dibantu. Tetapi celakanya ketika tepat waktu yang dijanjikan untuk melunasi jumlah nominal yang kita pinjam, walaupun itu tidak seberapa bagi kita, tapi bagi si peminjam hal tersebut sangatlah berarti.

Adalah Hak mereka untuk meminta kembali duit yang kita pinjam itu ....
mereka mendapatkannya juga dengan susah payah, masa kita mau pasang muka tidak bersalah dan mengulur-ngulur waktu sampai mereka lupa dan merelakan uang yang mereka pinjamkan untuk tidak kita kembalikan. Sungguh picik !

Pengalaman aku sebagai anak kost, aku lebih sungkan dan menaruh hormat pada diriku dan temanku karena hanya masalah duit, hal tersebut bisa merusak hal baik yang sudah terjalin.

Kalau ketemu orang kaya begitu lagi lebih baik aku saranin untuk langsung saja pinjam duit ke Bank sekalian atau ke Koperasi Simpan Pinjam biar tidak makan ati seberapun alasan kecilnya jumlah pinjaman yang dia kemukakan.

So, bagi kamu lebih baik hindarilah hutang .... karena bagi saya hutang itu beban.


Makan Sehat itu Perlu, Makan Enak Jangan Terlalu Sering

Burger

Wah, siapa yang tidak senang dengan makanan burger, pizza, kentang goreng, ayam crispy, hotdog, coke, soda dan berbagai makanan minuman fast food yang ada ?

Saya juga mau asalkan ada yang mbayari alias Gratis, he3

Makan enak seperti apalagi sambil bersantai di Mall ataupun waktu jalan-jalan dengan keluarga, lebih selektiflah untuk memilih makanan yang baik untuk diri kita. Boleh sih, makan yang begitu asalkan tidak sering-sering dan juga kalau diri kita ini sudah mempunyai penyakit kolesterol ataupun diabetes, janganlah beli fast food atau kalau tidak, Anda kepingin masuk rumah sakit secepatnya

Orang bule aja enggan koq disuruh makan yang begituan, bagi mereka FAST FOOD IS JUNK FOOD, no vitamin and no mineral for our body. Ya maksudnya hanya ampasnya saja yang bikin kenyang, banyak kalori tidak banyak vitamin, yang lainnya lemak-lemak tak jenuh dan banyak bahan kimianya, misal bahan pengawet, penguat rasa dan pewarna.

Obesitas Pada Anak

Jadi bingung kalau punya keponakan senangnya makan fastfood, kalau seperti gambar di atas, menurut pandangan orang Indonesia kalau punya anak subur yang tubuhnya gendut berarti pasti anak orang kaya, tidak kurus kering. Tetapi itu anggapan yang salah, karena obesitas adalah karena gaya hidup yang tidak sehat terutama salah satunya karena makanan.

Saya tidak heran apabila menjumpai ada seseorang yang masih berusia di bawah 20 tahun dan sudah harus menjalani rutinitas cuci darah karena masalah makanan ujung-ujungnya. Saat ini lagi trend, dan itu menguras kantong, amat !

Makanan Fast Food, Jajanan pewarna, Es, Chiki, Makanan Ringan, dll sebaiknya dihindarkan dari anak-anak, karena biasanya anak-anak senang dengan yang manis-manis dan enak tetapi hal itu belum tentu menyehatkan.

Sekarang itu lagi trendnya "Back TO Nature" kembali ke alam, murah meriah dan menyehatkan. Bukan berarti harus vegetarian, tetapi sebisanya menghindari makanan enak yang kebanyakan mengandung zat-zat yang jahat bagi tubuh.
Dan nutrisi yang baik bagi tubuh paling mudah dan banyak didapatkan pada sayuran dan buah-buahan.

Dan untuk memilih sayur-sayuran dan buah-buahan juga harus lebih selektif. Karena ada sayur-sayuran dan buah-buahan yang untuk pertaniannya menggunakkan bahan kimia, lebih aman yang organik, mulai dari pupuk dan pestisidanya.

Memberikan bekal makanan pada anak dengan variasi makanan sayur dan jus buah padanya akan mendidik untuk makan makanan sehat.




Makan Sehat Jangan Lupa Olahraga

Pernahkah Anda Ditolong Orang Lain ?

Pernahkah suatu waktu Anda ditolong oleh orang lain ? Baik itu saudara kita, orang tua kita, atau malahan orang yang tidak kita kenal ?

Masih ingatkah Anda akan hal tersebut ?

Hal tersebut yang menjadi inspirasi bagi diri saya ataupun bagi Anda ketika Anda pernah ditolong oleh orang lain ataupun karena kebaikan orang lain, Anda ingin berbagi kasih dengan orang lain apapun bentuknya Anda ingin menolong.


Pertolongan itu banyak bentuk dan contohnya, dan kita pun tahu akan hal itu. Tapi untuk melakukannya terkadang susah


Senang sekali rasanya dompetku telah kembali, tidak ada satu pun yang hilang. Semuanya lengkap, wuii hhhh ... tidak bisa digambarkan .... Sungguh kau Pahlawanku

Bagaimana tidak, ketika saya akan keluar dari Mall dan menuju ke parkiran motor, waktu merogoh saku belakang, kontan saya jadi ling lung karena yang saya cari tidak ada pada tempatnya sambil di dalam hati berteriak "DOMPETKU HILANG !!!!"

Langsung saya duduk di pinggir jalan kemudian saya merenung untuk mengingat-ingat dimana dompetku tadi berada, perasaan tadi ada terus di saku celana, dan hanya beberapa kali saya pegang di tangan, itupun waktu membayar makan di cafe dan belanjaan.

Secepatnya saya bergegas menuju ke bagian informasi dan menjelaskan apa yang terjadi dengan diri saya, sambil menganggukkan kepala dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada saya selanjutnya Mbak Informasi nya memberikan berita bahwa adanya berita kehilangan dengan ciri-ciri yang saya utarakan, karena di dompet saya ada KTP dan no HP.

Sambil bingung menunggu di dekat informasi, hampir 2 jam ... datang seorang laki-laki muda menghampiri tempat informasi juga akan menyampaikan adanya berita kehilangan. Rupanya tak berapa lama, yang akan disampaikannya itu adalah telah diketemukannya sebuah dompet di tempat dia bekerja dan tak lain adalah cafe tempat saya makan tadi. Alamak, kecerobohan saya terulang

Akhirnya saya bertemu dengan malaikat penolong itu dan saya mengajaknya makan dan memberinya ucapan terima kasih karena telah membantu saya menemukan sesuatu yang berharga, dan kalau benar-benar hilang pasti saya akan repot mengurus surat-surat dalam dompet itu. Saya berkenalan dengan dia dan mengantarkan dia pulang karena rupanya dia baru selesai kerja dan kebetulan dia menemukan dompet tertinggal di meja tempat dia bekerja. Sungguh Baik !

(Hal di atas hanya salah satu contoh saja)

Sering sekali kita berada pada situasi dan kondisi yang tepat dimana diri kita memberikan suatu action untuk menolong sesama pada waktu mereka bingung dan kesusahan tetapi tak urung kita mundur dan menjauh untuk menolongnya.

Saya sampai saat ini masih belajar untuk bisa ikhlas menolong orang lain, walaupun saya ndak punya duit banyak tapi saya punya dua tangan ini dan motivasi yang baik, kenapa tidak ?

I believe in Karma, apa yang saya tabur itu yang akan saya tuai
Ketika saya bisa menolong, dan suatu saat saya tidak bisa, akan ada orang lain yang menolong saya :P

Biaya-biaya untuk konsumen

Jadi kerasa untuk menulis artikel ini di antara harga-harga yang semakin melambung

Bagaimana tidak, saya harus irit untuk berbelanja dan tidak harus tertarik dengan harga diskon gede-gedean yang membuat kartu kredit saya gesek saja, tahu-tahunya nanti akhir bulan tagihan sudah membengkak

Apa sih yang membuat harga barang suatu produk itu mahal ?

Saya sebagai konsumen juga merasa sebagai pihak yang juga penasaran dengan harga-harga kebutuhan pokok ataupun produk lainnya yang tidak stabil mengikuti perkembangan pasarlah, produksi menurunlah, pajak naiklah, dolar naiklah, ada banjirlah dan tetek bengeknya.

Tahukah Anda, bahwa harga barang yang Anda beli tidak sama dengan harga pabrik

Wah, kalau begitu kenapa tidak mendingan kita beli aja langsung ke pabriknya L0L

Tidak boleh khan, nanti ndak ada tokok kelontong, alfamart, indomart, carefour, hypermart, dll. Pabrik sebagai produsen (dalam ilmu ekonomi) saya tidak akan membahasnya lebih lanjut .... bla .. bla ... bla ..

Yang paling penting dalam rantai makanan, konsumen adalah rantai terakhir setelah penjual/pengecer/grosir. Dalam artian harga konsumen dan harga penjual apapun pangkatnya itu tidaklah sama, dan harga konsumen pastilah lebih plus plus ditambahkan biaya-biayanya ...

*) Hal tersebut juga sama hukumnya pada produk jasa

Apakah itu ?
Yang paling pokok dari produk barang adalah biaya-biaya
- Biaya Produksi
- Transportasi distribusi
- Gudang penyimpanan
- Pajak
- Perijinan
- Keuntungan penjual
- dll

Baru setelah biaya-biaya di atas, barulah harga nett yang akan diberikan pada kita ...
(lihat-lihat kondisi pasar juga)

Sedangkan dari produk jasa adalah biaya-biaya
- Biaya sewa (karena kita memakai)
- tenaga
- ide
- pajak
- perijinan
- sparepart
- dll

Maka dari itu kita sebagai konsumen harus jeli pada harga yang tercantum dengan kualitas barang yang diberikan. Tidak jarang banyak orang yang mengabaikan kualitas tetapi lebih memilih harganya saja yang murah, atau malah terkena bujuk rayu iklan yang menyesatkan, oleh karena itu kita harus lebih selektif untuk memilih jenis barang yang sesuai dengan kebutuhan kita, dan Janganlah jadi Konsumen yang Konsumtif


Untuk Pengaduan Atas Ketidakpuasan Suatu PRoduk Barang Maupun Jasa Lapor Aja Kesini

Back Up Data Anda


Buat copy data Anda, antisipasi apabila hal-hal yang tidak diinginkan sehingga masih ada back up data yang bisa kita pakai. Usahakan membuat copy data pada media yang sama, terlebih pada data yang sangat penting.

Back up data sangat diperlukan untuk menghindari hilangnya data karena virus, tidak sengaja terhapus, bad application, crash, dll.
1. Kalau aku back up data pada cd dobel dua, jadi kalau cd satunya trouble masih ada cadangan.
2. Data pada flashdisk habis downlaod, aku scan dulu terus aku back up ke komputer.
3. Menggunakkan aplikasi seperti Deep Freeze tidak jaminan data kita bisa aman, kalau komputernya yang rusak terus gimana
4. Back data koleksi film atau lagu juga diperbolehkan
5. Pilah data-data yang penting atau yang sering kita pakai dan sudah boleh kita hapus, supaya kapasitas hardisk tidak overload.


Pelayanan Publik



Pernahkah Anda mengantri untuk foto mendapatkan KTP ?
Pernahkah Anda ikut ujian test ride untuk mendapatkan SIM ?
Pernahkah Anda antri karcis untuk naik busway ?
Apakah Anda memilih jalan umum dibanding jalan tol ?
Apakah Anda senang memakai jembatan penyeberangan ?
Apakah pernah terjadi pemadaman lampu di rumah Anda ?
Apakah Anda pernah mengurus surat kematian keluarga Anda ?
Apakah Anda pernah untuk berobat ke rumah sakit negeri ?
dll ....


Pelayanan publik adalah salah satu proses yang biasanya sering kita lalui tanpa kita ketahui. Semua pelayanan publik mempunyai alur birokrasi masing-masing yang tujuan akhirnya adalah untuk jasa pelayanan terbaik.

Apakah Anda pernah memperhatikan, saya ambil contoh saja Rumah Sakit.

Saya lebih senang ke Rumah Sakit A daripada harus ke Rumah Sakit B yang notabene Rumah Sakit B letaknya lebih dekat dari rumah saya. Tetapi karena public service yang lebih bagus pada RS A saya lebih memilih disitu.
Selain harga rawat inap yang lebih murah dan suster-susternya yang cantik dan ramah, saya lebih betah untuk berlama-lama sakit disitu.

Pelayanan Publik pada suatu instansi departemen selain pada fasilitas dan sumber daya manusia yang ada disitu, juga pada sistem pelayanan/birokrasi yang bagus akan membuat pelanggan akan lebih senang dan lebih antusias.

Pemerintah sebagai penyelenggara layanan publik atau layanan umum sebaiknya sekarang sedang berbenah untuk lebih baik dan lebih maju. Untuk itu kita kiranya bisa lebih kritis dan lebih peduli untuk mendukung layanan publik yang lebih baik.

Sekolah Gratis
Berobat Gratis
KTP Gratis
dll

merupakan salah satu dari layanan publik yang dilancarkan pemerintah untuk masyarakat, untuk itu apabila ada pihak-pihak yang sengaja mengambil keuntungan dari layanan publik untuk kepentingan pribadi. Atau mungkin kita masih dipusingkan dengan sistem birokrasi yang berbelit, berikan kritik dan saran Anda.

Indonesia negara demokrasi !

Cuci Tangan Itu Wajib

(Taken From sciencemuseum.org.uk)

Wuiih ... gambarnya bagus ya ... tahu ndak itu apa ???

Itu adalah gambar bakteri Escherichia Coli (E. Coli) yang diambil gambarnya dengan mikroskop mikrobiologi khusus. Dan yang harus kamu tahu, bakteri E Coli adalah bakteri penyebab gangguan pencernaan Diare pada manusia.



Bagaimana cara pencegahannya, cara paling mudah adalah dengan cara cuci tangan, tahukah Anda bakteri dan virus apa saja yang menempel pada tangan Anda saat beraktifitas ?

BACTERIAL
STRAIN
BACTERIAL
LOAD
Contact Time
10 Seconds
60 Seconds
300 Seconds
P. aeruginosa
6.1×107
<100
<100
<100
E.coli O157:H7
3.1×107
<100
<100
<100
S.sonnei
1.7×106
<100
<100
<100
S.enteridis
1.7×108
<100
<100
<100
V.parahaemoluticus
8.3×107
<100
<100
<100
MRSA
1.7×106
<100
<100
<100
S.pyogenes
3.2×107
<100
<100
<100
B.subtilis
4.0×107
not tested
2.6×103
<100
C.botulinum
8.1×106
2.6×103
<100
<100

sample

Maka dari itu janganlah menyepelekan tentang cuci tangan, dan lebih baik lagi menggunakkan sabun dan dilakukan pada air yang mengalir, supaya bakteri danvirus yang menempel pada tangan kita bisa sementara hilang.



Print gambar di atas dan tempelkan dekat dengan meja makan, supaya untuk menjadi kebiasaan untuk melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah aktifitas, walaupun secara fisik tangan kita masih bersih, cuci tangan tetap diperlukan.

"We wash hand, because we care"

Bukan Cinta Biasa

Lirik Lagu Afgan - Bukan Cinta Biasa
OST Film Bukan Cinta Biasa



Download Lagu Disini


Kali ini kusadari
Aku telah jatuh cinta
Dari hatiku terdalam
Sungguh aku cinta padamu

Cintaku bukanlah cinta biasa
Jika kamu yang memiliki
Dan kamu yang temaniku seumur hidupku

Terimalah pengakuanku
Percayalah kepadaku
Semua ini kulakukan
Karena kamu memang untukku

Cinta ku bukan cinta biasa
Jika kamu yang menemani
Dan kamu yang temaniku seumur hidupku
Terimalah pengakuanku


Mmm... belum lihat filmnya sih ... tapi lagu ini selalu terngiang-ngiang di kepalaku ...
Cinta dalam hatiku ini banyak banget, tapi saya belum berani untuk serius saat ini seperti lagu itu.

Banyak pertimbangan dan melihat perasaan hati orang lain. Anti bagiku bila membuat sakit diri sendiri dan di lain phak membuat hati orang lain terluka, lebih baik melihat yang kucintai lebih bahagia dengan orang lain yang lebih dia sukai, aku tidak senang memaksakan kehendak. Pernah patah hati sih waktu SMA, dan itu menyakitkan bagi diri ini membuat diri ini lebih pemilih pada cinta dan tidak terburu-buru.

Mencari cinta itu tidak mudah, banyak pilihan untuk dipilih dan yang pasti kita harus bisa mengerti dan memahami kekurangan dan kelebihan orang lain. Tapi yang cocok tidak semuanya. Doakan saja diriku ini bisa menemukan the right person yang selalu saya gumulkan tiap malam dan walaupun samar-samar tentang dia, tapi aku berharap dia cepat datang wahai penolongku ...

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini
This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit