Rute Jalur Dan Jadwal Keberangkatan Kereta Api Rapih Dhoho serta Kereta Penataran

Kereta Rapih Dhoho aka Penataran akan berangkat

Untuk harga tiket Surabaya - Malang dan Malang - Surabaya = Rp. 6000,-
Untuk harga tiket Surabaya - Blitar dan Blitar - Surabaya = Rp. 5500,-

Jadwal Keberangkatan saya update dari Stasiun Gubeng, jika ada dari Stasiun lain harap diisikan di comment

>>> Jadwal Keberangkatan Kereta Api Berubah Sejak Tanggal 1 Januari 2012, Update <<<


Kereta Api Penataran
Surabaya - Malang lewat Sidoarjo

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Kereta Gubeng Surabaya

04.45
07.36
10.50
15.10
16.20

Kereta Api Rapih Dhoho
Surabaya - Blitar lewat Kertosono

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Kereta Gubeng Surabaya
04.44
07.54
10.59
15.44

Nah kalau untuk Rute Kereta Api Penataran dan Rute Kereta Api Rapih Dhoho bisa ada lihat pada gambar, klik gambar untuk gambar yang lebih besar.

Untuk jadwal keberangkatan kereta yang lain.

Kereta Api KOMUTER
Surabaya - Sidoarjo
Jadwal keberangkatan dari Stasiun Kereta Gubeng Surabaya

04.18
05.38
07.44
11.14
12.55
15.25
17.35

Kereta Api AREK SUROKERTO (kalau keretanya tidak rusak dan beroperasi)
Surabaya - Mojokerto
Jadwal keberangkatan dari Stasiun Kereta Gubeng Surabaya

03.58
08.25
12.09
16.37

Kereta Api KRD
Surabaya - Kertosono
Jadwal keberangkatan dari Stasiun Kereta Gubeng Surabaya

17.15


Masih bingung juga

Anda bisa menelpon call center PT. KAI ---> 121
Stasiun Wonokromo ---> 031-8410694
Stasiun Gubeng ---> 031-5033115
Stasiun Pasar Turi ---> 031-5345014
Stasiun Semut ---> 031-3521465

Semoga bermanfaat.

Pro Kontra Peraturan Karcis Dengan Tempat Duduk Bagi Penumpang Kereta Ekonomi



Kereta Rapih Dhoho Tempo Doeloe

Kereta Rapih Dhoho dan Kereta Penataran merupakan saudara kembar yang terkena imbas peraturan kebijakan akan adanya kursi dengan tempat duduk yang tertera pada tiket. Peraturan ini dikeluarkan bulan September 2011 kemarin, dan banyak orang yang rata-rata belum mengerti peraturan tersebut, sehingga ketika mereka tahu bahwa mereka mempunyai tiket yang bertuliskan berdiri_tanpa_tempat_duduk mereka harus legawa untuk berdiri.
Kebijakan tiket dengan no kursi tempat duduk merupakan salah satu dari kebijakan Direksi PTKA No.CP/104 tentang kapasitas maksimum penumpang, sehingga solusinya bagi kereta ekonomi juga diberlakukan no tempat duduk.


Kereta Rapih Dhoho Yang Ganti Kepala Loko Di Stasiun Kertosono

Posting ini saya tulis sebagai salah satu penumpang setia kereta api rapih dhoho dan kereta penataran. Sebelum naik angkutan lain seperti sepeda motor, bus atau travel, saya lebih mengedepankan melihat jadwal kereta sebelum melakukan rencana perjalanan, apalagi kalau bareng temen-temen pasti seru.

Kereta Rapih Dhoho dan Kereta Penataran sebenarnya kereta yang berbeda tetapi mereka melewati rute railway yang sama. Bila Kereta Rapih Dhoho, Start dari BLTR Blitar sampai ke SBY Surabaya kota (stasiun Semut), melewati Stasiun Kertosono untuk ganti kepala loko dari gerbong belakang ke gerbong depan. Sedangkan Kereta Penataran, Start dari MLNG Malang kota lama sampai ke SBY Surabaya juga, tapi saat sampai di Stasiun Blitar kereta ini akan berganti nama menjadi Kereta Rapih Dhoho.

Nah, apa yang sebenarnya menjadi pro kontra dengan pemberlakuan Peraturan Tiket Dengan No Kursi Tempat Duduk, dan adanya kouta dalam satu gerbang 125 penumpang yang normalnya bila duduk semua untuk 106 penumpang.
Yang menjadi keberatan, dan saran dan kritik untuk PT. KAI, kalau bapak/ibu/saudara/paman/kakek/ kakak anda kerja di PT.KAI harap disampaikan :
  1. Kenapa untuk Rapih Dhoho dan Penataran tiketnya hanya bisa dibeli pada hari H keberangkatan ? tidak 3 hari atau seminggu lebih awal. Pembelian tiket lebih awal di Indomaret hanya berlaku untuk ekonomi jarak jauh, dan kereta daerah Jabotabek. Rapih Dhoho belum bisa dibeli di Indomaret.
  2. Untuk Jurusan Surabaya - Malang ataupun Surabaya - Blitar terutama tidak ada kereta bisnis atau express. Jadi penumpang hanya punya pilihan naik kereta Rapih Dhoho dan Kereta Penataran, kalau ada yang ngomong naik Gajayana Ekesekutif, ketimbang gitu naik bus saja. Padahal Jurusan ini sangat banyak penumpangnya saat mendekati weekend dan selalu sold out habis, harusnya PT. KAI bisa mengantisipasi hal tersebut, yang harusnya menjadi peluang untuk PT.KAI mengambil profit.
  3. Harusnya dan harusnya rangkaian gerbong kereta api Rapih Dhoho dan Kereta Penataran harus ditambah, Jumat Sabtu Minggu pasti tiketnya sold out semua, berarti banyak orang yang senang naik kereta api, jangan bilang PT.KAI rugi terus, khan tidak mungkin kalau menambah jadwal kereta api lagi. Jadwal kereta Rapih Dhoho dan Penataran dalam sehari ada 4 -5 jadwal keberangkatan.
  4. Security di kereta harusnya lebih tegas dengan adanya pengamen dan pengemis yang masuk kereta.
  5. Banyak aksi kondektur yang menerima suap 1000-3000 dari penumpang yang tidak membeli karcis saat tidak ada petugas pemeriksa tiket dari PT.KAI
  6. Kalau yang jadwal keberangkatan malam atau yang terakhir, tidak ada securitynya, jadi banyak tukang ngamen dan pengemis dan yang terpenting peraturan tiket dengan no kursi tempat duduk tidak ada artinya. Duduk seenaknya bahkan bagi yang tidak beli tiket tapi beri duit ke kondektur.
  7. Tidak ada penjagaan pintu peron pada stasiun kecil, sehingga yang tidak beli tiket bisa dengan leluasa masuk kereta.
  8. Mengenai tiket dengan no kursi tempat duduk, kalau pada stasiun besar, pasti menggunakan tiket yang sudah terprint no urut tempat duduknya, kalau sudah habis kuota karena online ya menunggu jadwal keberangkatan selanjutnya, tidak boleh masuk stasiun. Tapi bagaimana dengan stasiun kecil yang belum ada fasilitas penjualan tiket dengan print mesin dan tidak ada penjagaan, bahkan kenapa dijual tiket lama warna hijau yang pasti tentunya berdiri.
Gambar Tiket Kereta Dengan No Tempat Duduk

Gambar tersebut adalah tiket kereta api Malang Express yang dulunya melayani Surabaya - Malang dan sebaliknya, sekarang Malang Express sudah tidak ada. Pada tiket kereta pasti ada No Gerbong kereta dan No tempat duduk.


Tiket warna hijau di atas dijual pada stasiun-stasiun kecil yang belum memiliki fasilitas print out tiket, terkesan PT.KAI terburu-buru untuk memberlakukan Peraturan Tiket Dengan No Kursi Tempat Duduk.

Kalau saya sih sering melihat ada orang yang menggerutu dan merasa tidak senang dengan peraturan baru ini, biasanya mereka adalah para pedagang yang menggunakan jasa kereta api dan tidak pernah membeli tiket, mereka bayar uang jalan pada kondektur. Ataupun buruh atau pegawai yang setiap sore atau pagi berangkat menggunakkan kereta rapih dhoho dan penataran tanpa membeli tiket. Waktu belum ada peraturan ini, mereka biasanya memblok beberapa tempat duduk agar teman mereka yang menunggu di stasiun berikutnya sudah duduk, lha kok enake. Sudah kadang tidak beli tiket mau memblok tempat duduk orang lain, memangnya keretane MBAHMU !!!

Hal tersebut yang mungkin sering ditemui saat peraturan tentang no kursi tiket ini digulirkan, memang mendisiplinkan penumpang memang sulit, beda teori beda di praktek lapangan :)
Mereka kadang merasa terusir atau pun tidak mau pergi karena banyak alasan, padahal kursi yang mereka duduki adalah hak orang lain yang sudah antri dari pagi untuk mendapatkan no kursi tempat duduk. Sebenarnya kursi tempat duduk boleh kita tempati saat orang yang mempunyai no tiket tempat duduk tersebut sudah turun, maka kita yang mendapat tiket berdiri boleh mendudukinya. Memang kereta ekonomi Rapih Dhoho dan Penataran menjadi kalah-kalahan saat kereta bisnis, ekesekutif bahkan kereta barang pengangkut bensin akan lewat. Maklum kereta 5000an tapi harusnya dengan harga yang terjangkau tersebut jangan dijadikan seperti gratis dan seenaknya. Jadi kalau kita mengerti mendapat tiket berdiri ya harus sadar dengan resikonya untuk berdiri. Makanya belilah tiket lebih pagi. Antri, tertib dan disiplin.

Semoga postingan ini bisa sampai pada pihak yang bersangkutan. Salam

Jambul Khatulistiwa .... Jambul Apanya Khatulistiwa ?

Lagi nonton TV, ngakak saya denger ada istilah "Jambul Khatulistiwa" ta kira burungnya siapa yang lepas. Rupanya model rambut baru dari mbak Syahrini arwana.

Ini aku kutip berita dari detik.com

David Beckham Terkesima Lihat Jambul Syahrini

Jakarta Syahrini baru saja mendapat kesempatan emas menyambut kedatangan bintang sepak bola ternama David Beckham di Jakarta. Ternyata, sang bintang itu terkesima dengan tatanan rambut Syahrini.

Syahrini memang berdandan secara khusus untuk bertemu dengan Beckham. Rambutnya ditata sedemikian rupa sehingga bagian depannya berjambul.

Menurut manajer Sayhrini, Reindhy, jambul itu pun punya nama, yakni 'Jambul Khatulistiwa'.

"Pas bertemu Syahrini, Beckham menunduk saat dikalungkan bunga dan bilang dia terkesan sama jambul khatulistiwanya Syahrini," ujar sang manajer Reindhy kepada Detikhot, Senin (28/11/2011).

Dia menambahkan, Beckham juga terkesima dengan Syahrini lantaran pakaian dan aksesoris yang dikenakan pelantun 'Kau yang Memilih Aku' itu sama dengan yang dipakai isterinya, Victoria Beckham.

"Memang Syahrini sengaja sama, pakai kayak isterinya Beckham. Sepatunya Christian Louboutin, sabuknya YSL, jamnya Franck Muller, kacamatanya Victoria Beckham, tasnya Kelly," jelas Rheindy.

"Pokoknya dandanan Syahrini sesuatu bangetlah, bikin Beckham terkesima," tandasnya.

(bar/mmu)

Wah sesuatu banget deh jambulnya mbak

Ini lho foto-fotonya Syahrini Berjambul Khatulistiwa





Saat Memperoleh Tanda Tangan David Beckham Di Kaosnya



Semoga trend jambul tidak berlanjut.

Megawati Soekarnoputri Satru Pak SBY

Tunjuk Tangan Siapa Salah

Satru=jawa artinya bermusuhan. Saya sangat menyayangkan sifat dari Ibu Megawati Soekarnoputri yang tidak sportif dalam berpolitik. Walaupun bukan sebagai partai koalisi tetapi sebagai oposisi dari pemerintahan harusnya memberi contoh pada rakyat Indonesia untuk berjiwa besar.

Saya tidak tahu siapa yang memulai pertengkaran ini, tetapi sangat lucu, dan menggugah untuk ditelisik lebih dalam. Yang saya ketahui keduanya atau mungkin Bu Megawati yang enggan untuk berjabat tangan dengan Pak SBY, ataupun paling tidak menghadiri acara dimana ada pak SBY. Misalnya waktu Upacara Bendera 17 Agustus 1945 di Istana Negara bulan Agustus kemarin, Ibu Megawati tidak hadir pada acara tersebut malah memimpin upacara bendera di kantor Parpolnya, tetapi suami Ibu Megawati Bapak Taufik Kiemas hadir. Pada acara pernikahan Putra Bungsu SBY, Ibas dan Aliya, Megawati tidak hadir dalam acara tersebut dan hanya suaminya Bapak Taufik Kiemas yang datang, masak tidak diundang.

Tidak tahu apakah kurang berkenan karena acara pernikahan design acaranya menggunakan warna merah bukan biru. Atau karena Ibu Megawati lagi berhalangan hadir.

Politik ya politik, yang sportif dong bu, tapi siapa sih sebenarnya yang membuat kesalahan ? apa yang melatarbelakangi hal tersebut ?

Bedanya Presiden dan Raja Yang Sama-sama Ngunduh Mantu

Pernikahan Putra Bungsu Presiden

Kemarin anda semua melihat di Televisi dan Koran tentang berita pernikahan putra bungsu pak SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dengan Siti Ruby Aliyah Rajasa atau Aliya.
Pasti pak SBY sudah marem (puas=jawa) melihat putra bungsunya sudah menikah, sudah tidak punya tanggungan lagi :), tinggal menunggu cucu keduanya lahir.

Tapi apa sebenarnya yang menggelitik dari acara pernikahan dan akad nikah presiden tersebut, saya akan membahasnya dengan saya bandingkan dengan pernikahan putri bungsu Sultan Hamengkubuwono X Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, dengan Achmad Ubaidillah atau Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara.

Pernikahan Putri Bungsu Sri Sultan Hamengkubowono X dihadiri Presiden SBY

Foto di atas adalah pernikahan Putri Bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta yang juga dihadiri bapak Presiden SBY bulan Oktober 2011 yang lalu, sebelum pak SBY menyusul ngunduh mantu (mengadakan resepsi pernikahan=jawa) bulan November 2011 ini.

Presiden SBY sudah menikahkan kedua putranya pada masa pemerintahannya sebagai Presiden Indonesia, yang pertama adalah pernikahan Agus Harimurti Yudhoyono dengan Annisa Larasati Pohan pada bulan Juli 2005, resepsi pernikahan diadakan di Istana Bogor. Yang kedua adalah Putra bungsunya Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dengan Siti Ruby Aliyah Rajasa, putri Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, akad nikah diadakan di Istana Cipanas.

Berbeda dengan pernikahan putri bungsu Sultan HB X, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, dengan Achmad Ubaidillah atau Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara., kali ini akan berlangsung di Kepatihan sesuai dengan tradisi pernikahan zaman Sultan Hamengku Buwono VII yang memerintah pada periode 1877-1920.

Apa yang menggelitik ?

  • Dari perhelatan acara Raja Dan Presiden yang sama-sama menggelar acara pernikahan putra-putri mereka, saya malah lebih antusias dengan pernikahan Putri Sultan Hamengkubuwono X yang lalu, pasalnya Raja Sultan HB X lebih merakyat dan merayakan kegembiraannya ngunduh mantu bersama dengan rakyatnya, terutama warga Yogyakarta dan sekitarnya, berbeda dengan perayaan pernikahan kedua Putra Presiden SBY yang memang terbuka, tapi hanya disorot oleh kamera dan masyarakat hanya bisa menonton lewat layar lebar atau mungkin membaca lewat koran.
  • Di lain hal, pada pernikahan Putri Sultan Hamengkubuwono X, masyarakat sekitar Kepatihan atau warga Jogja sendiri sangat antusias mengikuti acara pernikahan Putri Sultan Hamengkubuwono X tersebut, dan tidak diharuskan menutup tempat usaha/toko mereka, tidak seperti pada pernikahan Putra Presiden SBY yang terakhir, dimana warga di sekitar istana Cipanas harus menutup toko ataupun tempat usaha mereka untuk kelancaran arus lalu lintas.
  • Raja yang merakyat, semua warga Yogyakarta bahkan tamu dari negara asing berbondong-bondong mengikuti acara yang disuguhkan 4 hari 4 malam pada acara pernikahan Putri Sultan Hamengkubuwono X tersebut, masyarakat pun bisa menikmati makanan jajanan khas Jogja secara gratis karena semua sudah diborong oleh keraton, bandingkan dengan Pernikahan Putra Presiden SBY, masyarakat hanya bisa menonton lewat TV atau membaca lewat koran, dan yang nonton cuma dapat minum air mineral kemasan, kalau kebagian.
  • Pada acara resepsi pernikahan Putri Sultan Hamengkubuwono X, semua orang dari kalangan manapun boleh mengucapkan selamat, termasuk para pegawai PNS biasa di Yogyakarta, semua orang berebut untuk berjabat tangan dengan Sultan dan calon mempelai yang berbahagia. Berbeda dengan acara pernikahan Putra SBY, hanya para undangan yang boleh datang, para politisi, artis dan petinggi pemerintahan :(
Intinya dari perbedaan di atas adalah pencerminan kepemimpinan yang merakyat dan tidak, menurut saya harusnya pada moment yang merupakan kebahagiaan para pemimpin rakyat ini, lebih mendekatkan pada rakyatnya. Hal tersebut lebih menegaskan lagi kalau SBY hanya segan dengan koalisinya daripada dengan rakyatnya sendiri, padahal dia sendiri juga sebelumnya mengikuti acara pernikahan Putri Sultan Hamengkubuwono X, bisa contoh dong dikit-dikit.

Sebelumnya, saya bukan orang Yogyakarta, tapi saya sangat salut dengan Sultan Hamengkubuwono X yang lebih merakyat daripada Pak Presiden SBY.

Bagaimana menurut anda para pembaca ?

Hati-hati penipuan sumbangan mengatasnamakan yayasan atau organisasi

Sumbangan Fiktif Dari Unicef

Saya baru tahu kalau ada pihak yang minta sumbangan dan mengatasnamakan dari UNICEF adalah fiktif. Kemarin sih pernah ditawari di salah satu pusat perbelanjaan, mereka mintanya 35rb per minggu tapi anehnya saat kita memberi sumbangan malah dimintai kartu kredit, tidak menerima uang cash, wah sumbangan model baru nih.

Karena kurang yakin dengan model sumbangan seperti ini, bukan karena pelit :) tapi karena curiga, saya menolaknya dengan halus. Takutnya kalau terjadi kenapa-napa, malah nanti rekening kita didebet ndak ada habisnya, bisa berabe.

Walaupun mereka sudah menunjukan ID card dari Unicef dan contoh orang pada formulir pendaftaran yang sudah ikut mendaftar, banyak juga sih. Tapi itu semua khan bisa dibuat-buat untuk pancingan saja. Usut punya usut saya lihat acara Delik di RCTI yang membahas tentang para pencari sumbangan fiktif. Rupanya peminta sumbangan dari Unicef ini adalah rekanan pihak ke3 dari Unicef dan bukan dari Unicef langsung yang bertugas mencari himpunan dana di Indonesia. Tetapi rupanya ijin tersebut dari Dinas Sosial sudah kadaluarsa. Makanya rawan penyelewengan.

Namanya pencari sumbangan mana ada yang namanya gratis, ini khan Indonesia man, tidak seperti luar negeri yang banyak berjiwa volunter. Maka pastilah mereka bekerja untuk mencari duit, hasil sumbangan pastilah mereka ambil untuk administrasi makan dan transport, tapi apakah sumbangan dari orang dermawan itu sampai pada orang-orang yang membutuhkan. Lebih berdosa dari orang berdosa karena para pencari sumbangan fiktif ini sudah menipu dan mencuri haknya orang-orang yang kekurangan serta mengeksploitasi kesusahan orang lain demi keuntungan pribadi.

Dalam acara Delik tersebut diterangkan ada keluarga dengan anak penderita Hydrocephalus dari Jember yang tidak bisa melanjutkan operasi karena kekurangan dana dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab oleh LSM di Jakarta dengan menjadi bahan untuk menarik simpati masyarakat untuk mencari sumbangan. Ujung-ujungnya setelah dikonfirmasi dengan keluarga dari Jember tsb, mereka tidak tahu menahu dan tidak pernah menerima bantuan dari manapun untuk bantuan biaya operasi anak mereka.

Banyak juga selain itu saya menemui di jalan saat perjalanan naik bus atau tempat umum, orang-orang yang minta sumbangan untuk pembangunan mesjid, untuk pesantren, panti asuhan, dll. Mereka menunjukkan contoh surat ijin dari yayasan yang mereka fotocopy, tapi saya kurang respect dengan hal itu. Walaupun disitu sudah ada kop surat dari yayasan dan nomor teleponnya, paling juga dibuat-buat. Ya kalau sumbangan saya ini sampai pada yang berhak, kalau dipakai mereka sendiri, sama saja kita buang-buang duit, kena tipu juga, lebih baik tidak usah.

Permintaan sumbangan yang saya ambil dari berbagai sumber :
  1. Ada nama terang penanggung jawab yayasan dan nama yayasan/organisasi
  2. No ijin dari Dinas Sosial
  3. Ijin dari RT dan RW setempat
  4. Alamat dan no telepon yayasan/organisasi bisa kita konfirmasi kebenarannya
  5. Sumbangan tidak bersifat memaksa / harus memberi
Saran saya jika anda akan memberi sumbangan sebaiknya bisa diberikan secara langsung tanpa pihak ketiga. Dan diberikan pada orang yang tepat. Bisa dengan mengadakan acara ulang tahun di panti asuhan, acara makan bersama di panti wreda, pemeriksaan kesehatan gratis di panti, dll. Hal tersebut lebih bermakna karena kita bisa juga berinteraksi langsung. Kalau diberikan pada organisasi atau yayasan sebaiknya minta kwitansi, sebagai tanda bukti bahwa kita sudah memberikan sumbangan.

Bersedekah dan memberi adalah perbuatan yang mulia dan sangat disenangi Tuhan, tetapi pertanyaannya apakah yang kita beri tersebut sampai pada sesama kita yang membutuhkan ? Hal itulah yang harus kita sadari dan harus kita mengerti, karena bisa saja sumbangan fiktif seperti cerita di atas dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab demi kepentingan pribadi orang lain.



Sudah tak terasa besok dah akhir tahun



Tidak terasa bulan depan sudah bulan desember penghujung akhir tahun 2011, dan jujur sekarang masih Jomblo, hahaha ... Salah satu evaluasi dari diri saya :)

Wah, begini ini kalau sibuk dengan pekerjaan, nggak ada habisnya, rutinitas harian yang berulang dan ulang lagi. Kalau tidak ada pacar rasanya flat-flat saja. Temen wanita banyak, tapi beda khan kalau punya pacar seperti dulu.

But it's ok.... saya mau jadi high quality Jomblo, bukan Jomblo karena nggak laku tapi karena orang single yang lebih mengedepankan kualitas dalam hidup ini. Jangan sampai salah pilih karena hanya satu untuk seumur hidup, tunggulah hai kekasihku, kelak kita akan bertemu, aku takkan berhenti berdoa dan berharap suatu saat kita akan dipertemukan olehNya suatu saat nanti.


Pernah sih baca dari Pak Mario Teguh :

Adikku yang gelisah dengan pengejaran cinta,
dengarlah ini Engkau terlalu sibuk
merindukan balasan cinta
dari orang yang kau cintai,
sehingga mengabaikan
kemungkinan hidup yang indah
bersama orang yang sudah jelas-jelas mencintaimu. Apakah orang yang ku cintai itu
pasti akan membahagiakanmu? Hmm … Bukankah mungkin saja
orang yang mencintaimu
tapi yang kau abaikan itu,
akan lebih memuliakanmu? Terkadang,
engkau membuang emas di tangan
untuk arang yang belum jadi.

Mario Teguh



Wah jadi nelangsa ... sabar ...

Salam Jomblo.

Jadwal Dan Reservasi Tiket Kereta Api

No tempat duduk pada tiket kereta api

Penjualan tiket Ka ekonomi yang dilengkapi nomor tempat duduk ini secara resmi mulai diberlakukan per 19 September kemarin di semua stasiun yang sudah on line. Pemesanan tiket Ka ekonomi ini dilayani untuk 7 hari sebelum keberangkatan (H- 7) khusus untuk kereta-kereta ekonomi dengan jarak jauh.

Untuk KA ekonomi yang lain pembelian tiket hanya bisa dibeli pada hari keberangkatan di stasiun on line pemberhentian kereta api pada hari keberangkatan (hari H) ,sepanjang masih tersedia karena kapasitas yang terbatas.

PT KAI akan lebih meningkatkan lagi sisi kenyamanan dan keamanan penumpang KA ekonomi dengan menerapkan pembatasan kapasitas maksimal 125 persen per kereta untuk semua KA ekonomi mulai 19 September 2011.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, untuk membatasi penumpang tanpa seat (berdiri) maksimal 25 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia. Jumlah seat tiap kereta ekonomi sebanyak 106 tempat duduk, sehingga tiket tanpa seat hanya disediakan untuk 26 penumpang per kereta. Dengan pembatasan kapasitas baru ini diharapkan kenyamanan dan keamanan penumpang akan lebih meningkat.

Saya rasa hal tersebut merupakan kemajuan dari PT KAI demi kenyamanan para penumpang, selain dari adanya pengamen dan pengemis dalam gerbong, penumpang gelap, serta penumpang yang tidak membayar/mempunyai tiket.

Tetapi dari kebijakan tersebut yang dirasa prematur dan cepat dilakukan pelaksanaanya dengan sosialisasinya bersamaan dengan peraturan tersebut diaplikasikan. Ada penumpang yang pro ada yang kontra juga. Karena saya penumpang jarak dekat, saya merasa terganggu dengan kebijakan tersebut, berbeda dengan penumpang dengan tujuan jarak jauh.
  • Karena masalahnya pada hari weekend akhir pekan sabtu minggu tidaklah gampang mendapatkan tiket walaupun kita datang ke stasiun 1 jam lebih awal. Terkadang kita menemui tiket sudah habis terjual, dari tellernya menjelaskan tiket sudah habis karena penjualan sudah memenuhi kuota pemberangkatan, input data secara online, dan sayangnya pada hari sibuknya orang balik ke kampung maisng-masing waktu sabtu minggu, PT. KAI mengalokasikan armada kereta apinya dengan jumlah tetap seperti hari biasa dan itu semua full. Jadi walaupun keretanya belum berangkat, tapi karena kuotanya sudah penuh, ya kita tidak bisa naik, tunggu jadwal keberangkatan selanjutnya.
  • Kita tidak bisa mendapatkan tiket secara langsung, kalau calon penumpang misalnya mempunyai jadwal keberangkatan yang mendadak pasti akan kesulitan mendapatkan tiket pemesanan tiket H-7 sebelum hari keberangkatan. Kalau masih dapat tiket, anda orang yang beruntung.
  • Meningkatkan celah para calo baik dari penjual tiket sendiri, pegawai dalam PT. KAI maupun dari pedagang asongan di sekitar stasiun.

Melihat Info jadwal Keberangkatan dan Tiket Kereta Api

Tips untuk Jadwal Dan Reservasi Tiket Kereta Api bisa dilihat di website PT. KAI di www.kereta-api.co.id lihat gambar.

Untuk KA Komersial ( Eksekutif dan Bisnis ) :
A. Penjualan dan pemesanan di Loket stasiun PT. KA.

  1. Penjualan melalui loket di stasiun dilayani atau dibuka mulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Untuk pemesanan tiket, dilayani mulai 30 hari sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pembayaran tiket sesuai dengan tarif KA yang bersangkutan.

B. Pemesanan lewat Pusat Reservasi

  1. Pembelian atau pemesanan tiket KA dilayani mulai dari 30 hari sampai dengan jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Calon bisa datang langsung untuk memesan tiket dengan membayar sesuai tarif dan yang bersangkutan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.

C. Penjualan lewat Agen

  1. Penjualan lewat agen ini dilayani mulai dari 30 hari – 1 hari sebelum keberangkatan KA yang dimaksud
  2. Calon penumpang bisa datang langsung untuk membeli tiket dengan membayar sebesar tarif plus ekstra charge dan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
  3. Penjualan lewat agen ini hanya melayani penjualan tiket KA untuk penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
  4. Bisa di Indomaret, Drive Thru, Mobile Ticketing Online dan bank-bank yang ditunjuk.

D. Penjualan lewat Call Center

  1. Penjualan atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di Call Center KA melalui nomor panggilan 121 dan 021 – 21391121.
  2. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kode booking / kode bayar yang selanjutnya penumpang dapat melakukan pembayaran lewat e-banking.
  3. Untuk saat ini bank yang bisa melayani adalah ATM Bank Mandiri, Bank BII, Bank BRI, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah dan OCBC NISP.
  4. Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking.
  5. Resi pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online.
  6. Pemesanan tiket dianggap batal jika pembayaran melalui ATM tidak dilakukan dalam periode waktu 3 jam tersebut.
  7. Pemesanan tiket lewat Call Center ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 1 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  8. Pemesanan tiket tersebut hanya untuk tiket dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.

E. Penjualan lewat loket PT. POS

  1. Penjualan dengan sistem ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 2 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  2. Pemesanan / penjualan dengan sistem ini dilayani di loket kantor Pos yang sudah online.
  3. Dalam pemesanan / penjualan tiket dengan sistem ini, calon penumpang bisa langsung membayar tiket KA sebesar tarif plus ekstra charge.
  4. Kemudian calon penumpang memperoleh resi atau bukti pembayaran yang oleh calon penumpang akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun.
  5. Pada resi yang diberikan oleh PT. POS ini sudah ada informasi mengenai KA, tanggal keberangkatan, al dan tujuan, dan juga ada informasi kode booking / kode bayar yang akan dipakai stasiun untuk mencetak tiket.
  6. Pemesanan / pembelian tiket KA melalui sistem ini juga hanya melayani penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.

Untuk KA Ekonomi :

  • Pada prinsipnya penjualan tiket KA Ekonomi dilakukan secara langsung di loket stasiun sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan
  • Beberapa Daop tempat pemberangkatan awal KA melayani pemesanan tiket KA Ekonomi yang pelaksanaannya diatur sesuai kebijakan Daop masing-masing.
  • Untuk KA kelas Ekonomi yang sudah menggunakan tiket komputer baru 3 Daop, yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya, itupun baru dari stasiun awal pemberangkatan KA

Semoga Bermanfaat.

Friendster - Jejaring Sosial Online Game

Friendster Changing Logo

Masih ingat dengan jejaring sosial Friendster, waktu dulu masih belum booming-boomingnya internet, waktu SMP, gini-gini saya sudah punya account friendster lho .... :)

Sekarang jejaring sosial yang paling rame kebanyakan pakai Facebook untuk update statusnya. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog, bisa dibilang Friendster adalah kakeknya dimulai jejaring sosial yang pernah kita kenal. Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia. Sejak Desember 2009 MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga AS$ 100 juta.


Sekarang Friendster sudah berganti themanya menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log menggunakan surel dan sandi lama mereka. Jadi kalau kamu masih ingat akun dan password kamu, login saja lagi, mungkin masih bisa :) Mereka juga menyatakan bahwa daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada "hiburan dan kesenangan"

Dengan slogan baru Living The Game. Kita bisa memainkan game secara online di friendster dan juga bisa berinteraksi dengan pemain lain dan juga bisa me-add mereka sebagai teman kita. Kita bisa chating lewat buddy list di pojok kanan bawah.

Siapa yang sudah coba ?! DAFTAR FRIENDSTER disini,peluang dapatkan poin tiap login.

Indonesia Juara Sea Games, Skor Melesat di Depan

Data perolehan medali Sea Games Indonesia 2011 diambil tanggal 21 November 2011 Pukul 24.00. Indonesia melesat pada rangking pertama dan tidak terkejar oleh negara peserta yang lain. Dipastikan Indonesia sebagai Pemenang Pekan Seagames XXVI ini. Penutupan se Games dilaksanakan besok tanggal 22 November 2011.

Team Sepak Bola Seagames Indonesia Kalah di Adu Penalty pada pertandingan Final


Akhirnya Indonesia gagal untuk meraih medali emas dan harus puas untuk meraih perunggu pada peringkat kedua. Kalah pada adu penalty dengan skor final akhir 5 - 4 unggul Malaysia, dengan eksekusi terakhir oleh Kapten Team Malaysia Bakhtiar Baddrol dimana bola yang sebenarnya sudah berhasil diblok oleh kiper Kurnia Mega tapi karena tendangan yang sangat keras maka meleset dan masuk ke gawang Indonesia.

Berikut Pemain yang diturunkan oleh Pelatih Timnas Indonesia, Rachmad Darmawan :

Lapangan : Kurnia Mega; Gunawan Dwi Cahyo, Abdul Rahman, Hasim Kipuw, Diego Michels, Mahardiga Lasut, Egi Melgiansyah, Octovianus Maniani, Andik Vermansyah, Patrich Wanggai, Titus Bonai.

cadangan: Andritany Ardhiyasa, Hendro Siswanto, Lucas Mandowen, Hasim Kipuw, Yongky Aribowo, Seftia Hadi, Yericho Cristiantoko, Ramdani Lestaluhu.


Susunan Pemain Team Garuda Indonesia

Dari jalannya permainan, Indonesia lebih dulu memasukkan bola ke gawang Malaysia pada menit ke 5 oleh Gunawan Dwi Cahyo.
Menit terakhir Patrich Wanggai tidak bisa mengikuti pertandingan karena cedera otot, sampai adu penalty.


Berikut Pemain yang diturunkan oleh Pelatih Tim Malaysia, Ong Kim Swee :

Lapangan : Che Mat Khairul Fahmi; Jasuli Mahali, Omar Mohd Asrarauddin, Fazail Mohd Irfan, G kandasamy Gurusamy, Ahmad Mohomad Muslim, Bakhtiar Baddrol, Mansor Muhd Nazmi Faiz, Mohd Shas Mohamad Fadhli, Ambumamme Thamil Arasu, Saarani Ahmad Fakri

Cadangan: MOhd Azmi Mohd Zubir, Jusoh Abdul Shukur, Othman Mohamd Fandi, Roslan Mohd Izham Tarmizi, Yong Kuong Yong, Wan Zakaria Wan Zaharul, Ramlan Izzaq Faris


Susunan Pemain Team Malaysia

Gol dicetak M Asraruddin Omar pada menit ke 35 melalui sundulan setelah menerima umpan tarik dari Kapten Bakhtiar Baddrol.

Tapi Team Indonesia sudah melakukan perjuangan terbaiknya, berjibaku di lapangan untuk Indonesia, dan tetap menang. Kita semua bangga atas pertandingan hari ini. Tidak ada sesuatu perjuangan yang percuma dan sia-sia, serta hendaknya hal tersebut bisa menjadi momentum perubahan bagi sepak bola Indonesia dan juga cermin bagi suporter Indonesia.

Terimakasih Garuda Indonesia !!!

Yang kalah totoan, jangan bersedih, wakakaka .....

Garuda di Kaosku




Sangat menyenangkan ketika menonton Team Sepak Bola ketika nonton di TV apalagi bisa menonton langsung di arena pertandingan.

Antrian tiket sampai mengular di stadion Gelora Bung Karno untuk menonton laga semifinal pertandingan Indonesia VS Malaysia yang merupakan menjadi banyak harapan para suporter mania agar Indonesia bisa menang. Animo masyarakat sangat besar untuk menonton laga Timnas bermain habis-habisan dan mencetak goal di kandang malaysia. Indonesia pasti Menang !

Semangat dan aura dukungan yang menggebu-nggebu sangat besar di arena sepakbola ini, dan saya pribadi sangat senang dengan semangat para suporter mania timnas ini. Bisa kita rasakan ketika kita masuk stadion dan mendengarkan gemuruh suporter melihat para pemain menyerang dan mencetak goal, sangat menggetarkan hati.

Tapi ketika tiket sudah habis dan sudah tidak ada lagi, alias tidak kebagian, tempat penjualan tiket dibakar oleh massa dengan kaos merah itu. Sangat disayangkan dan tidak patut ditiru.

"Garuda di Dadaku" adalah slogan yang sering dikumandangkan saat pentas olahraga seperti sepakbola dijadikan objek logo kemenangan. Sangat bangga mengenakan kaos dengan lambang garuda di dada ini, sudah seperti holigan inggris saja semangatnya.

Garuda di Kaosku

Tapi euforia ini hanya sebatas sampai bangku stadion ini saja dan hanya saat Garuda di Kaos ini dipakai. Ketika kaos ini dilepas, roh garuda dan semangat Garuda ini rasanya sudah lepas. Toh itu hanya slogan. Semoga hal tersebut tidak terjadi pada Anda, dan kita bisa lebih meresapi apa arti semangat Garuda untuk bangsa ini.

Dan jika Anda tidak punya kaos garuda, pastikan semangat itu ada dalam diri anda, dan selalu hidup dalam semangat sehari-hari bukan hanya slogan semata.



Bagaimana Mengurus Kelengkapan Surat-Surat, Gara-gara dompet hilang, kecopetan, dijambret, dll.


Surat Laporan Kehilangan

Anda menjadi korban kejahatan di suatu tempat atau dalam suatu perjalanan, korban pencopetan, jambret, pencurian, perampokan, dll. Sehingga semua surat-surat berharga berikut dompet anda hilang dibawa si penjahat tersebut. Apa yang harus kita lakukan ?

Hal ini pernah saya alami saat perjalanan dari banyuwangi ke surabaya saat transit naik bus di terminal probolinggo. Modusnya menggunakkan metode silet, dompet saya beserta isinya menjadi sasaran. Dasar apes, hal tersebut saya sadari ketika terbangun dari tidur karena kecapaian, karena sudah di atas bus saya tidak bisa turun, jadi Surat Pelaporan Kehilangan saya buat di Kantor Polisi Terminal Purabaya Surabaya. Saya curiga dengan para asongan-asongan yang bergerombol menjajakan dagangannya, di antara mereka ada gerombolan tukang copet dan tukang silet yang menyamar sebagai penjaja asongan, mereka mengambil dan beraksi bila penumpang ada yang lengah, sambil menjajakan dagangannya mereka juga mencari korban yang lengah dan bisa dijadikan sasaran empuk. Aksi mereka dilakukan secara berkelompok. Hati-hati juga dengan metode gendam dan tolak dengan sopan bila ada yang memberi makanan atau minuman dari orang yang baru anda kenal.

Berbekal dompet yang sudah hilang dengan kantong celana yang sudah bolong, saya menuju ke pos polisi yang ada di dalam terminal. Saya melaporkan pada petugas yang sedang dinas tersebut tentang kejadian yang saya alami, nanti akan dicatat dan kita akan dibuatkan surat laporan kehilangan untuk mengurus surat-surat yang juga hilang.

Anda juga bisa menemui pos polisi di tempat umum seperti pelabuhan, terminal, bandara, dll. Jangan lupa minta legalisirnya satu lembar untuk tambahan mengurus surat. Biayanya gratis karena saya kecopetan :)

  1. Pertama-tama mengurus KTP terlebih dahulu karena semua pengurusan surat-surat memerlukan KTP sebagai salah satu syaratnya. Bawa Surat Laporan Kehilangan sebagai surat pengantar. Sangat membantu bila anda punya fotocopy KTP yang hilang.
  2. Jika punya SIM, bawa Surat Laporan Kehilangan sebagai surat pengantar. Sangat membantu bila anda punya fotocopy SIM yang hilang, nanti langsung menuju ke gudang arsip, nanti kita akan diberi bukti arsip pembuatan SIM kita yang nantinya kita fotocopy untuk pembuatan SIM kembali. Biasanya nanti masuk perpanjangan jadi tidak usah ujian kembali dari nol. Untuk Surat Laporan Kehilangan sebagai surat pengantar bisa kita minta kembali untuk mengurus surat yang lainnya.
  3. Untuk ATM, Kartu debet dan Kartu Kredit. Kita bisa datang ke bank penerbit dengan membawa Surat Laporan Kehilangan sebagai surat pengantar dan buku tabungan. Nanti dipotong biaya administrasi atau didebet dari saldo tabungan kita.
  4. Kalau diperlukan mengurus SIM Card, kita ke galeri operator terdekat, dengan membawa KTP, KK dan Surat Laporan Kehilangan. Jangan lupa no kita lho. Nonya bisa dibuat kembali, tetapi data-data phonebook dan SMS tidak bisa dikembalikan.
  5. Untuk surat yang lain kita bisa mengurusnya ke instansi yang bersangkutan. Jangan lupa Surat Laporan Kehilangan berlaku selama 2 minggu atau 14 hari sejak laporan kehilangan.
Saran saya :
  • Fotocopy atau scan kartu atau surat penting yang anda punya sebagai arsip. Sangat membantu bila terjadi kejadian seperti kehilangan.
  • Sejak terjadinya kejadian kehilangan, secepatnya kita melapor pada instansi yang terkait, kalau misalnya Kartu ATM segera blokir dengan menelepon Call Center.
  • Hubungi orang terdekat kita untuk memberitahu kejadian yang kita hadapi. Dimungkinkan ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan kesempatan dengan data-data dan surat-surat atau kartu yang hilang tersebut.
Semoga bermanfaat. Tetap waspada dan antisipasi tindak kejahatan yang mungkin terjadi di sekitar kita.



Tips Pendaftaran Dan Perpanjangan SIM Baru

Pendaftaran dan Perpanjangan SIM

Wajib punya SIM (Surat Ijin Mengemudi) kalau punya kendaraan bermotor, kalau tidak mau ditilang pak polisi . Untuk tempatnya bisa datang ke Ditlantas di kota kamu atau lewat Mobil SIM keliling juga bisa. Satu hari jadi koq, asalkan stok kartu SIMnya nggak habis dan kamu bisa lulus test teori ataupun praktek.

Golongan SIM berdasarkan Pasal 80 UU No. 22 Tahun 2009
  • SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg
  • SIM B2, untuk mengemudikan Kendaraan alat berat, Kendaraan penarik, atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
  • SIM C, untuk mengemudikan Sepeda Motor.
  • SIM D, untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat.
Kalau untuk pengemudi kendaraan umum, juga mempunyai SIM yang jenisnya berbeda :

Golongan SIM Umum berdasarkan Pasal 82 UU No. 22 Tahun 2009:

  • SIM A Umum, untuk mengemudikan kendaraan bermotor umum dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1 Umum, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2 Umum, untuk mengemudikan Kendaraan penarik atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
Ada hal yang perlu kita tahu tentang jenis SIM antara lain :

SIM untuk kendaraan bermotor dapat digunakan sebagai SIM kendaraan bermotor yang jumlah beratnya sama atau lebih rendah, sebagai berikutPasal 84 UU No. 22 Tahun 2009:

  • SIM A Umum dapat berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang seharusnya menggunakan SIM A.
  • SIM B1 dapat berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang seharusnya menggunakan SIM A.
  • SIM B1 Umum dapat berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang seharusnya menggunakan SIM A, SIM A Umum, dan SIM B1.
  • SIM B2 dapat berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang seharusnya menggunakan SIM A dan SIM B1.
  • SIM B2 Umum dapat berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang seharusnya menggunakan SIM A, SIM A Umum, SIM B1, SIM B1 Umum, SIM B2.

Persyaratan pembuatan SIM baru :

1. Harus sudah mencapai syarat usia :
  • 17 tahun untuk SIM C dan D
  • 17 tahun untuk SIM A
  • 20 tahun untuk SIM B1
  • 21 tahun untuk SIM B2
2. Fotokopi KTP
3. Sertifikat lulus kursus mengemudi, sesuai dengan peruntukan jenis pendaftaran SIM. (Optional)
4. Untuk perpanjangan, harap membawa SIM anda yang lama.

Alur Pembuatan SIM

Berikut alur pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM :
  1. Pertama kita ke loket pendaftaran dan perpanjangan SIM untuk memperoleh formulir pendaftaran/ perpanjangan SIM.
  2. Isi kelengkapan formulir dan kelengkapan persyaratan yang diperlukan.
  3. Lalu ke loket Tes kesehatan untuk pendaftaran baru dan perpanjangan. Dicek golongan darah, tinggi badan dan berat badan. Nanti kita akan menerima bukti tes kesehatan dan kwitansi.
  4. Kalau sudah, kembali ke pendaftaran dan perpanjangan SIM untuk membayar peruntukan pendaftaran atau perpanjangan SIM. Nanti kita akan menerima bukti pembayaran dari bank BRI. Untuk asuransi kita boleh beli boleh tidak. Nanti ada petugas yang akan mengecek kelengkapan surat-surat kita, terus ada yang distempel.
  5. Nanti map yang sudah dicek tersebut akan dikembalikan ke kita, bila ada kekurangan kita akan diberitahu. Untuk pendaftaran baru, map kita masukkan ke antrian loket tes teori, duduk dulu untuk menunggu panggilan.
  6. Jawab pertanyaan dengan benar, tidak usah terburu-buru karena setiap pertanyaan diberi waktu kira-kira 15 detik. Kita nanti tekan tombol-tombol sesuai dengan jawaban kita, pertanyaan kita lihat di layar, nggak bisa nyontek oi. Kalau yang sudah ikut kursus pasti nanti diberi kisi-kisi ujian SIMnya. Kalau sudah selesai, tunggu 15 menit untuk pengumuman hasil ujian tes teori, kalau gagal ya mengulang minggu depan.
  7. Setelah lulus ujian teori, nanti kita diberi hasil ujian teori yang sudah diacc, lanjut ke ujian praktek. Kendaraannya sudah disediakan dari kantor polisi, kita mengikuti instruksi dari petugas di lapangan. Ada alur jalan yang harus kita lalui, setelah ujian nanti kita akan diberitahu hasilnya, kalau gagal mengulang minggu depan.
  8. Semua ujian lulus, kembalikan map berisi hasil ujian dan persyaratan yang sudah kita dapatkan tadi ke loket pengambilan photo SIM, sebaiknya memakai pakaian berkerah. Untuk perpanjangan langsung ke loket ini setelah semua administrasi dan tes kesehatan sudah dilakukan, tidak usah ujian teori atau ujian praktek. Ambil antrian kalau sudah difoto, nanti kita cap jempol dan tanda tangan yang otomatis disimpan ke database kepolisian.
  9. Tunggu SIMnya yang sudah jadi, kira-kira 30 menit. Cek kembali nama, tempat tgl lahir dan SIM yang kita daftarkan apakah sudah sesuai. Kalau sudah ok, jadi deh SIM kita, jangan lupa kalau SIMnya sudah mau kadaluarsa perpanjang minimal 3 bulan sebelum waktunya, kalau nanti telat kena denda.
Foto SIM

Untuk biaya-biaya perpanjangan dan pendaftaran SIM
  1. Tes kesehatan: Rp 20.000
  2. Pembelian formulir: Rp 75.000
  3. Pembelian asuransi: Rp 30.000
  4. Tes tertulis: gratis
  5. Tes praktik: Rp 5.000 sampai Rp 10.000
  6. Foto dan tanda tangan: gratis
Untuk lebih jelasnya kamu bisa bertanya di bagian informasi, lihat papan pengumuman yang ada, dan tempat kita kursus mengemudi. Lebih baik urus sendiri kalau kamu punya waktu, kalau pakai calo biayanya tambah 25rb - 35 rb, dan kalau pengambilan foto tidak bisa diwakilkan kita harus datang sendiri, biar lolos ujian teori sama ujian praktek saja.

Oiya untuk informasi, bila ingin berpindah tempat penerbitan SIM, maka SIM harus dicabut di tempat asal SIM diterbitkan, kemudian mendaftarkan SIM baru di bagian Tata Usaha SAMSAT tempat yang baru sambil membawa KTP tempat yang baru.

Ketimbang kena tilang seperti gambar di bawah, gara-gara kurang lengkapnya surat-surat, urus SIM bagi yang belum punya.

Jangan ditilang pak, rumah saya jauh, hihihi ...

Komentar SARA di Artikel Yahoo News

Sering buka email di Yahoo ?

Pasti pernah baca beberapa artikel berita Yahoo di halaman depannya. Maklum saja sebagai penyedia account email gratis yang digandrungi oleh sebagian besar warga dunia maya dari kawasan Asia selain Gmail, dan Hotmail. Yahoo menyediakan artikel berita pada halaman depan yang selalu mengikuti tentang berita hangat di daerah tersebut.

Misalnya Singapore (sg.yahoo.com) Malaysia (malaysia.yahoo.com) dan Indonesia (yahoo.co.id). Tetapi tahukah Anda, apa yang membuat saya agak heran dengan artikel berita di Yahoo tersebut.

Sebagai pembaca artikel Yahoo dari Indonesia, saya melihat wartawan Yahoo hanya mengambil berita dari web penyedia layanan berita yang lain baik itu dari lokal maupun internasional. Dan tentang komentar dari pembaca, kebanyakan bernada SARA dan saling mengolok-olok baik itu masalah agama, suku bangsa, masalah politik, fans, dll. Dan komentar yang tidak bermutu tersebut tidak diberikan tindakan tegas dari Yahoo, mungkin tidak ada moderator untuk bagian comment kali ya, jadi cuma ada like atau dislike untuk komentar yang diajukan. Hal itu berlaku untuk komentar di ketiga web Yahoo di atas, baik dari Singapura, Malaysia maupun Indonesia.
Mungkin masalahnya kalau nggak ngerti bahasanya ya translate di google, hehehe ...

Ya seharusnya pengguna account harus lebih bijaksana dalam berkomentar dan menyatakan suatu pendapat, jangan gontok-gontokan. Dan juga dari Yahoo news sebagai artikel berita tempat media sosial di dunia maya seharusnya juga bisa memberikan batasan dalam hal tersebut. Dan mohon beritanya jangan menyulut, mengajak seseorang untuk memberikan tanggapan negatif.

Panduan Merubah Bahasa di Game GTA San Andreas B13 NFS 2011



GTA San Andreas B13 Need For Speed


Kemarin baru download game ini, soalnya kemarin waktu main PS2, game ini sangat jadi favorit untuk dimainkan. "Lebih senang jadi preman daripada jadi polisi" hahhaha :) ...

"Grand Theft Auto San Andreas B13 Need For Speed Most Wanted 2011" mungkin bisa menjadi salah satu game yang patut anda coba di rumah, bisa dipakai untuk Win 7 koq.

Tapi kemarin setelah install saya dibingungkan dengan bahasa yang aneh dan saya tak kenali. Baik itu subtitle maupun suara gamenya yang sangat asing bagi saya. Setelah saya cari-cari bentuk tulisannya, rupanya menggunakkan bahasa rusia. Kalau nanti tulisannya bahasa mandarin ataupun bahasa jepang, mungkin sudah saya uninstall gamenya :) ...
Nggak ngerti sama sekali soalnya, wkwkwkkw ...

Oiya begini, yang ingin tahu bagaimana merubah bahasa rusia menjadi bahasa inggris (tidak bisa bahasa indonesia atau malaysia) tidak usah menggunakkan patch ataupun installer lain. Mau tahu caranya, baca terus ya ....

Ada paling tidak 5 langkah yang harus kita lakukan untuk merubah bahasa rusia ke bahasa inggris, setelah langkah-langkah di bawah ini anda lakukan, secara otomatis berubah ke bahasa inggris baik itu subtitle tutorial game dan bahasa pengantar saat game ini kita mainkan.

Ok, langsung saja guys, saya sertakan petunjuk gambarnya untuk mempermudah, klik saja gambarnya untuk melihatnya lebih jelas.

1. Masuk seperti biasa ke Game GTA San Andreas B13 NFS 2011 masih Rusia Languange Mode. Nanti kamu akan menemui menu seperti gambar di bawah. Pilih yang tengah seperti yang kursor saya pilih.



2. Menu selanjutnya pilih lagi yang paling bawah sendiri ...



3. Menu selanjutnya pilih yang bawah sendiri lagi... (bawah terus mode on) .... :)


4. Klik lagi dan tara ..... bahasanya sudah berubah ke bahasa inggris, selamat anda berhasil ...


5. Yang terakhir, jangan lupa klik back untuk kembali ke menu utama.



Ok guys, selamat mencoba, having fun :)

Tips Informasi Tentang Investasi


Mau banyak duit, ya investasi. Itu ada benarnya juga. Karena dengan berinvestasi berarti kita menanamkan sejumlah uang atau membeli suatu aset dengan maksud memperoleh keuntungan pada masa datang yang telah ditentukan/sedang berjalan. Dalam berinvestasi selalu ada risiko kerugian yang mungkin saja dialami. Suatu investasi yang dapat memberi peluang keuntungan lebih besar, biasanya akan diikuti dengan risiko kerugian yang lebih besar pula. Anda sebaiknya mengenal keuntungan yang dapat diperoleh beserta risiko kerugian yang mungkin diderita.

Jenis Investasi terbagi menjadi 2 yaitu aset riil dan aset finansial. Aset riil adalah aset yang dimiliki dan memiliki wujud yang kita simpan atau miliki. Contohnya aset riil adalah rumah, tanah dan emas. Sedangkan, aset finansial tidak berwujud, biasanya hanya berupa kertas yang merupakan bukti kepemilikan investasi kita.

Apa saja investasi yang dapat kita lakukan, di antaranya :
  • Tabungan. Menyimpan uang di bank untuk dipergunakan kemudian jika diperlukan. Resikonya uang dapat dengan mudah berkurang, karena dapat diambil kapan saja dengan mudah didebet administrasi bulanan dari bank serta bunga yang kecil.
  • Deposito. Menyimpan uang untuk periode tertentu, dengan bunga yang dapat diterima lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Resikonya bila belum jatuh tempo uang tidak dapat diambil atau akan mendapat penalti bila diambil sebelum waktunya.
  • Reksadana. Adalah tempat menghimpun dana secara kolektif. Dana yang terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi yang akan diinvestasikan pada jenis investasi lainnya. Bila mendapat keuntungan atau kerugian akan dibagi secara rata untuk para investor. Ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang baru memulai untuk berinvestasi. Jenis risikonya berbeda, tergantung jenis risiko yang dipilih. Jenisnya adalah reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran.
  • Obligasi. Obligasi adalah surat hutang, merupakan bukti bahwa kita memberikan hutang kepada perusahaan tertentu atau pemerintah. Pihak yang berhutang akan memberi bunga untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu pengembalian hutang lebih dari satu tahun. Obligasi yang paling aman adalah obligasi atau surat utang dari negara. Bunga lebih besar dibandingkan deposito. Resikonya Jangka waktu panjang (> 1 tahun), sehingga tidak dapat dicairkan bila diperlukan atau bila ingin berinvestasi lain. Bila pihak yang berhutang bangkrut, berarti tidak dapat mengembalikan hutangnya.
  • Saham. Memiliki saham berarti Anda memiliki kepemilikan dalam suatu perusahaan. Uang yang kita tanamkan dijadikan sebagai modal untuk perusahaan tersebut. Perusahaan akan memberikan keuntungan yang diterima kepada para pemegang saham yang disebut sebagai deviden. Bila dinilai baik atau banyak orang yang berminat untuk membeli saham suatu perusahaan, harganya akan naik, sehingga bila Anda menjual sahamnya akan memperoleh keuntungan. Sebaliknya, bila perusahaan menderita kerugian, harga sahamnya dapat turun sehingga Anda dapat menderita kerugian. Saham ini dapat dibeli pada perusahaan sekuritas. Untuk tiap transaksi jual atau beli, Anda akan dikenakan biaya. Bila harga saham naik anda untung, tapi bila turun dipastikan anda sedang rugi/bangkrut.
  • Emas. Harga emas cenderung naik setiap tahun, itulah sebabnya banyak orang yang membeli emas kemudian menjualnya saat harganya naik. Bila hendak digunakan untuk investasi, emas yang dibeli hendaknya berupa logam mulia batangan atau koin daripada emas dalam bentuk perhiasan. Emas batangan atau koin tidak mengalami penyusutan atau ongkos pembuatan yang biasa dikenakan apabila kita menjual dalam bentuk perhiasan. Kemudahannya mudahuntuk dicairkan kapan saja karena merupakan aset likuid, tapi resikonya juga besar karena sulit dalam penyimpanan/keamanan karena bila tidak hati-hati dapat dengan mudah dicuri.
  • Properti. Sama seperti emas, harga properti yaitu rumah dan tanah cenderung akan naik. Dengan membeli properti, dan menjualnya di kemudian hari akan mendatangkan keuntungan karena harga jualnya sudah naik. Harga rumah akan cepat naik bila lokasinya strategis atau dekat dengan fasilitas umum, ini dapat menjadi pertimbangan saat akan memilih lokasi. Bila akan membeli rumah di perumahan yang belum atau masih dibangun, pastikan pengembang dapat dipercaya dan adanya perjanjian yang jelas, karena ada beberapa kasus, setelah kita membayar, pembangunan rumah tidak dilanjutkan yang mengakibatkan kerugian. Resikonya memerlukan dana yang besar untuk membeli rumah atau tanah. Dan properti bukan aset yang likuid karena tidak mudah untuk menjualnya secara cepat bila suatu saat membutuhkan uang.
  • Asuransi. Untuk yang satu ini bisa menjadi alternatif terakhir, karena sebenarnya yang benar itu tabungan rencana keuangan masa depan dengan perlindungan polis asuransi. Saya sarankan untuk memilih asuransi pendidikan, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Hal tersebut sesuai dengan cover polis yang kita daftarkan. Resikonya kita tidak bisa mencairkan dana dari premi yang kita bayarkan dan dengan mengambil asuransi merupakan suatu proteksi terhadap diri anda dan penggantian resiko/klaim harus sesuai dengan kontrak dengan perusahaan asuransi maka akan mendapatkan pergantian yang biasa disebut uang pertanggungan.
Pertimbangkan juga kapan Anda ingin mengambil kembali hasil investasi, apakah hanya untuk periode pendek atau untuk jangka waktu panjang. Bila Anda ada keperluan dalam waktu dekat, pilih investasi dengan risiko rendah dan berifat liquid. Sedangkan, untuk jangka panjang, Anda dapat memilih investasi dengan risiko tinggi yang dapat memberi keuntungan yang lebih besar.

Karena berinvestasi memiliki risiko, maka perlu persiapkan mental saat mengalami kerugian atau kegagalan agar tidak menjadi patah semangat. Setidaknya, berinvestasi lebih baik daripada semua penghasilan Anda digunakan untuk pengeluaran tanpa ada bagian yang disimpan.

Dan bila ada produk-produk investasi di luaran yang memberi iming-iming keuntungan dengan profit tinggi anda harus lebih selektif dan bijaksana untuk melihat sistem dan cara kerja produk investasi tersebut berjalan. Jangan sampai terjebak pada yang namanya money game atau arisan berantai dengan modal uang sedikit bisa mendapat banyak dalam waktu singkat. Perhatikan resikonya dan lihat badan usaha yang mempunyai produk investasi tersebut kompeten tidak dalam bidang tersebut.

Lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan konsultan keuangan anda untuk memilih produk investasi yang aman dan resikonya sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda.

Harap Baca Sebelum Apply Kartu Kredit


Sekarang sudah era digital, jadi apa-apa digital, periksa rekening lewat blackberry, presentasi dan urusan kantor lewat iPad, dan kalau mau bayar tinggal gesek saja pakai kartu kredit.

Memang kartu kredit memberi kemudahan dalam hal pembayaran karena kita tidak usah membawa uang cash saat melakukan transaksi pembayaran.

Keuntungan yang dapat Anda dapatkan, antara lain :
  • Faktor keamanan, karena tidak perlu membawa uang tunai yang mengundang resiko lebih tinggi
  • Faktor kepraktisan, karena belum tentu mudah menjumpai ATM bank Anda di kota yang dikunjungi
  • Faktor kemudahan, saat Anda kehabisan uang tunai dan ada barang yang murah / promo tertentu, Anda masih memiliki dana cadangan (Namun hati2 terjebak konsumerisme)
  • Faktor point reward, dengan berbelanja menggunakan kartu kredit saat perjalanan maka Anda akan mengumpulkan point yang biasanya dapat ditukar dengan hadiah2
  • Faktor ekonomis, di beberapa tempat wisata maupun tempat perbelanjaan seperti mall, bahkan rumah sakit, sering terdapat promo2 dari kartu kredit tertentu.
  • Faktor kenyamanan, jika Anda menggunakan transportasi pesawat terbang, cek apakah kartu kredit Anda memiliki fasilitas executive lounge di airport.
Tanpa bermaksud promosi, karena saya tdk bekerja di bank/kartu kredit tertentu, mungkin artikel ini bisa jadi bahan pertimbangan dan informasi untuk anda sebelum apply kartu kredit.
Memang terdengar menarik dan menyenangkan tinggal gesek saja, beres urusan, tapi harus kita ingat menggesek kartu kredit tersebut sama saja kita sudah ngutang, berhutang kepada bank, bukan kepada toko ataupun tempat kita membeli barang/jasa tadi, karena pembayaran sebenarnya sudah ditalangi oleh bank terlebih dahulu, tetapi nanti kita akhir bulan akan ditagih sesuai dengan jumlah hutang pada transaksi yang kita lakukan dengan mungkin tambahan potongan/administrasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kalau manajemen keuangan anda baik sih tidak apa-apa, tetapi kalau anda mendaftar kartu kredit buat koleksi di dompet dan tidak sering atau terlalu dipakai, sangat membebankan dengan anual fee yang harus anda bayar dengan fasilitas yang tidak pernah atau jarang anda pakai.

Pada prinsipnya penggunaan kartu kredit tidak akan dikenakan biaya apapun karena bank mengambil untung dari pihak produsen (toko/merchant). Inilah sumber keuntungan utama dari bisnis kartu kredit. Bank tidak mengincar pemegang kartu tetapi pemilik usaha. Karena memang inilah bisnis mereka. Bank yang hebat adalah bank yang akan terus mendorong transaksi kartu kredit sedemikian rupa. Makin banyak masyarakat menggesek kartu kredit mereka, makin besar nilai transaksi yang ada. Makin besar nilai transaksi, makin besar keuntungan bank sebagai penerbit kartu kredit. Jadi katakanlah bank hanya mengambil 1% dari total perbelanjaan semua pemegang kartu, di mana setiap tahun ada lebih dari Rp 200 triliun total nilai transaksi kartu kredit. Tinggal Anda kalikan saja berapa keuntungan bank dari bisnis kartu kredit seperti ini. Sungguh luar biasa, bukan?

Iuran tahunan (annual fee) kartu kredit rata-rata hampir dikenakan kepada semua pemegang kartu. Tetapi Anda tak perlu kuatir karena jika nilai transaksi Anda cukup besar maka di tahun-tahun yang akan datang bisa mengajukan program bebas iuran tahunan. Iuran tahunan adalah biaya yang akan dan wajib Anda bayar jika menggunakan kartu kredit. Biaya iuran tahunan setiap bank berbeda-beda termasuk setiap jenis kartu kredit yang Anda pergunakan.

Untuk pasar Indonesia kalau dikatakan ada kartu kredit bebas iuran tahunan seumur hidup itu hanyalah omong kosong bualan orang marketing! Di luar negeri seperti Eropa atau Amerika memang ada kartu kredit yang bebas iuran tahunan. Tetapi Anda jangan samakan dengan negara tercinta ini. Di sana persaingan bisnis industri kartu kredit sudah sangat ketat dan karena adanya sistem jaminan sosial dan aturan pajak yang lebih baik dan profesional, maka sangat memungkinkan adanya kartu kredit bebas iuran tahunan. Namun tetap saja ada beberapa aturan main yang harus dimengerti oleh pemilik kartu.

Tetapi hal ini dikembalikan lagi kepada konsumen, kalau saya malah menyarankan untuk anda APPLY Kartu Kredit alias harus punya. Karena sudah menjadikebutuhan, dan akan sangat bermanfaat bila anda bisa mengelola manajemen keuangan anda dengan baik, terlebih dengan fasilitas yang kita dapatkan, apalagi apabila kita bisa mendapat free anual fee selamanya :)

Asalkan kita harus bijak untuk menggunakkannya dan tepat membayar saat jatuh tempo, kalau tidak begitu bunganya tinggi selangit pas kena penalti. Maka apabila kita ingin melakukan transaksi dengan kartu kredit, pastikan bahwa kita memang mempunyai rencana untuk membeli barang tersebut, dan yakin dapat melunasi seluruh tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Ok, hal utama yang harus Anda lakukan dalam memilih kartu kredit adalah membaca dengan seksama semua hal atau perjanjian yang terletak di lembaran aplikasi. Waspadai juga kalimat program promosi yang disertai dengan tanda bintang, sebab keterangannya ditulis dengan huruf yang sanagt kecil dan ditaruh di akhir aplikasi bahkan nyaris tidak kelihatan.

Selanjutnya, sebagai panduan Anda maka berikut ini adalah beberapa poin-poin penting yang sebaiknya dipertimbangkan dalam memilih kartu kredit:
  • Akses. Pilihlah kartu kredit yang memiliki jaringan penerimaan dan otorisasi yang diakui seluruh dunia. Biasanya nama besar dari penerbit kartu kredit memperlihatkan level bonafiditasnya di tingkat internasional.
  • Biaya. Besarnya iuran tahunan dan suku bunga kartu kredit yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Kartu kredit yang menjadi market leader umumnya menetapkan annual fee dan suku bunga yang lebih tinggi, namun hal ini juga diimbangi dengan kelengkapan fasilitasnya. Dalam masa promosi, beberapa penerbit kartu kredit menawarkan gratis annual fee atau suku bunga lebih rendah selama jangka waktu tertentu. Namun tidak selamanya, begitu masa promosi berakhir annual fee akan ditagih dan suku bunga memngikuti kondisi pasar. Karena itu jangan mudah tergiur. Yang pasti, Anda harus mengusahakan agar mendapat yang terbaik sesuai dengan uang yang akan dikeluarkan. Dengan demikian, pilihlah kartu kredit yang besarnya annual fee maupun suku bunganya sesuai dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan.
  • Service/ layanan/fasilitas. Kemudahan pelayanan. Pilihlah bank yang bisa memberikan pelayanan secara lengkap meliputi layanan informasi, pengaduan, penyelesaian masalah dan kemudahan pembayaran selama 24 jam. Informasi dan pengaduan seperti informasi jumlah tagiahan, pemblokiran kartu dan rincian pembayaran. Pelayanan penyelesaian masalah seperti jika sewaktu-waktu Anda meminta kenaikan limit kredit, bisakah dilakukan lewat telepon. Kemudahan dalam pembayaran tagihan juga sangat penting, pilihlah kartu kredit yang memberikan fasilitas payment point, atau tempat pembayaran, atau cara pembayaran yang mudah dan dapat diakses dengan cepat, kapan saja dan dimana saja. Misalnya lewat ATM, internet, atau lewat handphone.
  • Keamanan. Fasilitas keamanan dari risiko kejahatan kartu kredit dan risiko keuangan lainya. Pilihlah kartu kredit yang memiliki fasilitas photocard (foto diri) dan digital signature (tanda tangan yang dicetak pada kartu). Adanya kedua fasilitas ini paling tidak akan meminimalisasi tindakan kejahatan pada kartu kredit Anda. Pilihlah juga kartu kredit yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas asuransi perjalanan, asuransi ketidaknyamanan perjalanan, asuransi pembelian barang dan credit shield, tujuannya adalah agar Anda bisa melakukan antisipasi terhadap berbagai risiko keuangan yang timbul selama pemakaian kartu kredit.
Maka jika ada tawaran Pendaftaran Kartu Kredit GRATIS !!! jangan terburu-buru senang dulu, pelajari dan cek terlebih dahulu persyaratan dan kewajiban apabila kita sudah terdaftar sebagai pemegang kartu kredit. Dan untuk lebih baiknya Anda bisa menghubungi langsung call center atau costumer service bank penerbit kartu kredit tempat anda akan mendaftar/apply kartu kredit.

Semoga bermanfaat.

Cara menghapus folder windows old pada windows 7 seven

Anda menggunakan sistim operasi win 7 pada komputer atau laptop anda. Pernah menemui masalah low virtual memory karena kapasitas hdd anda yang sekarat. Itulah yang sedang saya alami, dan sudah saya selesaikan dan ditemukan permasalahannya.

Saya menginstall win 7 dengan 3 partisi yang dimana partisi pada windows saya buat 40Gb, jadi saya agak heran koq bisa-bisanya peringatan low virtual memory itu keluar saat saya sedang akan melakukan install program baru.

windows old drive c:

Setelah saya buka drive C:// rupanya ada folder dengan nama windows old, windows old.00, windows old.01 dan windows old.02 pada drive tersebut. Dan sangat memakan banyak ruang, lihat saja properties filenya sampai 54,4 Gb. wah lumayan besar, dan file tersebut sebenarnya tidak terpakai karena merupakan peninggalan dari instalasi windows sebelumnya. Maklum saja, kemarin saya barusan install kembali karena terkena serangan virus ramnit dan sality secara brutal, nanti kapan-kapan saya ceritakan saja.

Nah, windows old bisa kita hapus dengan 2 cara. Bisa menggunakan disk cleanup dan yang kedua menggunakan delete manual menggunakkan take ownership.
Tapi saya sarankan pakai disc cleanup saja, tidak terlalu ribet. Begini caranya ....

1. Pertama-tama klik kanan pada drive tempat windows anda terinstall misal drive c: kemudian pilih properties, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.


Disc Cleanup

2. Klik disc cleanup pada form tersebut
3. Centang pada Previous Windows Installastion (s) dan yang lain apa bila diperlukan untuk menghapus file yang sudah tidak diperlukan.
4. Klik OK, maka akan menghapus file yang kita pilih tadi.

Jeng .... Jeng ... Jeng .... file windows old semuanya sudah terhapus. Nah drivenya jadi lega :)

Fitur Keamanan Account Google, Update Bagi Yang Belum

Security Google Account


Keamanan di google account tambah ciamik poll, menjaga keamanan pemilik account lebih bagus dan privacynya terjaga. Mau tahu bagaimana ... cek dulu dab ...

Pertama-tama kalau anda login baik dari berbagai dari aplikasi google apapun, klik pada pojok kanan account anda kemudian pilih account setting. Atau login dari link

https://accounts.google.com/ManageAccount

Kemudian pilih yang pertama :
  1. Recovering your password
  2. Verify password anda
  3. Anda pilih untuk pemilihan recovery password Anda bila Anda lupa, hal ini juga berfungsi sebagai konfirmasi langsung ke anda dari google melalui kode verifikasi ataupun info pemberitahuan. Bisa Anda isi kedua-duanya baik itu email maupun no handphone.
Pilihan yang kedua :

  1. Pilih 2-step verification
  2. Berfungsi agar google menandai dari ip komputer yang anda gunakan untuk login ke account google. Jadi jika anda login melalui komputer yang berbeda, kita akan memerlukan verifikasi melalui code yang dikirimkan lewat no handphone. IP komputer kita akan direkam oleh google max 30 hari sejak kita logindan verifikasi di komputer tersebut.
  3. Masukkan no handphone anda dan klik send code
  4. Kode verifikasi kita terima melalui SMS, masukkan kode dan klik verify.
  5. Maka mode 2-step verification sudah ON

6. Anda bisa menambahkan lebih dari satu no handphone jika hal tersebut diperlukan

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit