Pengalaman Naik Kereta Kahuripan, Bandung - Kediri, Tarif Baru Penumpang Sepi

Kereta Kahuripan adalah kereta ekonomi yang mempunyai rute Kediri ke Bandung dan sebaliknya Bandung ke Kediri. Baru saya tahu kalau tiket kereta sudah naik sampai 110%, yang dulunya untuk pembelian dari Stasiun Kediri ke Bandung adalah 38ribu sekarang sudah menjadi 100ribu. Bedanya sekarang keretanya pakai AC. Itupun bukan AC central, karena kereta jenis ekonomi ini tidak bisa dimodifikasi sistem central, jadi menggunakkan AC split yang dimodifikasi menggantikan kipas angin yang dulunya terpasang.

AC Split Yang Terpasang Pada Kereta Ekonomi

Tempat Kipas Angin Yang Kosong Tergantikan AC


Saya bilang sekarang ini PT.KAI (Persero) tambah mahal dan tidak merakyat. Kereta api bukan lagi untuk golongan ekonomi bawah, maaf saja kalau saya bilang begitu. Nah lanjut cerita..... 
Kalau dibanding-bandingkan dengan bus kota perjalanan antar propinsi harganya selisih sedikit dan memang lebih mahal bus ekonomi. Kalau disuruh memilih memang kebanyakan lebih memilih kereta api tapi hanya yang melakukan perjalanan jauh sekali, misalnya jakarta - banyuwangi :P


Memang demi kenyamanan pengguna jasa kereta api, penambahan AC memang baik, tetapi penambahan harga tarif tiket menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan, kereta api dikenal dengan angkutan transportasi massal yang terkenal murah merakyat, sekarang mungkin tidak lagi seperti itu.

Saya juga tidak tahu kenapa memilih AC Split untuk hal tersebut, apalagi menghilangkan kipas angin yang terpasang, pada kereta ekonomi semua jendela kaca disetting tertutup supaya tidak ada udara yang keluar, tetapi tetap saja panas. Dan saya pernah melihat beberapa AC yang sudah bocor karena rusak, jika hal itu terjadi sebaiknya Anda minta dengan tegas pada petugas untuk pindah tempat duduk kalau penuh, karena tidak mungkin AC tersebut tidak bisa diperbaiki di tempat. AC Split untuk pemakaian kantor dan rumah tangga, usia efektif kurang lebih hanya 2 tahun pasti ganti baru, kalau tidak pasti AC tersebut sudah tidak dingin atau sudah bocor, apalagi itu hanya didesign untuk lokasi diam dan tidak bergerak seperti kereta api.

Penumpang kereta api sejak kenaikan tiket kereta api juga sepi, menurut saya banyak yang beralih ke bus ekonomi walaupun sama-sama pakai AC.

Yang ribet sejak kenaikan Tarif Kereta Api Per 1 April 2013
  • Lebih mahal, jika Anda tidak memesan tiket lebih awal, jangan harap dapat harga murah atau malahan tidak dapat tiket karena kehabisan, karena di stasiun sudah tidak tercantum lagi harga tiket kereta api seperti dulu, jika anda memesan tiket pada hari keberangkatan berarti anda mendapatkan harga tiket maksimal atau yang paling mahal.
  • Biaya pembatalan, perubahan jam dan waktu keberangkatan adalah sebesar 25% dari tiket Anda, pikirkan dengan baik jadwal keberangkatan Anda
  • Harga tiket kereta ekonomi jarak dekat mahal dibandingkan dengan bus ekonomi dengan fasilitas AC yang sama, perkecualian yang mudah mabuk naik bus.
Tetapi saya tetap tidak kapok kalau naik kereta api, karena lebih "senang" naik kereta daripada bus.


Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Pengalaman Naik Kereta Kahuripan, Bandung - Kediri, Tarif Baru Penumpang Sepi"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini
This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit