Akhir Tahun Musim Hujan Musim Belanja Gebyar Diskon Habis-habisan

Desember ... oh... Desember .....
Ada Ada Dengan Desember ???

Hahahaha .....
Ulang tahun saya bukan hari ini. Ini lho, akhir tahun bulan desember seperti ini paling asyik kalau hunting logo merah-merah seperti di samping. Discount ... Great Sale ... Bazar Discount .... Murah ... Diskon ... Sale Off ... Buy One Get One ... Buy Until .... Get Prize .... Buy One FREE ....
Matanya pasti langsung melotot apalagi kalau lihat diskon sampai 90 %

Kalau Anda punya pacar yang suka shopping, siap-siap saja pastikan dompet Anda ada isinya, paling nggak kartu kreditnya masih balance lah ....

Sangat-sangat menarik bukan jika kita hanya harus membayar setengah harga, atau 50% dari harga sebenarnya, seperti berita launching Blackberry yang baru kemarin yang dijual setengah harga di salah satu pusat perbelanjaan, tetapi apesnya dibubarkan polisi karena ada korban berjatuhan rebutan antri berdesak-desakan untuk membeli lho (bukan diberi gratis)

Marketing pusat perbelanjaan pasti punya taktik yang jitu dan taktis untuk menggaet pengunjung untuk hanya sekedar datang ke mall mereka, dan tanggalnya pasti pas orang-orang gajian, kalau nggak awal bulan, atau tengah bulan. Nanti mesti ada sale discount untuk produk-produk tertentu, mungkin 100 pembeli pertama FREE gantungan kunci bolehlah ...

Dipilih-dipilih Mumpung Diskon

Para Ibu-Ibu Antri Ke Kasir Mumpung Diskon

Namanya penjual pastilah mereka akan berusaha untuk menarik minat pengunjung melihat produk yag mereka jajakan, langkah awalnya. Istilahnya promosi gitu .... walaupun Anda hanya datang dan melihat saya jamin pasti Anda juga merasa tertarik untuk membeli barang tersebut, masalahnya adalah power buying dan interest buying seseorang berbeda-beda. Kalau saya punya uang banyak, pastilah kalau ada diskon besar-besaran, sudah saya borong barang tersebut karena mumpung murah. Tetapi disinilah psikologi kita sebagai pembeli diuji, antara keinginan dan kemampuan membeli. Sebenarnya semua orang bisa membeli barang tersebut asalkan dikredit saja, tetapi khan discount itu hanya dilakukan pada waktu yang terbatas, mungkin cuma satu hari saja atau 2 hari, itu pun kalau persediaan stok masih ada.

Namun promo diskon adalah murni strategi bisnis untuk menarik pembeli, penjual punya banyak cara jitu untuk menjual, tapi diskon adalah yang paling ampuh. Bila Anda beli satu pastilah kemungkinan membeli produk yang lainnya.
Dan promo diskon digelar pada momen-momen tertentu oleh pusat-pusat perbelanjaan dalam persaingan yang ketat di antara banyak penjual dengan berbagai merk. Diskon diadakan pada akhir tahun, ulang tahun toko, momen internasional, momen keagamaan juga misal lebaran dan natal. Kalau yang ini saya paling thematik mall, lagu-lagu dan miniatur hiasan di dalam mall menyesuaikan dengan momen waktu itu, sampai-sampai karyawannya juga seragam khusus menyambut momen tersebut, sangat meriah, apalagi kalau harganya murah.

Tetapi ada lebih baiknya kita lebih teliti dan smart saat berbelanja, terutama yang ada diskon. Begini tips belanja menjelang diskon menurut Blognya Bayu :
  1. Jangan lupa pastikan dan catat waktu diskon diberlakukan.
  2. Jangan jadi Impulsive Buyer yaitu Pembelian Yang Dilakukan Tanpa Terencana. Belilah produk-produk yang penting dan akan Anda gunakan. Jangan hanya tertarik dengan potongan harga dan hadiah-hadiah yang belum pasti.
  3. Maksimalkan diskon anda dengan fitur kartu kredit, pembelian maksimal, dan kartu member.
  4. Bawa kalkulator atau pakai aplikasi kalkulator handphone juga sama, kalau kita melihat ada diskon, hitung lagi dengan harga awalnya. Untuk memastikan harga terakhir setelah didiskon, dan juga kita lebih jeli saat berbelanja. Kesalahan itu mungkin saja terjadi.
  5. Hati-hati dengan permainan harga diskon abal-abal, bentuknya diskon yang sebenarnya bukan pengurangan harga karena harga pasti (harga jual) tetapi sudah dinaikkan lebih dulu kemudian dipotong dengan persentase tertentu. Misalnya “Harga baju semula Rp 80.000 dinaikkan menjadi Rp 100.000 kemudian diskon 20 % maka harga ini akan kembali menjadi Rp 80.000". Kalau yang ini, kita estimasi pakai logika saja, bandingkan dengan toko sebelah.
  6. Jika ragu-ragu dengan diskon, tanyakan dengan detail pada si empunya toko.
  7. Yang terakhir saran saya, "JANGAN BERBELANJA !" lho kenapa, diskon yang sama pasti akan diadakan lagi oleh toko tersebut pada waktu mendatang, jadi kalau tidak penting ya jangan berbelanja.
Karena kita semua adalah makhluk yang cenderung konsumtif, terutama para wanita. Kalau sudah tertarik dan kepingin, pokoknya ndak kebablasan ya nggak apa-apa. Tapi kalau sudah kelewatan, cuci muka, atau buat makan saja.

Nanti bilangnya ingin jalan-jalan saja ke mall, cuci mata, tapi pulangnya bawa kresek belanjaan segudang alesannya borong mumpung diskon, capek deh. Hahaha ....



Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Akhir Tahun Musim Hujan Musim Belanja Gebyar Diskon Habis-habisan"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit