10 Pernak-Pernik Khas Natal, Semarak Sukacita Natal, Damai di Bumi, Damai di Hati

Kepingin tahu apa saja pernak-pernik natal yang selalu menghiasi saat Natal tiba. Ayuks ...

1. Pohon Natal


Pohon Natal

Kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16.

Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong pohon evergreen untuk dekorasi Natal di dalam rumah. Dari catatan yang ada, orang Jerman di Pennsylvania Amerika Serikat memajang pohon Natal untuk pertama kalinya pada tahun 1830-an.

Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun dirumah sebab ini hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain "evergreen". Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan "hidup kekal", sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara selalu hijau daunnya.

Biasanya kalau di rumah, ada acara tukar kado, nanti kadonya ditaruh di bawah pohon natal, tidak boleh dibuka sebelum pulang misa natal. Saya paling suka :)


2. Santa Claus atau Santa Nicolas

Santa Lagi Mengecek Daftar Anak Nakal dan Anak Baik yang diberi Hadiah


Adalah tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada Hari Natal.

Ho... ho ... ho ... ho .... ho ... ketika Santa datang dan membawa hadiah bagi anak-anak. Santa adalah icon natal yang dekat dengan anak-anak, kalau ada Santa biasanya anak-anak minta foto bareng, minta dipangku duduk dekat Santa, pegang jenggot putihnya, minta hadiah atau juga bercerita tentang impian atau permintaannya kepada Santa, ada juga yang minta naik kereta kudanya Santa, hahaha ....


3. Piet Hitam


Gerombolan Piet Hitam


Kalau yang ini namanya piet hitam dan datangnya bersama dengan Santa, anak-anak pasti takut dengan dandanannya dengan mukanya yang hitam legam, Piet Hitam akan mencari anak-anak nakal yang tidak menurut kepada orang tua. Biasanya piet hitam bawa pecut atau tongkat. Jadi jangan nakal ya ... jadi ingat kejadian anak-anak menjerit-jerit menangis atau sembunyi di balik badan orang tua karena takut melihat piet hitam, keponakan saya malah heran dan malah ingin berkenalan dengan piet hitam ;)


4. Lonceng Natal











Lonceng natal mudah kita temui pada hiasan di pohon natal, di depan pintu rumah, dan juga ketika santa datang pasti ada suara lonceng berderik.

Lonceng natal juga dikumandangkan ketika misa natal dan perjamuan kudus akan dimulai.



5. Lampu Kerlap-Kerlip Warna Warni











Tampak menghiasi pohon natal, kerlap-kerlip dengan banyak warna dan variasi gerakan lampu yang bermacam-macam, juga bisa diset membentuk ornamen-ornamen natal.


6. Lilin Natal











Warna yang dipakai lilin warna putih atau lilin warna merah. Menyimbolkan datangnya Tuhan Yesus sebagai lilin yang menyinari kegelapan, sambil nyanyi malam kudus ;)


7. Kartu Natal














Kartu natal bisa dikirim pos atau diberikan langsung. Bisa beli di toko buku atau buat sendiri juga bisa. Pada jaman sekarang yang sudah maju, kartu natal banyak ditinggalkan dan beralih ke SMS atau email dan telepon. Kalau saya lebih senang menerima kartu natal apalagi dari sang pacar ;)

Kemarin lihat-lihat di toko buku, banyak yang menyediakan model kartu natal, mulai dari yang biasa, handmade buatan tangan, model 3 dimensi, ada juga kartu natal yang bisa memutar lagu atau merekam suara kita lho, bagus ... bagus ...


8. Malaikat













Salah satu figur yang dipasang di pohon natal. Seperti pada Lukas 2:14. Pada malam ketika Tuhan Yesus dilahirkan, para malaikat dan bala tentara surga memuji Allah dan berkata, "KEMULIAAN BAGI ALLAH DI TEMPAT YANG MAHA TINGGI DAN DAMAI SEJAHTERA DI BUMI DI ANTARA MANUSIA YANG BERKENAN KEPADANYA"


9. Bintang




Bintang dipasang di puncak pohon natal, yang juga menyimbolkan tanda kelahiran Tuhan Yesus, dimana 3 orang majus dengan melihat sinar Bintang di atas kandang domba, menuntun mereka sampai ke tempat kelahiran Tuhan Yesus.

Kalau gambar yang di bawah, maksudnya mau buat bintang natal, tapi nggak jadi, malah kaya senjatanya Ninja Naruto ya, hahahaha ....




10. Kue Natal



Nah, ini yang saya cari-cari kue khas natal, yang dibuat dengan bentuk yang menarik dengan bentuk-bentuk khas natal. Biasanya kue kering yang berkaitan dengan natal, kue putri salju, kue jahe, kue kering tabur coklat, kue kering rasa kacang, nastar, lidah kucing rasa keju, kastangel, cookies almond, kue kacang mede, kue kacang kenari, brownies, dll...

Bisa buat sendiri juga lho ...

OK, Selamat Natal dan Liburan Panjang Ya, Kiranya Tuhan Memberkati :)

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "10 Pernak-Pernik Khas Natal, Semarak Sukacita Natal, Damai di Bumi, Damai di Hati"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit