Semua Tentang Jerawat

Jerawat muka

Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Kalau di masa SMA dulu katanya kalau jerawatnya banyak, pacarnya juga pasti banyak, hahaha ... itu sih nggak pasti juga, kalau jerawatnya banyak pasti orang juga merasa minder dan kurang nyaman, dan yang pasti mengganggu terutama dalam penampilan.

Penyebab Timbul Penyakit Jerawat Pada Kulit

Jerawat biasanya dapat timbul dan terjadi karena hal-hal seperti :

  1. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi
  2. Kelenjar minyak (sebaceous glands) yang diproduksi terlalu berlebih
  3. Faktor hormon, terutama pada masa remaja yang menginjak masa pubertas
  4. Karena faktor genetik turunan orangtua, bawaan keluarga
  5. Adanya iritasi kulit / alergi
  6. Gaya hidup stress
  7. Kurang menjaga kebersihan
  8. Dll ...

Jenis-jenis jerawat :

  1. Komedo, adalah pori-pori yg tersumbat, bisa terbuka atau tertutup.
  2. Jerawat biasa, berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.
  3. Jerawat batu, jenis jerawat yang susah hilangnya, keras hitam atau merah
Tips menyembuhkan jerawat :
  • Minum sedikitnya 8 gelas air setiap hari. Air membantu dalam pembersihan dan Hydrating kulit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sangat bagus minum air putih saat bangun pertama di pagi hari.
  • Menjaga pola makan, pilihlah makanan sehat dan kurangi lemak, sementara kurangi makanan yang digoreng dengan minyak, makan makanan yang dikukus atau direbus lebih sehat. Jika senang dengan makanan digoreng, gunakan minyak goreng zaitun.
  • Biasakan senangi makan buah-buahan dan sayuran hijau.
  • Utamakan hidup sehat dengan berolahraga, minimal lari pagi, supaya peredaran darah lancar dan pori-pori pada kulit bekerja maksimal.
  • Hindari stress, jaga istirahat tidur 8jam sehari.
  • Jaga kebersihan, jerawat bisa disebabkan karena jeleknya lingkungan di sekitar kita, bisa dari air mandi, kebersihan kamar kita, ataupun polusi lingkungan sekitar.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit, paling tidak kita mengenal jenis kulit yang kita punya, setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda, ada yang berminyak dan juga kering, dll. Atau ke skin care center terdekat, oiya jangan memilih facial terlebih dahulu, ditakutkan bisa menyebabkan radang / iritasi.
  • Cuci wajah yang terkena jerawat dengan sabun khusus cuci muka. Sabun mandi untuk badan sangat tidak disarankan dan tidak bagus untuk dipakai di muka. Bisa memakai sabun jenis sulfur, lidah buaya, atau produk pembersih muka yang beredar di pasaran. Untuk menghindari alergi dan iritasi, cocokan dengan jenis kulit anda.
  • Alergi bisa dipicu dari alergi, mungkin dari rambut anda, helm, topi atau masker muka. Harap dicuci, kalau rambut misalnya panjang bisa dipotong / cukur pendek, tidak menutupi muka.
  • Jangan memakai produk kosmetik terutama produk pemutih wajah yang asal-asalan.
  • Rajin mencuci muka saat sebelum tidur, setelah berolahraga terkena keringat, atau terkena air hujan.
  • JERAWAT JANGAN DIPENCET !!! jerawat adalah reaksi alamai dari kulit karena kelenjar minyak, jika anda menghilangkan jerawat dengan memakai tangan apalagi yang tidak steril, dikhawatirkan bisa terjadi infeksi, malah-malah bisa menimbulkan flek hitam yang sulit hilang.
  • Banyak konsumsi vitamin, bisa dari buah-buahan dan sayuran atau dari multivitamin. Terutama vitamin C & E.
  • Minum obat alternatif penyembuh jerawat, biasanya berbahan dasar minyak kelapa, minyak zaitun, minyak ikan, atau gamat.
  • Maskeran bisa memakai bengkoang, alpukat, ketimun, tomat, lidah buaya, belimbing wuluh atau bisa juga jeruk nipis, pilih salah satu. Maskeran dilakukan minimal 15 menit , cuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk membuka pori-pori wajah, bilas wajah dengan air bersih selesai maskeran. Minum juice buahnya juga bagus.
  • Sebisanya hindari tissue wajah yang mengandung alkohol, pakai tissue biasa untuk wajah.
  • Pakai masker atau helm berpelindung kaca untuk mengurangi polusi di jalan raya.

Ingat, jerawat tidak bisa sembuh secara instant, banyak faktor yang bisa menyebabkan dan memicu jerawat. Walaupun sudah sembuh bisa balik lagi kalau tidak menjaga kesehatan. Tips di atas bisa anda praktekan dan bisa mengurangi jerawat anda dengan pasti.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Obati sebelum terlambat dan lebih parah. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Semua Tentang Jerawat"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit