Bahaya Plastik Pada Kesehatan

Sudah menjadi kebiasaan bagi saya dan teman-teman yang lain untuk refill minuman baik itu air putih, es teh maupun minuman yang lain dengan botol plastik yang sama dengan merk A*ua, C**ub, V*t, dll untuk bekal aktifitas sehari-hari.

Karena kemarin saya diberitahu teman saya untuk jangan sering-sering refill minuman terutama air panas di botol plastik. Nah, baru juga ketemu di internet kalau setiap produk plastik diberi label code untuk menentukan tindakan recycle daur ulangnya

Penggunaan produk plastik yang tidak sesuai dengan penggunaan dan recycle logonya. Dapat juga menyebabkan terjadinya penyakit kanker dan alergi. Karena itu kita harus lebih teliti dan tanggap dalam mempergunakan produk-produk dari plastik terutama yang berinteraksi langsung dengan tubuh kita. Misal yang paling sering dipakai adalah plastik wadah minuman, mainan anak-anak, plastik wadah makanan.

Karena kita juga tahu bahwa plastik juga dibuat dari campuran sintetik kimia dan resin, yang dibuat sebagai alternatif pengganti material. Oleh karena itu kita sebagai konsumen bisa memilih jenis plastik yang aman untuk kita dengan melihat kualitas dan kode resin recycle yang ada pada bagian bawah produk plastik.

Tapi koq, aku sampai sekarang ndak apa2 ya, takut juga sih

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah :




Kategori Recyle Resin Code


1. PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)

Simbol ini biasa terdapat pada botol plastik transparan seperti pada kemasan air mineral atau minuman yang siap untuk diminum. JANGAN PERNAH mengisi ulang botol dengan simbol seperti ini, apalagi dengan air panas. Hal ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

2. HDPE (High Density Polythylene)




Simbol ini terdapat pada botol yang berwarna putih susu. Juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi plastik, atau kemasan susu jika pada makanan. Botol ini juga hanya boleh untuk sekali pakai saja.

3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)



Plastik yang memiliki simbol ini, menandakan plastik yang sulit untuk didaur ulang, seperti plastik pembungkus atau pada botol-botol. Kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur ke dalam makanan pada suhu -15 derajat Celcius. Akibatnya berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

4. LDPE (Low Density Polythylene)




Plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan teksturnya terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Sayangnya, plastik ini hampir tidak dapat dihancurkan.

5. PP (Polypropylene)


Plastik yang bernomor 5 dan memiliki simbol PP ini termasuk yang aman dipakai membungkus makanan atau minuman. Biasanya plastik ini digunakan untuk tempat makanan dan botol minum bayi. Plsatiknya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Kalau ingin mengisi ulang botol plastik sangat tidak salah untuk mencari plastik dengan nomor 5 di tengah simbol recycle dan bertuliskan PP.

6. PS (Polystyrene)


Kemasan plastik yang bersimbol PS ini contohnya adalah kemasan stereofoam, yang biasa dipakai untuk wadah makanan atau minuman sekali pakai. Bahan ini bisa bercampur dengan makanan, saat makanan panas diisikan ke dalam wadah ini, bahan styrine ini bisa berbahaya untuk otak dan sistem saraf.

7. OTHER atau biasanya polycarbonate

Kode tujuh ini biasanya ada 4 macam.

1. SAN (styrene acrylonitrile)
2. ABS (acrylanitrile butadiene styrene)
3. PC (polycarbonate)
4. Nilon

Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan lainnya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS ini baik dan aman digunakan untuk makanan atau minuman. Hanya saja, untuk kode PC sebaiknya tidak digunakan untuk makanan dan minuman karena bisa mengeluarkan zat yang berbahaya.


Be Aware !

Reference :
- Plastik - Wikipedia
- America Chemistry Council
- Recyclelogos
- Bahaya Plastik

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Bahaya Plastik Pada Kesehatan"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini
This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit