Bicara Tentang Talkshow Indonesia

The Oprah Winfrey Show

Talk Show adalah pertunjukan wawancara, biasa ditemui dalam format media radio maupun televisi. Talk Show di radio umumnya menggunakan format menghadirkan narasumber langsung di studio, di lapangan ataupun melalui media telepon/ hp. Bentuknya tanya jawab antara penyiar/ jurnalis radio dengan narasumber. Namun, dalam talk show di radio narasumber bisa saja tidak hadir di lokasi, karena kendala ini bisa diatasi dengan teknologi telepon. Berbeda dengan radio, talk show di tv harus dikemas sedemikian rupa sehingga lebih menarik sebagai tayangan mata. Sebagai pertunjukan wawancara, talk show tidak bisa ditampilkan seperti halnya di radio. Narasumber memegang peranan pokok, dan harus hadir di studio/ lokasi wawancara.

Wawancara yang dilakukan di dalam studio akan efektif jika narasumber adalah seseorang yang memiliki otoritas dalam sebuah kebijakan yang kontroversial atau tidak populer. Wawancara semacam itu idealnya berlangsung di studio sebab pembawa acara mempunyai banyak waktu untuk menanyakan pertanyaan tambahan jika narasumber berubah menjadi menghindar.

Ada beberapa talk show yang menarik dicermati. Dikemas dalam berbagai gaya dan penyampaian.Namun gejala yang umum terjadi, sebuah talk show kini tak berdiri sendiri sebagai sebuah tontonan. Dipadukan dengan unsur hiburan, yang kadang menjadi titik utama. Bahkan kini berkembang genre talk show baru yang muatan acaranya melenceng dari mainstream acara sejenis bahkan juga ada iklannya in show.

Tema talk show pun beragam, tidak melulu mengenai persoalan kekinian (current affair) masalah sosial-politik-ekonomi, tapi bisa juga menyentuh persoalan-persoalan privat seperti artis, perceraian, hingga percintaan. Di Amerika, acara talk show tv sangat beragam dan digemari pemirsa. Umumnya talk show disiarkan saat malam hari selepas prime time. Meski larut, namun acara ini tetap digemari. Bahkan beberapa acara talk show bertahan hingga bertahun-tahun.

Acara-acara talk show Internasional yang menarik dari sisi isi dan tampilan:
  • Oprah Winfrey Show (Halmark Channel)
  • Larry King Live (CNN)
  • Tonight show with Jay leano (CNBC)
  • Koffe with Karan (Star Tv)
Oprah Winfrey termasuk yang sukses secara komersial. Acara ini menghadirkan banyak narasumber dalam satu kesempatan. Namun tidak membatasi ruang lingkup pembicaraan pada satu hal. Bisa saja topik yang dibicarakan mengenai isu sosial, kesehatan, gender, selebritis, politik bahkan kriminal.

Kelebihan dibandingkan acara sejenis, acara ini berupaya memberi semangat dan inspirasi bagi pemirsanya. Ini menjadi resep manjur, karena program ini terbukti memiliki pemirsa yang loyal. Yang menarik, talk show ini juga mengedepankan sisi lain mengenai topik yang dibahas dengan menghadirkan reportase khasnya. Format talk show tersebut sempurna untuk Oprah, penonton menyukai lelucon, kejujuran, dan kepribadian yang membumi dan peringkat acara ini membumbung tinggi.

Di indonesia juga ada beberapa acara talkshow yang juga digemari beberapa pemirsa, ada juga yang "terpaksa" ditonton juga, apa saja acara talkshow tersebut menurut Blog Bayu :

1. Kick Andy Show


Inspirational Talkshow yang dibawakan oleh Andy F. Noya dengan rambut kribonya yang khas, dan membawakan pertanyaan yang selalu tajam mengena, tidak terlepas terkadang diselingi dengan humor segar. Tidak lupa pada acara talkshow ini setiap akhir acara selalau membagikan buku gratis pada pemirsanya di studio maupun pemirsa di rumah. Walaupun sampai sekarang saya belum dapat bukunya, hehehe ...

Lebih lanjut di kickandy.com



2. Hitam Putih

Hitam Putih merupakan program talkshow dengan format mind reading. Bintang Tamu akan dibuat tidak berdaya ketika “dicecar” pertanyaan oleh Deddy Corbuzier yang memaksa mereka memaparkan kehidupan pribadinya tanpa disadari.

Aksi-aksi menarik khas Deddy Corbuzier akan diselipkan di setiap segmen talkshow ini. Kejahilan, kemahiran & ketajaman Host dalam mengatur permainan pikiran akan mengundang gelak tawa.

Saya tertarik kalau Deddy Corbuzier lagi aksi sulap ke tamu talkshownya.

3. Bukan Empat Mata

Bukan Empat Mata yang juga sebelumnya talkshow tersebut berjudul "Empat Mata". Acara talkshow yang sensasional yang dibawakan oleh pelawak Tukul Arwana dan asistennya Vega Damayanti. Yang juga biasa dipanggil Rey.. Rey.. Reynaldi dengan Ngatini Vega, wkwkwkwk ...

Bincang-bincang dengan tokoh atau artis sebagai tamu talkshow dan tidak lupa dengan kata iklan "Kembali ke Laptop ...."

Masih sangat digandrungi pemirsa dari kalangan bawah hingga ke atas. Kalau lagi ronda malam biasanya nonton Bukan Empat Mata juga lho...

Apalagi kalau mas tukul lagi menggerakkan tangannya atau bibirnya, pasti penonton bersorak mengikuti arahan pak dirigen, hahaha ...

Asal kalau cium pipi kanan pipi kiri sama tamu talkshow yang cantik penonton juga ingin ikut.

4. Pas Mantab

Lanjutan dari OVJ (Opera Van Java) mungkin. Acara talkshow yang dipandu oleh Sule, Parto dan Andre "Stinky" yang juga pemain OVJ ini pasti mengundang gelak tawa saat mewawancarai tamunya.

Sering juga disertai dengan becandaan bahkan menyanyi bersama, hehehe ...


5. With Farah Quinn


Kalau ini pasti bisa saya tebak yang paling banyak nonton adalah para bapak-bapak, hahaha ....

Bukannya ingin menonton acara talkshownya tetapi terpaku kesengsem melihat pembawa acaranya Farah Quinn.

Dimana Farah Quinn lebih terkenal sebagai icon memasak. Pasti tambah enak nih ...

Yang pasti talkshownya lebih mengulas sesuatu dari sudut perspektif wanita.







6. Mata Najwa

Najwa Shihab sebagai pembawa acara adalah puteri kedua Prof. Quraisy Shihab, Mantan Menteri Agama juga selain itu Najwa sebagai presenter MetroTv.

Membawakan acara talkshow yang bertemakan politik dan sosial.

Dengan perspektif sebagai seorang presenter dan pembaca berita maka diharapkan berita yang diulas bisa mengajak pemirsa bisa melihat berita menurut sudut pandang media.

7. Just Alvin


Talkshow oleh Alvin Adam dikenal sebagai pembawa acara, pembaca berita, dan aktor. Ia mengawali karier sebagai aktor dalam berberapa judul sinetron Indonesia dengan perannya yang paling terkenal adalah saat bermain bersama Achul Wiraperwata dan Novita Wibowo dalam sinetron Tersanjung.

Ia lantas bergabung dengan Metro TV sebagai pembaca berita dan kemudian didaulat sebagai pembawa acara hiburan di Metro TV.



8. Sentilan Sentilun
Sentilan Sentilun merupakan salah satu acara di MetroTv dalam Special Program yang ditayangkan di malam hari. Acara ini merupakan perbincangan 2 orang tokoh utama yaitu Pak Sentilan dan pembantunya (batur) Mas Sentilun. 2 tokoh yang membincangkan dengan gaya yang renyah dan bersahaja dan umumnya berlogat Jawa. Logat Jawa dipakai mungkin karena tokoh utamanya lebih banyak bergaul dengan orang Jawa di seputarannya. Pak Sentilan yang diperankan Slamet Rahardjo juga kadang dipanggil oleh mas Sentilun dengan "ndoro" alias tuan yang lebih tahu banyak tentang berbagai hal. Sedangkan mas Sentilun diperankan oleh Butet Kertaradjasa yang memainkan peran batur/pembantu yang sedikit ceriwis dan kritis serta selalu ingin tahu. Kedua tokoh tersebut, juga kadang dibantu dengan kehadiran tokoh lainnya seperti Markonah Janda Sebelah yang sumringah dan diperankan oleh Happy Salma. Pak Sentilan menggunakan baju larik (?) berkain sarung khas Jawa dengan kacamata serta duduk di kursi goyang. Sedangkan mas Sentilun menggunakan baju safari dah agak lusuh, disampiri dengan kain lap kumal, berkacamata, berkopiah lusuh. Butet memerankan dengan merubah mimik muka dengan memajukan sedikit gigi bawahnya, sehingga nampak khas sangat merakyat, rakyat jelata. Perbincangan kedua tokoh ini merupakan sketsa-sketsa pendek yang ingin disampaikan kepada pemirsa untuk mengkritik dengan kata lain "menyentil" fenomena yang terjadi di masyarakat, pemerintahan, panggung politik, bahkan nyrempet ke artis, bahkan juga BUMN semacam PLN pun kena sentil dalam episode "Perusahaan Lilin Negara". Dari perbincangan yang renyah kedua tokoh tersebut, kadang keluar jargon-jargon Jawa yang sangat renyah juga di kuping semisal "mbelgedeh" yang sering diucapkan oleh pak Sentilan ketika mendengar ulasan mas Sentilun yang agak nyeleneh atau ngawur atau terlalu mengkritik. Sedangkan mas Sentilun akan selalu berucap "Menurut analisis saya!" jika menemukan ide, saran, ulasan atau kritikan tambahan atas perbincangan terjadi. Biasanya, mas Sentilun cuma bilang "Menurut......" yang disambung oleh penonton "....analisis saya!". Sangat khas mempengaruhi dan menghanyutkan penonton.

Read more at: http://www.attayaya.net/2010/06/sentilan-sentilun-metrotv-news.html
Diambil dari tulisan aslinya di http://www.attayaya.net
Sentilan Sentilun merupakan perbincangan 2 orang tokoh utama yaitu Pak Sentilan dan pembantunya (batur) Mas Sentilun. 2 tokoh yang membincangkan dengan gaya yang renyah dan bersahaja dan umumnya berlogat Jawa. Pak Sentilan yang diperankan Slamet Rahardjo juga kadang dipanggil oleh mas Sentilun dengan "ndoro" alias tuan yang lebih tahu banyak tentang berbagai hal. Sedangkan mas Sentilun diperankan oleh Butet Kertaradjasa yang memainkan peran batur/pembantu yang sedikit ceriwis dan kritis serta selalu ingin tahu. Kedua tokoh tersebut, juga kadang dibantu dengan kehadiran tokoh lainnya seperti Markonah Janda Sebelah yang sumringah dan diperankan oleh Happy Salma.

Perbincangan kedua tokoh ini merupakan sketsa-sketsa pendek yang ingin disampaikan kepada pemirsa untuk mengkritik dengan kata lain "menyentil" fenomena yang terjadi di masyarakat, pemerintahan, panggung politik, bahkan nyrempet ke artis. Dari perbincangan yang renyah kedua tokoh tersebut, kadang keluar jargon-jargon Jawa yang sangat renyah juga di kuping semisal "mbelgedeh" yang sering diucapkan oleh pak Sentilan ketika mendengar ulasan mas Sentilun yang agak nyeleneh atau ngawur atau terlalu mengkritik. Sedangkan mas Sentilun akan selalu berucap "Menurut analisis saya!" jika menemukan ide, saran, ulasan atau kritikan tambahan atas perbincangan terjadi. Biasanya, mas Sentilun cuma bilang "Menurut......" yang disambung oleh penonton "....analisis saya!".

9. Provocative Proactive


Acara talkshow yang membahas isu sosial politik yang ada di Indonesia dengan pembawa acara Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, Ronal Surapradja dan JFlow. Dengan cakupan pemirsa anak-anak muda.

Dengan gaya bahasa dan parodi yang diperankan oleh pembawa acara menggambarkan tentang isu-isu yang sedang berkembang saat ini.





10. @Show_Imah


Soimah Pancawati adalah Seorang sinden asal Yogyakarta. Presenter acara Segerrr dan Sedap Malam ANTV ini memang belum banyak dikenal masyarakat umum.

Tapi, dikota Jogjakarta, nama penyanyi campur sari ini sudah malang melintang.

Selain wajahnya sudah menghiasi beberapa produk iklan di televisi, soimah punya acara talkshow sendiri yaitu @show_imah

Slogannya "klo iya napee??masalah buat loooo??" saya agak kurang sreg ?!?

11. Kakek Kakek Narsis

Acara talkshow yang dipandu oleh komedian seperti Ronal Surapraja, Indra Birowo dan Ananda Omesh yang berperan sebagai kakek kakek narsis dengan pengasuhnya suster Magdalena dan Nikita Mirzani.

Acara ini sebenarnya khusus untuk usia 17 tahun ke atas karena isi hiburan lucu tersebut untuk konsumsi orang dewasa yang terkadang juga vulgar.

Acara yang ditayangkan larut malam ini selalu mendatangkan narasumber wanita cantik, dimana kakek kakek narsis yang juga kakek kakek genit ini juga mewawancarai narasumbernya dengan tingkahnya masing-masing.

12. Ceriwis

Ceriwis adalah salah satu acara talk show yang tayang tiap hari dengan pembawa acara, yaitu Indy Barends dan Indra Bekti serta didukung dengan band bernama Simply Fresh. Sejak Januari 2007, acara ini menambahkan segmen membongkar rahasia artis dengan foto-foto dalam Diana Dalam Berita yang dipandu oleh Olga Syahputra. Kini acara tersebut ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan pembawa acara Indra Bekti, Ruben Onsu, Cici Panda dan Pampam.


Menurut saya apapun itu acara talkshownya, baik ditayangkan secara Live maupun recording, harusnya bisa lebih membangun dan memberi informasi kepada pemirsa, bukan malah menjadi acara hoax dan eneg kalau anda kembali menontonnya. Lebih baik anda matikan TV anda kalau talkshownya tidak berbobot dan cuma monoton dengan script. Bagaimana pendapat anda ?

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Bicara Tentang Talkshow Indonesia"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit