Tips Mencari Kerja Online

Dengan kehadiran internet, segala macam aktivitas bisa dilakukan hanya dengan duduk di depan layar komputer, termasuk dalam hal mencari pekerjaan. Banyak pelamar kerja yang kini bergerilya di dunia maya untuk mencari dan mendaftarkan diri mereka. Apakah Anda salah satu dari pencari kerja tersebut? Jika iya, simak baik-baik tips mencari pekerjaan online di bawah ini, agar Anda tetap aman dalam ‘berburu’ dan terhindar dari pencurian identitas '@-@ kaca pembesar

1. Jaga Privasi Data Pribadi

Informasi sensitif semacam tanggal lahir, usia, nomor SIM, alamat rumah, dan lain-lain sebaiknya tidak dicantumkan di resume online, sampai Anda benar-benar yakin perusahaan tersebut memang terpercaya. Bisa saja scan ijasah, foto, bahkan informasi pribadi anda disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Saya sangat tidak menyarankan Anda mengiklankan diri sendiri di iklan gratis, baik itu mengupload foto maupun data akademis Anda.

2. Gunakan Naluri

Jika Anda melihat postingan pekerjaan yang terasa ‘terlalu sempurna untuk jadi kenyataan’, maka waspadalah karena bisa jadi itu bentuk scam. Solusinya, googling perusahaan itu dengan mengetikkan nama perusahaan diikuti dengan kata ‘scam‘. Cek apakah ada orang lain yang melaporkan adanya kasus penipuan.

3. Gunakan Akal Sehat

Tidak ada HRD atau perekrut karyawan yang meminta informasi kartu kredit Anda sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Jadi jika Anda dimintai uang, sudahi saja dan cari lowongan lain karena itu pasti salah satu upaya penipuan / pencurian identitas.

4. Cek Kebijakan Privasinya

Sebelum Anda mengirimkan resume online, cermati kebijakan privasi yang perusahaan tersebut miliki. Apabila ada poin yang menyebutkan bahwa mereka akan memberikan informasi Anda kepada pihak ketiga, maka itu sama saja dengan menempatkan diri Anda dalam bahaya.

5. Buat Email Khusus

Buatlah akun email baru yang khusus diperuntukkan dalam job hunting. Jadi kalaupun apes-apesnya akun email tersebut disalahgunakan / disusupi, maka Anda tak perlu terlalu khawatir email pribadi / bisnis Anda terganggu.

6. Lindungi Orang-orang Rujukan Anda

Anda tidak perlu mencantumkan nama bahkan alamat orang-orang rujukan Anda. Cukup dengan menuliskan ‘Rujukan akan tersedia hanya bila ada permintaan’ adalah langkah yang efisien dan langkah pelindung bagi orang-orang tersebut.

7. Laporkan penipuan

Jika kamu menjumpai adanya penipuan atau sesuatu yang mencurigakan, segera kontak administator situs tersebut. Bahkan jika perlu hubungi pihak berwenang.

8. Konfirmasi

Lebih baik konfirmasi terlebih dahulu melalui no CS (Costumer Service) perusahaan tersebut, tanyakan apakah benar ada lowongan pekerjaan yang dimaksudkan dan data detail perusahaan apakah sesuai dengan yang diiklankan di internet.

9. Lebih Senang "Walk In Interview"

Walk in interview berarti perusahaan langsung mewawancara anda saat mereka menerima resume CV dari anda. Biasanya pada iklan di internet, perusahaan yang mencari pegawai hanya memberikan undangan janji untuk interview tersebut dari data lamaran singkat yang anda berikan.

10. Mencari Kerja itu Tidak Membayar

Saya pernah diberitahu beberapa pengalaman teman yang juga mendaftar online untuk mencari pekerjaan, tetapi mereka diinformasikan untuk membayar sejumlah uang guna bisa mendapatkan urutan interview ataupun dijamin diterima bekerja. Kalau anda mendapati perekrutan kerja seperti ini, sangatlah patut dicurigai adanya modus penipuan.

Semoga bermanfaat dan keberuntungan ada di pihak anda, cepat dapat kerja o|\~ bernyanyi

Baca Artikel Terkait

Comments

2 Responses to "Tips Mencari Kerja Online"

info lowongan kerja mengatakan... 13 Maret 2012 19.54

bener gan... sekarang zaman dah mudah, cari kerja via online emang bisa di andalkan walo mesti memperhatikan beberapa poin (poin yang agan tulis di atas) saya juga setuju saya juga setuju sama poin 9 , walk in interview kalo mau ada info walk in interview nih buat bulan maret, daerah tangerang dan medan... cek aja jadwal Campus hiring (walk in interview) di http://tinyurl.com/campushiring

sukses gan :)

Contoh Surat Lamaran Kerja mengatakan... 10 Desember 2012 17.12

Sangat menarik dan bermanfaat...

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit