Mobil Nasional, Cita-cita Bangsa , Indonesia Pasar Terbesar Pemakai Kendaraan Bermotor

Mobil Merk Kiat Esemka Yang Dipakai Joko Widodo Walikota Solo

Mobil Kiat Esemka, karya pelajar sekolah menengah kejuruan di Jawa Tengah, kini semakin populer. Setelah Wali Kota Solo Joko Widodo alias Jokowi, kini banyak politisi Senayan juga akan memesan mobil itu.

Mobil Kiat Esemka, sebetulnya sudah diproduksi dua tahun terakhir. Mobil ini juga sudah dipromosikan kepada sejumlah pejabat daerah. Tapi, sampai beberapa waktu lalu, belum ada tanggapan positif. Karya pelajar SMK di sejumlah kota di Jawa Tengah ini baru mendapat titik cerah, saat Wali Kota Solo menjadikan mobil ini sebagai mobil dinas resmi.

Sekarang, tanggapan positif terus berdatangan. Tak urung Ketua DPR Marzuki Alie juga menyatakan tertarik menggunakan Kiat Esemka. Marzuki melihat langsung mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc di halaman balai kota setempat

Dukungan juga datang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disampaikan melalui juru bicaranya, Julian Aldrin Pasha. Menurut Julian, Presiden memuji para siswa SMK di Solo, yang berhasil merakit mobil tersebut.

Diharapkan, instansi terkait turut mendukung dan memberi kemudahan pada para pelajar. Terutama, terus mengembangkan Kiat Esemka. Dengan demikian, kreativitas para pelajar tersebut diharap menginspirasi putra-putri bangsa Indonesia lainnya untuk menghasilkan karya serupa.

Kalau sekarang Indonesia lagi booming mobil minibus merk Avanza, Xenia, Kijang Innova, APV, dll yang harga bandrollnya off the road masih 100 jutaan ke atas dan itupun harus masuk daftar tunggu pemesanan saking larisnya. Muncul mobil produksi siswa-siswa SMK yang lebih murah dan pasti buatan dalam negeri.

Indonesia termasuk negara dengan pertumbuhan penduduk yang sangat besar dan juga pasar otomotif yang besar dengan pertumbuhan kendaraan bermotor yang sangat tinggi tiap tahunnya sampai memenuhi jalan hingga macet. Tetapi sayangnya pangsa pasar indonesia yang besar hanya bisa dipenuhi oleh mobil-mobil dan sepeda motor buatan negara lain, perakitannya di indonesia karena biaya tenaga kerja yang murah.

Tidak heran cita-cita mobil nasional dianggap muluk-muluk di antara negara-negara lain di Asia yang sudah memproduksi mobil sendiri.

Jepang : Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Honda, Suzuki, Lexus, Nissan, Audi
Korea : Hyundai, KIA
Cina : QQ, Geely
Malaysia : Proton

Belum lagi mobil dari produsen eropa yang membanjiri pasar indonesia.

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Mobil Nasional, Cita-cita Bangsa , Indonesia Pasar Terbesar Pemakai Kendaraan Bermotor"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit