Pelayanan Publik



Pernahkah Anda mengantri untuk foto mendapatkan KTP ?
Pernahkah Anda ikut ujian test ride untuk mendapatkan SIM ?
Pernahkah Anda antri karcis untuk naik busway ?
Apakah Anda memilih jalan umum dibanding jalan tol ?
Apakah Anda senang memakai jembatan penyeberangan ?
Apakah pernah terjadi pemadaman lampu di rumah Anda ?
Apakah Anda pernah mengurus surat kematian keluarga Anda ?
Apakah Anda pernah untuk berobat ke rumah sakit negeri ?
dll ....


Pelayanan publik adalah salah satu proses yang biasanya sering kita lalui tanpa kita ketahui. Semua pelayanan publik mempunyai alur birokrasi masing-masing yang tujuan akhirnya adalah untuk jasa pelayanan terbaik.

Apakah Anda pernah memperhatikan, saya ambil contoh saja Rumah Sakit.

Saya lebih senang ke Rumah Sakit A daripada harus ke Rumah Sakit B yang notabene Rumah Sakit B letaknya lebih dekat dari rumah saya. Tetapi karena public service yang lebih bagus pada RS A saya lebih memilih disitu.
Selain harga rawat inap yang lebih murah dan suster-susternya yang cantik dan ramah, saya lebih betah untuk berlama-lama sakit disitu.

Pelayanan Publik pada suatu instansi departemen selain pada fasilitas dan sumber daya manusia yang ada disitu, juga pada sistem pelayanan/birokrasi yang bagus akan membuat pelanggan akan lebih senang dan lebih antusias.

Pemerintah sebagai penyelenggara layanan publik atau layanan umum sebaiknya sekarang sedang berbenah untuk lebih baik dan lebih maju. Untuk itu kita kiranya bisa lebih kritis dan lebih peduli untuk mendukung layanan publik yang lebih baik.

Sekolah Gratis
Berobat Gratis
KTP Gratis
dll

merupakan salah satu dari layanan publik yang dilancarkan pemerintah untuk masyarakat, untuk itu apabila ada pihak-pihak yang sengaja mengambil keuntungan dari layanan publik untuk kepentingan pribadi. Atau mungkin kita masih dipusingkan dengan sistem birokrasi yang berbelit, berikan kritik dan saran Anda.

Indonesia negara demokrasi !

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Pelayanan Publik"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit