Buah-buahan Asia Yang Exotic

Daerah tropis Asia memang menyuguhkan nuansa yang berbeda kepada para turis asing, kita dari Indonesia mungkin sudah pernah tahu bahkan sudah biasa makan buah-buahan di bawah ini, mungkin ada di kebun belakang rumah atau di halaman tetangga, tinggal comot aja Lain halnya dengan mereka yang ada di Eropa dan Africa, mungkin jarang mereka menemui buah-buahan ini kalau tidak di supermarket. Soalnya di luar negeri, tanaman buah di Asia tidak bisa tumbuh disana, karena faktor cuaca yang berbeda.

Jadi mungkin yang di luar negeri dianggap buah yang aneh "strange fruit", di Indonesia dianggap buah yang biasa, karena tumbuh dengan mudah di Indonesia dan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional.

Memang selain musim hujan dan musim kemarau di Indonesia, ada juga musim buah-buahan, ada beberapa buah yang hanya berbuah pada musimnya saja. Seperti akhir-akhir ini musim jambu, musim rambutan, musim durian, dll. Jadi kalau makan dikenyang-kenyangin, itu pun juga di atas pohon makannya



Durian
Juga dikenal dengan King Of Fruit, karena rasa dan baunya yang sangat mencolok. Tidak semua orang luar negeri suka memakannya, kebanyakan mereka menutup hidung kalau bertemu dengan buah yang satu ini, apalagi jangan sampai Anda membawa buah durian ini ke bandara untuk oleh-oleh, pasti tidak diijinkan. Paling enak kalau dijadikan es juice atau untuk campuran membuat roti, yummy.




Jambu
Yang ini termasuk jambu air, jenisnya pun bermacam-macam, sekarang yang agak sulit dicari yaitu jambu dersono. Biasanya tumbuh di pekarangan rumah atau di kebun., salah satu buah favoritku, biasanya aku panjat pohonnya sendiri, ambil langsung dari pohonnya. Enak buat rujak buah




Kelengkeng
Buah ini rasanya manis dan paling seger kalau dibuat es buah. Khasiatnya untuk menambah stamina bagi yang habis sakit atau wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan.


Buah Naga
Dikenal juga dengan nama Dragon Fruit, ada juga yang menyebutnya Houlungkuo, asalnya dari Mexico, Amerika Serikat. BTapi sekarang sudah bisa dibudidayakan di Asia. Banyak digunakan untuk pengobatan karena dipercaya khasiatnya yang mujarab, meningkatkan daya tahan tubuh. Katanya bisa menyembuhkan penyakit AIDS.



Salak
Dikenal juga dengan nama snake fruit, mungkin karena kulit buahnya yang bersisik seperti ular. Yang terkenal dari variannya yaitu Salak Pondoh dan Salak Bali, karena rasanya yang manis, karena ada juga salak yang rasanya agak masam.



Rambutan
Namanya memang unik karena dari bentuk kulit buahnya yang berambut. Buahnya berwarna putih, sangat manis dan juicy. Tapi jangan lupa untuk membuang bijinya dulu, awas keselek



Srikaya
Dikenal dengan nama lain Custard Apple atau Sugar Apple. Buahnya berwarna putih, lembut dan manis. Pisahkan dengan bijinya yang berwarna hitam saat memakannya.



Nangka
Buah ini dikenal juga dengan nama Jack Fruit, bisa tumbuh besar sampai 30 kg perbuah. Saat buahnya muda, disebut kluwih biasanya dimasak untuk dijadikan sayuran atau juga di Yogyakarta dikenal dengan nama Gudeg.
Saat matang buahnya berwarna kuning dan rasanya sangat manis, kamu pasti tidak akan habis makan sendirian Bijinya yang namanya beton, bisa juga kita makan, kita masak dulu dengan air mendidih selama 30 menit. Enak juga.


Manggis
Nama lainnya Mangosteen. Pohonnya tumbuh dengan tinggi 7 -25 meter. Kulit buahnya berwarna merah tidak bisa dimakan, hanya isi buahnya saja yang berwarna putih.


Jeruk Bali
Dikenal juga dengan nama Pomelo, rasa dan bentuknya khas. Bentuk buahnya yang besar dari ukuran jeruk biasanya. Kulit buahnya yang tebal sering dimanfaatkan anak-anak di pedesaan sebagai bahan baku mainan mobil-mobilan.


Duku
Dikenal juga dengan nama Langsat atau Longkorng. Buahnya berwarna putih dan manis



Ceplukan
Ini buah yang di supermarket belum tentu ada. Tanaman ini tumbuh liar seperti tanaman perdu, tetapi sekarang ada beberapa orang yang sudah membudidayakannya. Buahnya juicy dengan rasa manis.


Belimbing
Dikenal juga dengan nama star fruit. Rasanya manis dan agak masam. Sangat baik manfaatnya untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.


Tidak semua orang senang makan buah-buahan di atas, ada juga yang menganggapnya aneh karena jarang ditemui dan bisa juga dikatakan tidak ada, bagi di tempat lain. Tetapi dianggap biasa di Indonesia.

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Buah-buahan Asia Yang Exotic"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit