Mudik Beresiko


Saat hari raya lebaran akan tiba, banyak orang melakukan aktifitas mudik kembali ke kampung halamannya masing-masing. Tetapi karena animo pemudik yang begitu besar, maka membludaknya jumlah pemudik dipastikan akan terjadi.

Ada orang yang menggunakkan jalur udara, darat, dan laut. Jalur darat adalah jalur mudik yang paling tinggi jumlah pemudiknya, baik itu menggunakkan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tetapi terkadang alasan keselamatan bagi pemudik juga diabaikan baik dari pemudik sendiri maupun aparat yang ada.

Ya apa boleh dikata, masa akan menilang atau memberi sanksi orang yang lagi mudik ? Bisa dibilang, kita harus punya kesadaran akan keselamatan akan diri kita sendiri saat mudik. Maka dari itu ketegasan akan peraturan berlalu lintas dalam transportasi sangatlah penting.

Kadang kita menemuinya, tetapi kita menganggapnya hal yang sudah biasa, karena memang jumlah pemudik yang sangat banyak sehingga bisa "dimaklumi" kalau ada kejadian seperti tersebut. Tetapi pertanyaannya, apakah akan dibiarkan begitu terus ???
Misal :
  • Penumpang naik lokomotif kereta ataupun bagian atas gerbong kereta karena tidak kebagian tempat duduk.
  • Jumlah penumpang yang tidak sesuai dengan kuota jumlah tempat duduk, atau jumlah penumpang tidak sama dengan kuota kapasitas, kadang saya juga menemuinya pada bus kelas PATAS. Bayarnya sama tapi harus berdiri, di kapal laut juga terkadang kita temui.
  • Angkutan barang yang membawa barang berlebih di jalan ditambah mengangkut beberapa pemudik, yang seharusnya penggunaan kendaraan tersebut tidak sesuai dengan peruntukkannya.
  • Kelengkapan pengendara yang tidak lengkap atau asal-asalan.
  • Dll
Oleh karena itu diperlukan peran bersama dalam menciptakan mudik yang aman dan nyaman. Janganlah nanti kalau sudah terjadi suatu kecelakaan atau insiden yang mengakibatkan adanya korban jiwa baru ada tindakan, hal itu sangatlah disayangkan.
Yang penting, diri kita selamat sampai tempat tujuan tetapi jangan mengabaikan rambu-rambu keselamatan yang ada, tetapi penegakannya juga harus jelas dan nyata.

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Mudik Beresiko"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit