Menyanyi, bersenandung, karaoke


Senang sekali bisa bernyanyi riang dan membuat orang lain terhibur. Tetapi tahukah Anda, bahwa tidak semua orang bisa menyanyi.

Bukan karena tidak bisa, atau suara yang jelek, tetapi karena mungkin kurang dilatih dan juga kurang adanya rasa percaya diri, sehingga terkadang orang merasa grogi saat bernyanyi.

Aku punya hobby senang bersenandung di kamar mandi, menyanyikan lagu pop yang lagi trend. Di kamar mandi, suara kita terkadang lebih bisa merdu dan menggema.
Selain menghilangkan kejenuhan dan kepenatan, menyanyi adalah terapi terbaik untuk menyegarkan kembali otak yang sedang lelah.

Kalau dua unsur tadi sudah dimiliki, maka berlanjut kepada unsur berikutnya yang lebih penting, yaitu mencoba menyanyi dengan teknik vocal yang baik dan benar. Teknik vocal adalah sebuah cara/usaha untuk memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar akan terasa merdu, jelas, dan enak didengar. Memang akan terasa sangat susah kalau menyanyi menggunakan Teknik Vocal, tetapi kalau kita sudah terbiasa akan sangat membatu kita, sehingga kita tidak mudah lelah, cape, jenuh, dan serak, karena kita menggunakan teknik vocal yang benar. Dalam teknik vocal kita diajari cara menyanyi yang benar, mulai dari cara pernafasan, artikulasi, diksi, ekspresi, penampilan, materi vocal, improvisasi, pherasering, vibrasi, dsb. Kalau semua itu sudah dimiliki barulah kita bisa menyanyi dengan hati/ perasaan. Banyak orang menyanyi tapi terasa hampa/kosong , kurang gereget.

Setiap kita menyanyi, kita harus memberi ruh dan warna disetiap kata dan tarikan nafas kita, buatlah audiens terkesima, dan terkesan dengan suara kita. Rahasianya, kita tidak usah meniru habis-habisan suara penyanyi aslinya, yang lebih baik adalah tunjukkan karakter sura kita yang sesungguhnya, karena setiap orang mempunyai timbre yang berbeda-beda, kita jangan bangga bisa menirukan suara penyanyi lain, tapi kita harus bangga bahwa kita punya suara yang khas yang tidak dimiliki orang lain. Selanjutnya kita harus menyanyi dengan nada dasar yang pas/maksimal yang bisa dijangkau, karena sesungguhnya karakter suara seseorang akan muncul, kelihatan ketika dia menyanyi dengan nada yang pas/maksimal, kita jangan sekali-kali terlalu memaksakan diri untuk mencapai ketinggian suara asli orang lain, diluar kemampuan suara kita, sebab akibatnya akan sangat fatal. Kita harus tahu posisi suara kita ada di range apa, kalau wanita, ada suara SOPRAN, MEZZO SOPRAN, ALTO, kalau pria ada suara TENOR, BARITON, BASS. Guru vocal akan memberi tahu di mana posisi suara kita berada. Setiap manusia mempunyai Ambitus Suara yang berbeda-beda.

Biasanya, bagi orang yang baru belajar menyanyi suka cepat lelah, serak , sehingga jangankan menyanyi, bicara saja sudah tidak bisa. Hal ini bisa kita hindari, caranya adalah menyanyi dengan teknik nafas yang benar, dan kalau sudah menyanyi jangan langsung minum, apalagi yang dingin atau yang terlalu panas, hal itu akan membuat pita suara kita rusak. Yang paling baik adalah jika kita baru selesai menyanyi, tunggulah sekitar 3-4 menit atau hingga tenggorokan kita lebih nyaman, setelah itu silahkan minum air putih yang tidak dingin, atau tidak terlalu panas. Cara ini akan sangat membantu ketahanan suara kita agar tidak cepat lelah, serak. Hal lain yang perlu kita hindari adalah memakan makanan yang mengadung minyak,dan terlalu pedas, juga jangan terlalu sering begadang ,karena daya tahan tubuh dan pita suara akan berkurang jika kita sering begadang.

Kalau kita ingin cepat bisa bernyanyi dengan baik dan benar, kita harus sering berlatih vocal, cobalah bernyanyi disetiap ada kesempatan, dan jangan lupa mintalah masukan, kritik, saran dari teman atau guru vocal kita.

Bisa juga jadikan menyanyi adalah hobi kita yang baru. Melalui berkaraoke, yang sekarang sudah banyak tempat hiburan yang menyediakan fasilitas karaoke dengan lagu-lagu yang kita kenal. Ikut paduan suara di suatu organisasi. Atau kita bisa juga mulai rekaman sendiri, maksudnya saat kita menyanyi kita rekam suara kita sendiri, disitu kita bisa mengasah bakat kita dalam menyanyi dan memperbaiki teknik menyanyi yang lebih baik.

Everbody can sing

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Menyanyi, bersenandung, karaoke"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit