Jadwal Dan Reservasi Tiket Kereta Api

No tempat duduk pada tiket kereta api

Penjualan tiket Ka ekonomi yang dilengkapi nomor tempat duduk ini secara resmi mulai diberlakukan per 19 September kemarin di semua stasiun yang sudah on line. Pemesanan tiket Ka ekonomi ini dilayani untuk 7 hari sebelum keberangkatan (H- 7) khusus untuk kereta-kereta ekonomi dengan jarak jauh.

Untuk KA ekonomi yang lain pembelian tiket hanya bisa dibeli pada hari keberangkatan di stasiun on line pemberhentian kereta api pada hari keberangkatan (hari H) ,sepanjang masih tersedia karena kapasitas yang terbatas.

PT KAI akan lebih meningkatkan lagi sisi kenyamanan dan keamanan penumpang KA ekonomi dengan menerapkan pembatasan kapasitas maksimal 125 persen per kereta untuk semua KA ekonomi mulai 19 September 2011.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, untuk membatasi penumpang tanpa seat (berdiri) maksimal 25 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia. Jumlah seat tiap kereta ekonomi sebanyak 106 tempat duduk, sehingga tiket tanpa seat hanya disediakan untuk 26 penumpang per kereta. Dengan pembatasan kapasitas baru ini diharapkan kenyamanan dan keamanan penumpang akan lebih meningkat.

Saya rasa hal tersebut merupakan kemajuan dari PT KAI demi kenyamanan para penumpang, selain dari adanya pengamen dan pengemis dalam gerbong, penumpang gelap, serta penumpang yang tidak membayar/mempunyai tiket.

Tetapi dari kebijakan tersebut yang dirasa prematur dan cepat dilakukan pelaksanaanya dengan sosialisasinya bersamaan dengan peraturan tersebut diaplikasikan. Ada penumpang yang pro ada yang kontra juga. Karena saya penumpang jarak dekat, saya merasa terganggu dengan kebijakan tersebut, berbeda dengan penumpang dengan tujuan jarak jauh.
  • Karena masalahnya pada hari weekend akhir pekan sabtu minggu tidaklah gampang mendapatkan tiket walaupun kita datang ke stasiun 1 jam lebih awal. Terkadang kita menemui tiket sudah habis terjual, dari tellernya menjelaskan tiket sudah habis karena penjualan sudah memenuhi kuota pemberangkatan, input data secara online, dan sayangnya pada hari sibuknya orang balik ke kampung maisng-masing waktu sabtu minggu, PT. KAI mengalokasikan armada kereta apinya dengan jumlah tetap seperti hari biasa dan itu semua full. Jadi walaupun keretanya belum berangkat, tapi karena kuotanya sudah penuh, ya kita tidak bisa naik, tunggu jadwal keberangkatan selanjutnya.
  • Kita tidak bisa mendapatkan tiket secara langsung, kalau calon penumpang misalnya mempunyai jadwal keberangkatan yang mendadak pasti akan kesulitan mendapatkan tiket pemesanan tiket H-7 sebelum hari keberangkatan. Kalau masih dapat tiket, anda orang yang beruntung.
  • Meningkatkan celah para calo baik dari penjual tiket sendiri, pegawai dalam PT. KAI maupun dari pedagang asongan di sekitar stasiun.

Melihat Info jadwal Keberangkatan dan Tiket Kereta Api

Tips untuk Jadwal Dan Reservasi Tiket Kereta Api bisa dilihat di website PT. KAI di www.kereta-api.co.id lihat gambar.

Untuk KA Komersial ( Eksekutif dan Bisnis ) :
A. Penjualan dan pemesanan di Loket stasiun PT. KA.

  1. Penjualan melalui loket di stasiun dilayani atau dibuka mulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Untuk pemesanan tiket, dilayani mulai 30 hari sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pembayaran tiket sesuai dengan tarif KA yang bersangkutan.

B. Pemesanan lewat Pusat Reservasi

  1. Pembelian atau pemesanan tiket KA dilayani mulai dari 30 hari sampai dengan jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Calon bisa datang langsung untuk memesan tiket dengan membayar sesuai tarif dan yang bersangkutan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.

C. Penjualan lewat Agen

  1. Penjualan lewat agen ini dilayani mulai dari 30 hari – 1 hari sebelum keberangkatan KA yang dimaksud
  2. Calon penumpang bisa datang langsung untuk membeli tiket dengan membayar sebesar tarif plus ekstra charge dan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
  3. Penjualan lewat agen ini hanya melayani penjualan tiket KA untuk penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
  4. Bisa di Indomaret, Drive Thru, Mobile Ticketing Online dan bank-bank yang ditunjuk.

D. Penjualan lewat Call Center

  1. Penjualan atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di Call Center KA melalui nomor panggilan 121 dan 021 – 21391121.
  2. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kode booking / kode bayar yang selanjutnya penumpang dapat melakukan pembayaran lewat e-banking.
  3. Untuk saat ini bank yang bisa melayani adalah ATM Bank Mandiri, Bank BII, Bank BRI, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah dan OCBC NISP.
  4. Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking.
  5. Resi pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online.
  6. Pemesanan tiket dianggap batal jika pembayaran melalui ATM tidak dilakukan dalam periode waktu 3 jam tersebut.
  7. Pemesanan tiket lewat Call Center ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 1 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  8. Pemesanan tiket tersebut hanya untuk tiket dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.

E. Penjualan lewat loket PT. POS

  1. Penjualan dengan sistem ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 2 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  2. Pemesanan / penjualan dengan sistem ini dilayani di loket kantor Pos yang sudah online.
  3. Dalam pemesanan / penjualan tiket dengan sistem ini, calon penumpang bisa langsung membayar tiket KA sebesar tarif plus ekstra charge.
  4. Kemudian calon penumpang memperoleh resi atau bukti pembayaran yang oleh calon penumpang akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun.
  5. Pada resi yang diberikan oleh PT. POS ini sudah ada informasi mengenai KA, tanggal keberangkatan, al dan tujuan, dan juga ada informasi kode booking / kode bayar yang akan dipakai stasiun untuk mencetak tiket.
  6. Pemesanan / pembelian tiket KA melalui sistem ini juga hanya melayani penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.

Untuk KA Ekonomi :

  • Pada prinsipnya penjualan tiket KA Ekonomi dilakukan secara langsung di loket stasiun sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan
  • Beberapa Daop tempat pemberangkatan awal KA melayani pemesanan tiket KA Ekonomi yang pelaksanaannya diatur sesuai kebijakan Daop masing-masing.
  • Untuk KA kelas Ekonomi yang sudah menggunakan tiket komputer baru 3 Daop, yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya, itupun baru dari stasiun awal pemberangkatan KA

Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Jadwal Dan Reservasi Tiket Kereta Api"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit