Maskot Sea Games Indonesia 2011, Modo dan Modi





Animasi Gambar Komodo Menjadi Modo dan Modi

Maskot SEA Games XXVI “Modo-Modi” yang merupakan perwujudan komodo jantan dan betina diluncurkan bersamaan dengan perayaan 200 Hari Jelang SEA Games 2011 di Teather Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta.

Peluncuran di TMII berlangsung meriah dihadiri Menpora Andi Mallarangeng, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo, Ketua panitia Pelaksana SEA Games XXVI Rachmat Gobel, Wakil Gubernuk DKI Jakarta Prijanto, Ketua KONI Provinsi Sumatera Selatan Mudai Maddang, para atlet Pelatnas SEA Games, dan undangan lainnya.

Peluncuran maskot ini dimeriahkan oleh penyanyi dan grup band kenamaan di Tanah Air di antaranya The Cangcuters, Vidy Aldiano, Bagindas, Yovie and Nuno, Delon dan Judika. Menpora menyatakan kini saatnya semua pihak menyatakan tekad untuk menyukseskan SEA Games dan menjadi tuan rumah yang baik. “Indonesia Bisa!” Menpora menegaskan.

Sementara itu, peluncuran maskot SEA Games XXVI di Bunderan Hotel Indonesia juga berlangsung berlangsung meriah. Masyarakat menyaksikan detik-detik peluncuran maskot itu dengan duduk-duduk di sekeliling Bunderan HI tersebut.

Sejumlah penonton terkejut begitu kembang api dinyalakan, meledak, meluncur ke angkasa menimbulkan bunga-bunga api yang indah. Atraksi kembang api dipadu dengan sinar laser itu mendapat sambutan hangat masyarakat.

Peluncuran maskot SEA Games di Bunderan HI itu juga mendapat perhatian fotografer, wartawan televisi dan para penggemar fotografi. Mereka bersama-sama mengabadikan saat-saat peluncuran maskot SEA Games itu.

Saat peluncuran maskot berlangsung, lalu lintas di Bunderan Hotel Indonesia ramai lancar. Polisi berjaga-jaga di hampir setiap sudut di kawasan Bunderan hotel tertua di Indonesia itu untuk memastikan segalanya berlangsung lancar dan aman.

SEA Games XXVI akan berlangsung di Jakarta dan Sumateran Selatan, 11-22 November mendatang. Terdapat 545 medali emas yang akan diperebutkan pada 44 cabang olahraga. SEA Games ini akan diikuti sebelas negara kawasan Asia Tenggara, yakni, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapiura, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, dan tuan rumah Indonesia.

Boneka Maskot Modo Dan Midi

Modo dan Modi ini sebenarnya adalah sepasang komodo. Maskot yang diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan bangsa dan rakyat Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo, meliputi pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.

Modo adalah komodo jantan yang mengenakan kostum tradisional Indonesia berwarna biru dengan selempang sarung batik. Sementara, Modi adalah komodo betina yang mengenakan kebaya merah juga dengan selendang dan kain batik.

“Modo” adalah singkat dari nama Komodo, sementara “Modo-Modi” adalah ejaan modifikasi dari Muda-Mudi yang berarti “pemuda-pemudi”, dalam bahasa Indonesia yang berarti remaja-remaja Indonesia. Modo dan Modi ini mempunyai sifat pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan Modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama negara peserta SEA Games.

Sebelum Komodo dipilih sebagai maskot SEA Games, pemerintah Palembang telah memilih gajah sumatera sebagai maskot melalui sebuah sayembara terbuka, tapi ada saran dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan KONI untuk menggunakan burung Rajawali. Namun setelah terpilihnya komodo, maka gagasan maskot gajah sumatera maupun rajawali disingkirkan. Salah satu alasan dilihnya Komodo sebagai maskot SEA Games 2011 ini adalah sebagai salah satu upaya Indonesia untuk mempromosikan Taman Nasional Komodo sebagai kandidat New7Wonders of Nature.

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Maskot Sea Games Indonesia 2011, Modo dan Modi"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit