Tips Beli Domain Untuk Pemula


Baru pertama masuk dunia internet dan ingin punya website sendiri, berbisnis, buka toko online, atau hanya sekedar untuk menampilkan CV Toko atau Perusahaan anda di internet. Pertama-tama harus punya domain dulu, kalau blog seperti punya saya ini hanya untuk corat-coret saja.

Beli domain atau yang bener sih sewa domain, karena dihitungnya pertahun karena kita harus memperpanjangnya, paling tidak minimal 2 bulan sebelum expired, kalau telat nanti kena denda lho.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website (wikipedia)

TIPS MEMILIH DOMAIN :

  • Pilih domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Terkadang anda mesti memberitahu seseorang secara verbal nama domain anda, mungkin lewat telepon atau radio dan nama domain yang samar-samar mirip bisa membingungkan.
  • Jagalah agar nama domain anda tidak panjang namun juga tidak terlalu pendek. Anda bisa juga menggunakan singkatan, namun sebaiknya berarti dan mudah diingat. Sebenarnya pemilihan nama domain tergantung dari kebutuhan mau dibuat apa tema apa situs webnya. Tema personal, cari duit di internet, bisnis, diparkirkan saja, toko online, dll.
  • Saya sarankan untuk lebih memilih nama domain yang menggunakan extension .com terlebih dahulu karena paling populer. Bila sudah diambil oleh orang lain, anda bisa menggunakan domain extension lain seperti .net .biz .info .web.id dsb.
  • Gunakan tanda minus "-" untuk penyambung sebagai alternatif, misalnya websiteku.com sudah diambil orang, website-ku.com adalah alternatif yang baik.
  • Jangan pelit karena harga, banyak pengalaman cari yang paling murah tapi tidak melihat pelayanan costumer service penyedia hosting atau domain tersebut, kalau website anda down lama, anda nanti yang rugi. Apalagi perpanjangan domain juga per tahun. Kalau saya sih lihat referensi temen-temen yang sudah jago saja.
  • Beli domain dari penyedia domain yang terpercaya dan mempunyai layanan yang profesional. Lihat fitur-fiturnya juga, misalnya manage DNS, protect privacy, dll. Dan yang terpenting penyedia domain sudah sudah teregistrasi ICANN.org
Selamat mencoba, share juga ya ...

Baca Artikel Terkait

Comments

0 Responses to "Tips Beli Domain Untuk Pemula"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus.

Pengikut

Let's Talk

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Isi

This Blog Has Acces For Time

Protected by Copyscape Unique Content Checker
 
duit